Tayang Hari Ini, Midnight in the Switchgrass Angkat Kisah Nyata Pembunuhan Berantai

Midnight in the Switchgrass dibintangi Bruce Willis dan Megan Fox.

Dok Lionsgate
Foto adegan film Midnight in the Switchgrass.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Midnight in the Switchgrass dijadwalkan tayang di bioskop Indonesia mulai hari ini, Jumat (2/12/2022). Sinema debut dari sutradara Randall Emmett tersebut didasarkan pada kasus kriminal nyata yang pelakunya dikenal dengan sebutan "truck stop killer".

Antara 1975 hingga 1990, seorang pengemudi truk bernama Robert Rhoades menyiksa, melecehkan, dan membunuh lebih dari 50 perempuan. Dia didakwa hukuman seumur hidup atas perbuatannya dan hingga kini masih mendekam di penjara.

Penjahat utama dalam film juga diceritakan sebagai pengemudi truk, namun nama pelaku, waktu, serta lokasi kasus diubah dan diberikan sejumlah dramatisasi. Midnight in the Switchgrass dibintangi Bruce Willis, Megan Fox, Lukas Haas, dan Machine Gun Kelly.

Alur cerita dalam film yang berdurasi 99 menit ini secara perlahan membawa penonton terhanyut pada kasus pelik rangkaian pembunuhan sadis. Sejumlah korban yang semuanya perempuan muda tersebut mengalami kondisi mengenaskan.

Baca Juga


Midnight in the Switchgrass berusaha menyoroti ketidakadilan lewat hadirnya konflik pada internal kepolisian. Ada pihak yang merasa kasus pembunuhan bertubi-tubi yang terjadi bukan sesuatu yang perlu ditelaah lebih dalam, sebab korbannya para perempuan malam.

Cerita mengenai para tokoh dalam film semula disajikan secara paralel. Pada awal sinema, seakan-akan ada beberapa konflik cerita terpisah, tetapi kemudian itu semua terjalin seiring bergulirnya film. Menyimaknya seperti menyatukan potongan puzzle satu demi satu.

Sayangnya, latar belakang para tokoh utama tidak dieksplorasi lebih jauh, hanya sebatas penyelesaian mengenai misteri pembunuhan dan penculikan. Begitu pun tokoh antagonis. Meski keluarganya ditampilkan, namun penonton tidak mendapati motif dari aksinya.

Akhir film terbilang mengambang, serta celah cerita di sana-sini yang membuat masih banyak pertanyaan muncul dalam benak. Sesuai dengan judul film, ada adegan puncak yang melibatkan situasi tengah malam di tengah padang rumput switchgrass.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler