Prodi Sains Data UNM Sukses Gelar Webinar Literasi Data

Kegiatan ini bertujuan menambah pengetahuan mahasiswa terkait metaverse

istimewa
Universitas Nusa Mandiri (UNM) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) program studi (prodi) Sains Data, sukses menggelar webinar yang bertajuk “Literasi Data” dengan tema “Role of Data Science to Face Metaverse World."
Red: Hiru Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Universitas Nusa Mandiri (UNM) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) program studi (prodi) Sains Data, sukses menggelar webinar yang bertajuk “Literasi Data” dengan tema “Role of Data Science to Face Metaverse World." acara tersebut diselenggarakan pada Sabtu (28/5) pukul 09.00-12.00 WIB.

Baca Juga


Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr Andry Alamsyah, selaku Presiden Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia (AIDI), dan Prof Dr Dwiza Riana selaku Vice Chair IEEE CIS IS dan Rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Tati Mardiana, selaku moderator pada webinar ini sekaligus ketua prodi (kaprodi) Sains Data UNM menyampaikan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa terkait metaverse. 

“Kehadiran metaverse tidak dapat lepas dari peran Artificial Intelligence (AI). Melalui data science, data akan menjadi pengetahuan bagi AI sehingga memungkinkan komputer bekerja sesuai dengan dengan cara berpikir manusia,” katanya dalam keterangan tertulisnya Senin (6/6/2022).

Pada kesempatan ini, Dr Andry Alamsyah sebagai narasumber pertama memberikan penjelasan tentang metaverse merupakan kelanjutan dari evolusi Internet. Web 3.0 menawarkan kemampuan transaksi aset digital secara end-to-end, di mana pengguna memiliki otoritas mengontrol data pribadi. 

“Dengan adanya metaverse, kita dapat melakukan banyak hal secara virtual dan setiap orang dapat membuat konten guna membangun ekonomi kreatif bagi bangsa Indonesia,” jelasnya.

Selanjutnya, Prof Dr Dwiza Riana sebagai narasumber kedua menyampaikan tentang berbagai teknologi dan implementasi AI yang didukung Data Science pada berbagai bidang, serta memberikan tips dan trik menguasai AI dan data science. “Semoga mahasiswa prodi Sains Data UNM dapat mempersiapkan diri menghadapi era Metaverse yang berpotensi menjadi ekonomi masa depan,” tuturnya.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler