5 Fikih Darurat yang Pernah Diterapkan di Masa Lampau

Kondisi darurat menyebabkan penyikapan hukum yang sejalan

Republika/Agung Supriyanto
Kondisi darurat menyebabkan penyikapan hukum yang sejalan. Kolam yang kekeringan di musim kemarau paceklik (ilustrasi).
Rep: Ratna Ajeng Tejomukti Red: Nashih Nashrullah

permasalahan-permasalahan darurat yang membutuhkan jawaban secara hukum dalam perspektif agama.  

Baca Juga


Dalam buku "Fikih Darurat" karya Muhamad Abul Fatah Al Bayanuni terdapat lima hal yang termasuk fikih darurat yang dibolehkan di masa lalu. Fikih darurat tersebut di antaranya:   

Pertama, pilihan Nabi Yusuf menjadi bendahara kerajaan kafir, Allah menjelaskan dalam firman-Nya, surat Yusuf ayat 54-55,

وَقَالَ الْمَلِكُ ائْتُونِي بِهِ أَسْتَخْلِصْهُ لِنَفْسِي ۖ فَلَمَّا كَلَّمَهُ قَالَ إِنَّكَ الْيَوْمَ لَدَيْنَا مَكِينٌ أَمِينٌ.قَالَ اجْعَلْنِي عَلَىٰ خَزَائِنِ الْأَرْضِ ۖ إِنِّي حَفِيظٌ عَلِيمٌ

“Dan raja berkata, "Bawalah dia (Yusuf) kepadaku, agar aku memilih dia (sebagai orang yang dekat) kepadaku." Ketika dia (raja) telah bercakap-cakap dengan dia, dia (raja) berkata, "Sesungguhnya kamu (mulai) hari ini menjadi seorang yang berkedudukan tinggi di lingkungan kami dan dipercaya."

Dia (Yusuf) berkata, Jadikanlah aku bendaharawan negeri (Mesir), karena sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, dan berpengetahuan.”

Kedua, kebijakan khalifah Umar bin Khatab membatalkan eksekusi potong tangan pada masa paceklik.  

Diriwayatkan dari Umar bin Khatab bahwa budak-budak milik Hathib bin Abi Balta'ah menyembelih (mencuri) seekor unta milik seseorang dari kabilah Muzannah. Umar menyuruh menggugurkan hukuman lalu berkata kepada Hathib, "Sungguh aku melihat engkaulah yang membuat mereka kelaparan. Umar membatalkan hukuman potong tangan terhadap mereka lantaran menurut perkiraannya, Hathib sendiri yang menyebabkan mereka kelaparan.” 

Ketiga, kebijakan Khalifah Utsman bin Affan menyatukan mushaf dan membakar semua mushaf lainnya. Imam Bukhari dalam kitab Shahihnya meriwayatkan dari Anas bin Malik. 

 أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ حَدَّثَهُ أَنَّ حُذَيْفَةَ بْنَ الْيَمَانِ قَدِمَ عَلَى عُثْمَانَ وَكَانَ يُغَازِي أَهْلَ الشَّأْمِ فِي فَتْحِ إِرْمِينِيَةَ وَأَذْرَبِيجَانَ مَعَ أَهْلِ الْعِرَاقِ فَأَفْزَعَ حُذَيْفَةَ اخْتِلَافُهُمْ فِي الْقِرَاءَةِ فَقَالَ حُذَيْفَةُ لِعُثْمَانَ يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ أَدْرِكْ هَذِهِ الْأُمَّةَ قَبْلَ أَنْ يَخْتَلِفُوا فِي الْكِتَابِ اخْتِلَافَ الْيَهُودِ وَالنَّصَارَى فَأَرْسَلَ عُثْمَانُ إِلَى حَفْصَةَ أَنْ أَرْسِلِي إِلَيْنَا بِالصُّحُفِ نَنْسَخُهَا فِي الْمَصَاحِفِ ثُمَّ نَرُدُّهَا إِلَيْكِ فَأَرْسَلَتْ بِهَا حَفْصَةُ إِلَى عُثْمَانَ فَأَمَرَ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ وَعَبْدَ اللَّهِ بْنَ الزُّبَيْرِ وَسَعِيدَ بْنَ الْعَاصِ وَعَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ الْحَارِثِ بْنِ هِشَامٍ فَنَسَخُوهَا فِي الْمَصَاحِفِ وَقَالَ عُثْمَانُ لِلرَّهْطِ الْقُرَشِيِّينَ الثَّلَاثَةِ إِذَا اخْتَلَفْتُمْ أَنْتُمْ وَزَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ فِي شَيْءٍ مِنْ الْقُرْآنِ فَاكْتُبُوهُ بِلِسَانِ قُرَيْشٍ فَإِنَّمَا نَزَلَ بِلِسَانِهِمْ فَفَعَلُوا حَتَّى إِذَا نَسَخُوا الصُّحُفَ فِي الْمَصَاحِفِ رَدَّ عُثْمَانُ الصُّحُفَ إِلَى حَفْصَةَ وَأَرْسَلَ إِلَى كُلِّ أُفُقٍ بِمُصْحَفٍ مِمَّا نَسَخُوا وَأَمَرَ بِمَا سِوَاهُ مِنْ الْقُرْآنِ فِي كُلِّ صَحِيفَةٍ أَوْ مُصْحَفٍ أَنْ يُحْرَقَ

 

Anas bin Malik telah menceritakan kepadanya, bahwasanya Hudzaifah bin Al Yamani datang kepada Utsman setelah sebelumnya memerangi Ahlus Syam yakni pada saat penaklukan Armenia dan Azerbaijan bersama penduduk Irak. Dan ternyata perselisihan mereka dalam qiraah mengejutkan Hudzaifah.  

Maka Hudzaifah pun berkata kepada Utsman, "Rangkullah umat ini sebelum mereka berselisih tentang Alquran sebagaimana perselisihan yang telah terjadi pada kaum Yahudi dan Nasrani." 

Akhirnya, Utsman mengirim surat kepada Hafshah yang berisikan, "Tolong, kirimkanlah lembaran alquran kepada kami, agar kami dapat segera menyalinnya ke dalam lembaran yang lain, lalu kami akan segera mengembalikannya pada Anda."  

Maka Hafshah pun mengirimkannya kepada Utsman. Lalu Utsman memerintahkan kepada Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Zubair, Sa'id bin Al Ash dan Abdurrahman bin Al Harits bin Hisyam, sehingga mereka pun menyalinnya ke dalam lembaran shuhuf yang lain.  

Utsman berkata kepada tiga orang Quraisy dari mereka, "Jika kalian berselisih dengan Zaid bin Tsabit terkait dengan Alquran, maka tulislah dengan bahasa Quraisy, sebab Alquran turun dengan bahasa mereka." Kemudian mereka mengindahkan perintah itu hingga penyalinan selesai dan Utsman pun mengembalikannya ke Hafshah. 

Setelah itu, Utsman mengirimkan sejumlah shuhuf yang telah disalin ke berbagai penjuru negeri kaum muslimin, dan memerintahkan untuk membakar Alquran yang terdapat pada selain shuhuf tersebut.  

Keempat, kebijakan hakim Syuraih agar setiap pengrajin harus memberi jaminan dan bertanggung jawab atas kerusakan.

Pada awal kelahiran Islam seseorang tidak perlu bertanggung jawab atas kerusakan barang-barang yang ada bersama mereka. Kebijakan ini diambil Syuraih karena banyak pengrajin yang menyepelekan barang-barang orang lain.  

Imam Syafi'i meriwayatkan hal itu dalam kitab al-Umm, Syuraih berpendapat bahwa tukang pemutih pakaian harus memberikan jaminan dengan penuh tanggung jawab. Dia pernah menjatuhkan kewajiban memberikan jaminan kepada tukang pemutih pakaian yang rumahnya terbakar.  

Orang itu bertanya, "Kau mengharuskanku bertanggung jawab, padahal rumahku ludes terbakar ?" Lantas Syuraih balik bertanya, "Apakah kamu tidak mau menerima upah seandainya rumahmu terbakar?”

Kelima, kebijakan Khalifah Umar bin Abdul Aziz mengatasi kemungkaran secara persuasif dan bertahap.  

Imam Syathibi meriwayatkan dalam kitabnya al-Muwafaqat, bahwa Abdul Malik bin Umar bin Abdul Aziz pada suatu hari pernah bertanya kepada ayahnya, "Ada apa denganmu sampai tidak menjatuhkan hukuman keras kepada mereka? Demi Allah , aku tidak peduli meskipun keputusanmu mahal ongkosnya bagiku, tetap akan aku laksanakan, asal engkau tetap berada di jalan kebenaran!" 

 

Ayahnya, yakni Umar, berkata, "Jangan tergesa-gesa, anakku. Sesungguhnya Allah mengecam minuman khamr dua kali dalam Alquran dan baru mengharamkannya pada kecaman yang ketiga. Sungguh aku takut apabila aku menjatuhkan hukuman kepada mereka dalam sekali pertimbangan yang tergesa gesa, mereka justru akan menolaknya sehingga yang terjadi justru pertikaian dan kekacauan.” 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler