Rekomendasi Tujuh Masjid untuk Sholat Idul Fitri di Jakarta

Masjid-masjid ini direkomendasikan karena memiliki daya tampung jamaah yang banyak.

Republika/Mahmud Muhyidin
Seorang jamaah bersiap untuk shalat di Masjid Ramlie Mustofa, Jakarta. Rekomendasi Tujuh Masjid untuk Sholat Idul Fitri di Jakarta
Rep: Andrian Saputra Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudahkah Anda menentukan lokasi untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri? Jika belum, beberapa masjid ini dapat menjadi pilihan terutama bagi Anda yang berada di Ibu Kota Jakarta.

Masjid-masjid ini direkomendasikan karena memiliki daya tampung jamaah yang banyak dan merupakan masjid terbesar di wilayahnya masing-masing. Selain itu, masjid-masjid ini juga memiliki arsitektur yang indah yang dapat menambah kekhidmatan dalam melaksanakan sholat Id.

Rekomendasi Tujuh Masjid untuk Sholat Idul Fitri di Jakarta

1. Masjid Raya Hasyim Asy'ari

Baca Juga



Bagi Anda warga Jakarta Barat bisa datang menunaikan sholat Id di Masjid Raya KH. Hasyim Asy'ari. Alamatnya berada di Jalan Daan Mogot, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng. Masjid ini memiliki daya tampung maksimal lebih dari 12 ribu jamaah.

Umat muslim usai melaksanakan Shalat Jumat berjamaah di Masjid Raya KH. Hasyim Asyari, Jakarta, Jumat (2/6). - (Republika/Prayogi)

 

2. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal telah bersiap menyambut kedatangan jamaah  pada pelaksanaan ibadah sholat Id mendatang. Masjid yang berada di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat ini akan dibuka penuh untuk jamaah.

Jamaah membaca Al Quran di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (8/4/2022). Membaca Al Quran (tadarus) dilakukan umat muslim untuk meningkatkan ibadah selama bulan suci Ramadhan. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

 

3. Masjid Agung Sunda Kelapa

Bagi jamaah yang berada di Jakarta Pusat terutama sekitar Menteng, Masjid Agung Sunda Kelapa dapat menjadi pilihan untuk melaksanakan sholat Id. Masjid yang memiliki daya tampung sekitar 4.000 orang ini akan menggelar sholat Id dengan kapasitas 100 persen.

Pengurus masjid membaca Al-Quran di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, Senin (19/10). Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta sudah berjalan satu pekan namun aktivitas ibadah dan pengajian di Masjid Agung Sunda Kelapa masih ditutup untuk umum dan hanya dibuka ketika pelaksanaan shalat Jumat dengan imbauan tetap menerapkan protokol kesehatan. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

4. Masjid Cut Meutia

Seperti tahun lalu, Masjid Cut Meutia akan menggelar sholat Id. Masjid ini berada di Kebon Sirih, Kecamatan Menteng. Masjid ini memiliki daya tampung maksimal sekitar 3.000-an jamaah.

Jamaah mengikuti kegiatan khataman Quran bersama di Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta, Sabtu (9/4/2022). Kegiatan khataman Quran bersama ini merupakan salah satu agenda Masjid Cut Meutia dalam menyemarakan ramadhan 1443 H. Prayogi/Republika. - (Prayogi/Republika.)

 

5. Masjid Al Azhar

Jamaah yang berada di Jakarta Selatan dapat melaksanakan sholat Id di Masjid Al Azhar. Masjid ini berada di Kebayoran Baru. Tepatnya di Jalan Sisingamangaraja. Pada tahu lalu pelaksanaan sholat Id dilakukan di lapangan Masjid dengan alokasi tempat sekitar 50 persen dari total kapasitas mencapai 5.000 jamaah.

Umat Islam melaksanakan Shalat Tarawih pertama di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Jumat (1/4/2022) malam. Pengurus Masjid Agung Al-Azhar menggelar shalat Tarawih perdana pada Jumat (1/4) malam, dan menetapkan 1 Ramadhan 1443 H pada Sabtu (2/4). Sementara itu pemerintah telah menetapkan 1 Ramadan 1443 H jatuh pada Minggu (3/4). - (ANTARA/Galih Pradipta)

 

6. Masjid At Tin

Bagi umat muslim yang tinggal di Jakarta Timur bisa melaksanakan sholat Id di Masjid At Tin. Masjid ini berada di Jalan Taman Mini I No.3, RW.3, Pinang Ranti, Kecamatan Makasar. Masjid ini memiliki kapasitas maksimal sekitar 9.000 jamaah.

Qori Muda Muzammil Hasballah memberikan tausiyah dalam acara Dzikir Nasional 2018 di Masjid At-Tin Jakarta Timur, Senin (31/12). - (Republika/Iman Firmansyah)

 

7. Masjid Ramlie Mustofa

Masjid Ramlie Mustofa dapat menjadi pilihan bagi warga Jakarta Utara yang akan melaksanakan sholat Id. Masjid ini berada di Jalan Danau Sunter Raya Selatan, Sunter Agung, Kecamatan Tanjung. Priok.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler