Separuh Pengguna Facebook-Instagram Bandingkan Kehidupannya dengan Orang Lain
Penting untuk tidak terlalu terbawa dengan apa yang dilihat di Facebook-Instagram.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Separuh pengguna media sosial membandingkan diri mereka dengan orang lain di Instagram, Facebook, dan TikTok. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pengguna media sosial mengecek liburan, penurunan berat badan, dan pakaian mode orang lain.
Mereka juga mencermati hubungan (relasi), renovasi rumah, dan pengembangan karier orang lain. Pernikahan, gaya rambut, dan taman belakang juga ditampilkan dalam daftar perbandingan.
Hampir satu dari lima orang (17 persen) merasa di bawah tekanan untuk menjalani "kehidupan yang sempurna" karena media sosial. Sementara itu, lebih dari setengahnya (52 persen) mengakui hanya mengunggah hal-hal yang mereka ingin orang lain lihat di profil mereka.
Hasilnya, 22 persen dari 2.000 pengguna media sosial yang disurvei menganut tren "Instagram vs Realitas". Mereka berpikir bahwa kehidupan seseorang tidak ada yang sesempurna seperti yang terlihat di dunia maya.
"Meskipun ada banyak hal baik tentang media sosial, itu juga bisa menjadi sumber tekanan dan stres yang besar," kata peneliti dari RESCUE UK, Emma Wright dilansir Express, Selasa (14/6/2022).
Wright menjelaskan ketika melihat kehidupan orang lain melalui lensa yang difilter dan dikuratori, maka wajar saja jika seseorang mulai membandingkannya dengan kehidupannya sendiri, dan merasa tidak cukup setara. Namun, sangat penting untuk tidak terlalu terbawa dengan apa yang dilihat secara daring.
"Ingat bahwa hidup melukiskan gambaran yang jauh lebih besar," ujar Wright.
Studi ini juga menemukan seperempat dari mereka yang disurvei cenderung mengunggah tentang makanan yang mereka masak, buku yang mereka baca, dan acara TV yang mereka tonton. Dua dari 10 orang cenderung mengunggah tentang foto hari pernikahan mereka atau bahkan anggota keluarga yang telah meninggal.
Hampir dua pertiga (64 persen) membandingkan diri mereka dengan kelompok teman dan anggota keluarga mereka saat ini di media sosial, sementara 48 persen sering terobsesi dengan profil selebritas daring. Namun, sementara 22 persen merasa terinspirasi saat menggunakan media sosial, seperempatnya mengaku merasa tidak percaya diri.
Hasilnya, 26 persen merasa perlu makan lebih sehat, satu dari lima terinspirasi untuk mendekorasi ulang rumah mereka, dan 17 persen lainnya juga merasakan dorongan untuk membeli rumah sendiri setelah melihat tempat tinggal orang lain melalui media sosial. Lalu, 15 persen mempertimbangkan untuk membeli mobil baru.
Facebook, Youtube, dan Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer untuk digunakan, dengan rata-rata orang menghabiskan 57 menit sehari. Namun, hal ini membuat banyak orang kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga (37 persen), kesejahteraan pribadi (34 persen), dan waktu keluarga (30 persen).
Sebanyak 42 persen dari mereka yang disurvei memang merasa senang dengan gaya hidupnya saat ini. Namun, penelitian ini juga menemukan satu dari lima (19 persen) mengaku melihat bagaimana orang lain tampaknya hidup di media sosial membuat mereka memikirkan kembali rutinitas mereka.
Lebih dari sepertiga (35 persen) dari mereka yang memiliki anak khawatir tentang anak-anak mereka sendiri dibandingkan dengan anak orang lain di masa depan. Karena itu, 39 persen responden menganggap penting untuk menunjukkan secara daring sisi nyata dari pengasuhan di samping semua momen sempurna.
"Media sosial dapat membuat orang merasa bahwa mereka harus memiliki setiap bagian dari kehidupan mereka bersama. Tapi hidup bukanlah feed Instagram yang sempurna," kata Wright.
Wright mengatakan bahwa keseimbangan sejati bukan tentang memperpanjang hari-hari untuk mengisi lebih banyak tugas, sehingga akhirnya melakukan banyak tugas hingga batas kemampuan. Sebaliknya, ini tentang menciptakan waktu untuk diri sendiri untuk kesejahteraan pribadi.
Berikut 25 tema top yang dibandingkan orang dengan orang lain di media sosial:
1. Liburan/perjalanan
2. Penurunan berat badan/pertumbuhan otot
3. Mode/pakaian
4. Pasangan
5. Rumah bersih/rapi
6. Renovasi rumah
7. Karier
8. Dandan
9. Pernikahan
10. Gaya rambut/potongan rambut
11. Pengumuman rumah baru
12. Taman
13. Peralatan dalam pakaian renang
14. Interior, misalnya rak buku yang tertata
15. Memanggang/memasak
16. Pengumuman pertunangan
17. Pesta misalnya lengkungan balon
18. Studi/pendidikan
19. Mobil
20. Pengumuman kehamilan
21. Prestasi anak-anak
22. Keterampilan olahraga
23. Cerita kelahiran
24. Anak-anak tersenyum untuk foto
25. Anak-anak belajar berjalan/berbicara