Islam Politik di Negara Muslim Afrika Utara Runtuh?

Kekalahan PJD disebut pukulan bagi Ikhwanul Muslimin.

Wikipedia
Islam Politik di Negara Muslim Afrika Utara Runtuh?. Foto: Salah satu bangunan di Ait Ben Haddou, Maroko.
Rep: Umar Mukhtar Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Ketika beredar berita bahwa kelompok politik terkemuka Maroko, Partai Pembangunan dan Keadilan (PJD), telah dikalahkan dalam pemilihan terakhir yang diadakan pada September, corong media resmi di Mesir merayakan berita tersebut seolah-olah kekalahan PJD itu sendiri merupakan pukulan bagi gerakan Ikhwanul Muslimin Mesir.

Baca Juga


Secara regional, para pengamat politik yang mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk mendiskreditkan berbagai partai politik Islam, menemukan bahwa Islam politik adalah sebuah kegagalan baik dalam teori maupun praktik.

"Secara regional, berita kegagalan (PJD) disambut dengan kegembiraan. Para pengamat menilai jatuhnya PJD sebagai paku terakhir dalam peti mati politik Islam," kata Magdi Abdelhadi, pengamat politik Timur Tengah kepada BBC, yang dikutip oleh Ramzy Baroud untuk sebuah tulisan kolomnya di laman Middle East Monitor.

Baroud berpandangan, PJD tidak hanya dikalahkan tetapi hampir sepenuhnya dihancurkan sebagai hasil pemungutan suara, hanya menyisakan 12 kursi dari 125 kursi yang diperolehnya setelah pemilu 2016. Alasan di balik kegagalan tersebut, bagaimanapun, disalahartikan oleh berbagai entitas, pemerintah dan individu dengan tujuan menyelesaikan skor lama dan menodai saingan politik.

Tujuan utamanya di sini adalah untuk memperkuat status quo di mana nasib negara-negara Arab tetap berada dalam cengkeraman penguasa yang brutal, korup, dan membesar-besarkan diri sendiri, tanpa toleransi terhadap pluralitas politik dan demokrasi yang sejati.

Mereka yang bersikeras melihat politik Arab dan Timur Tengah melalui gagasan akademis yang digeneralisasikan juga menemukan hasil pemilihan Maroko sebagai kesempatan sempurna untuk menggali lebih jauh pernyataan-pernyataan menyeluruh. Reaksi spontan dan klise ini didorong oleh krisis politik yang sedang berlangsung di Tunisia, yang korban utamanya, selain dari demokrasi Tunisia, adalah partai Islam Ennahda.

Juli lalu, Presiden Tunisia Kais Saied memulai serangkaian tindakan yang secara efektif membongkar seluruh infrastruktur demokrasi negara itu, sambil memusatkan semua kekuatan ke tangannya. Mengambil keuntungan dari kinerja buruk dan disfungsi endemik dari partai-partai politik utama negara itu, termasuk Ennahda, serta krisis ekonomi yang memburuk dan ketidakpuasan yang berkembang di kalangan rakyat Tunisia biasa, Saied membenarkan tindakannya sebagai cara untuk menyelamatkan negara dan masyarakat.

Saied, sebagai seorang akademisi tanpa pengalaman politik yang nyata, tidak memberikan peta jalan untuk memulihkan demokrasi negara atau untuk memperbaiki banyak penyakit sosial-ekonominya. Sebaliknya, pada 29 September, ia menunjuk politisi lain yang tidak berpengalaman, juga seorang akademisi, Najla Bouden Romdhane, untuk membentuk pemerintahan.

Pilihan Saied untuk memilih seorang wanita untuk jabatan itu menjadikannya sebagai Perdana Menteri wanita Arab pertama. Ini mungkin dirancang untuk mengomunikasikan pesan politik progresif. Dalam meninjau program politik Saied sejak Juli, The Economist berpendapat bahwa presiden Tunisia telah mengumumkan sedikit program ekonomi, selain dari rencana yang belum matang untuk memerangi korupsi dan menggunakan hasilnya untuk mendanai pembangunan.

Baca juga : Mempertahankan Afirmasi Madrasah

 

Strategi Saied untuk menurunkan inflasi adalah meminta bisnis untuk menawarkan diskon," menurut publikasi yang berbasis di London, bukan penataan ulang radikal ekonomi negara yang hancur. Sebagian besar warga Tunisia mungkin berharap upaya Saied akan membalikkan krisis ekonomi yang mengakar. Namun, karena menjadi jelas bahwa Saied tidak memiliki rencana yang konkret untuk menjauhkan Tunisia dari jalan tragis Lebanon dan ekonomi gagal lainnya, pengunjuk rasa turun ke jalan lagi, menuntut pemulihan demokrasi.

Karena itu, kekalahan kaum Islamis baru-baru ini di Maroko, bagaimanapun, tidak boleh dipandang sebagai krisis dalam Islam politik, karena yang terakhir adalah konsep teoretis yang terus berubah dan terbuka untuk berbagai interpretasi, sering kali secara radikal bertentangan, oleh para sarjana yang berbeda dan di bawah pemahaman yang berbeda.

Setiap partai Islam tampaknya berperilaku sesuai dengan serangkaian prioritas yang berbeda yang unik untuk partai itu, untuk pengaturan sosial-ekonomi, tujuan politik dan, pada akhirnya, untuk kepentingan uniknya sendiri. Maroko adalah ruang politik yang unik yang harus dianalisis secara terpisah dari Tunisia dan yang terakhir dari Mesir, atau Palestina, dan seterusnya.

Meskipun secara akademis berbicara tentang fenomena politik, generalisasi tidak dapat langsung diterapkan pada hasil politik sehari-hari. Fakta bahwa PJD secara diam-diam mundur ke barisan oposisi dan bahwa Ennahda sedang mengalami perombakan besar-besaran, semuanya merupakan indikasi bahwa partai-partai Islam, tidak hanya secara teori tetapi dalam praktiknya, telah menerima beberapa pilar utama demokrasi dan pluralitas konstruktif: pergantian demokratis, introspeksi diri dan pencarian jiwa.

Mereka yang menghibur diri dengan kesalahpahaman bahwa Islam politik sudah mati, dalam penipuan diri mereka mengingatkan pada teori Francis Fukuyama tentang akhir sejarah, menyusul disintegrasi Uni Soviet dan kebangkitan AS yang sementara tidak terbantahkan, satu-satunya negara adidaya di dunia.

Baca juga : Bagaimana Allah Menjawab Ketika Hamba Membaca Al Fatihah

Pemikiran sementara seperti itu tidak hanya irasional tetapi, itu merupakan hasil dari angan-angan yang dimotivasi secara ideologis. Pada akhirnya, sejarah tetap berjalan, seperti yang akan selalu terjadi.

Ketika PJD, Ennahda dan partai-partai Islam lainnya memiliki banyak refleksi untuk dilakukan, maka harus ingat bahwa masa depan tidak dibentuk oleh gagasan deterministik, tetapi oleh proses dinamis yang terus-menerus menghasilkan variabel baru.

Sumber

https://www.middleeastmonitor.com/20211021-political-islam-and-democracy-crisis-in-north-africa/

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler