Lagi, Planet Seukuran Bumi Ditemukan di Dekat Tata Surya

Para peneliti berharap dapat menemukan lebih banyak exoplanet dalam sistem K2-415.

planet kembaran bumi
Rep: Ilham Tirta Red: Partner
Ilustrasi planet ekstrasurya seukuran Bumi yang mungkin mirip dengan dunia kita, K2-415 b yang baru ditemukan. Gambar: NASA/JPL-Caltech

ANTARIKSA -- Sebuah tim peneliti internasional yang mencari eksoplanet, planet di luar tata surya, transit telah membuat penemuan terbarunya. Sebuah benda seukuran Bumi melayang sejauh 72 tahun cahaya dari kita.


K2-415 b, nama dunia yang baru ditemukan itu, mengorbit bintang kerdil merah terdekat, K2-415. Para peneliti mengidentifikasi planet ekstrasurya itu dalam data teleskop ruang angkasa Kepler NASA yang sekarang sudah tidak berfungsi. Data itu kemudian dikonfirmasi oleh penggantinya, Transiting Exoplanet Survey Satellite.

Meskipun K2-415b bukanlah planet ekstrasurya terdekat yang diketahui dengan Bumi, dalam skala kosmik K2-415b adalah salah satu tetangga dekat kita. Dan itu adalah planet ekstrasurya yang sangat menarik untuk dipelajari para astronom.

"Sistem K2-415 unik karena K2-415 adalah salah satu bintang paling keren, atau bermassa terendah, yang diketahui memiliki planet ekstrasurya," kata Teruyuki Hirano, penulis utama pada sebuah makalah tentang penemuan itu kepada Space.com.

Faktanya, hanya ada empat bintang yang lebih dingin dari K2-415 yang diketahui menampung setidaknya satu planet ekstrasurya, termasuk TRAPPIST-1 yang terkenal, yang memiliki tujuh eksoplanet yang diketahui. “Salah satu motivasi untuk menyelidiki planet-planet di sekitar bintang bermassa rendah adalah untuk memahami dan mengklarifikasi apakah planet-planet itu terbentuk dan berevolusi seperti planet-planet di sekitar bintang tipe matahari,” kata Hirano.

Bintang tipe matahari adalah bintang yang mirip dengan sang surya. Sebaliknya, bintang katai merah, jauh lebih dingin dan jauh lebih kecil. K2-415 diperkirakan memiliki suhu permukaan sekitar 5.250 derajat Fahrenheit atau 2.900 derajat selsius, dibandingkan dengan matahari kita yang bersuhu 9.900 derajat F atau 5.480 derajat selsius. K2-415 berdiameter hanya 0,2 jari-jari matahari dan massa 0,16 kali massa Matahari.

Pada akhirnya, semakin banyak planet ekstrasurya yang ditemukan, dan semakin banyak ilmuwan belajar tentang sistem bintang mereka, semakin tinggi kemungkinan penemuan planet ekstrasurya yang lebih berpotensi layak huni. K2-415b tidak berada di zona layak huni bintangnya. Zona layak huni adalah jarak planet dari bintang di mana air cair bisa ada di permukaan dunia.

Planet ekstrasurya ini sangat dekat dengan K2-415, sehingga hanya membutuhkan waktu sekitar empat hari Bumi untuk menyelesaikan orbitnya. “Tapi ada kemungkinan ada planet lain yang bersembunyi di sistem yang berada di dalam zona layak huni,” kata Hirano.

Hirano berharap untuk mempelajari K2-415 b lebih lanjut, menentukan massa dan struktur internalnya. Perkiraan awal mematok planet ekstrasurya sekitar tiga kali lebih besar dari Bumi, meskipun memiliki radius hanya 1,015 kali dari Bumi. Tapi dia juga ingin beralih ke orbit dan arsitektur sistem secara luas.

“Sejauh ini, hanya satu planet transit yang ditemukan di sistem, tapi ini tidak berarti sistemnya 'tunggal'," katanya," katanya. Pengamatan kecepatan radial lebih lanjut, serta pemantauan fotometrik, akan dapat membatasi keberadaan planet luar dalam sistem.

Penemuan pada sebuah makalah tentang penelitian tim telah diterima untuk dipublikasikan di The Astronomical Journal dan saat ini tersedia di server pracetak arXiv. Sumber: Space.com

sumber : https://antariksa.republika.co.id/posts/202098/lagi-planet-seukuran-bumi-ditemukan-di-dekat-tata-surya
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler