50 Tahun Evolusi Ponsel, dari Seukuran Batu Bata Hingga Layar Lipat

Merek Nokia dari Finlandia memulai serangkaian inovasi yang mendorong batas-batas ponsel.

.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner
Penemu ponsel komersial pertama di dunia Martin Cooper berpose bersama Motorola DynaTAC 8000x di Mobile World Congress 2023 di Barcelona, Spanyol, 27 Februari 2023. 50 Tahun Evolusi Ponsel, dari Seukuran Batu Bata Hingga Layar Lipat. Foto: AP Photo/Joan Mateu Parra

MAGENTA -- Kalau ada pertanyaan, barang apa yang tidak bisa Anda tinggalkan ketika pergi, mungkin sebagian besar kita akan menjawab hape alias telepon genggam alias ponsel. Siapa saat ini yang bisa hidup tanpa telepon genggam?


Dari telepon genggam seukuran batu bata yang populer di kalangan pialang saham hingga sistem komputasi yang sangat kuat yang ada di saku kita semua saat ini, ponsel telah ditempa oleh inovasi selama setengah abad.

Berikut Magenta sajikan perkembangan evolusi ponsel dari masa ke masa, dikutip dari Malay Mail, Kamis (30/3/2023).

1973: Hello, moto

Pada 3 April 1973, seorang insinyur di perusahaan AS Motorola melakukan panggilan pertama dari perangkat seluler yang dijuluki DynaTAC. Martin Cooper menelepon Joel Engel, pesaing yang bekerja untuk Bell Labs, dari 6th Avenue di New York.

Namun butuh 10 tahun lagi untuk ponsel pertama dipasarkan. Pada 1983, Motorola mulai menjual DynaTAC 8000X di Amerika Serikat dengan harga 3.995 dolar AS. Dijuluki batu bata, beratnya sekitar satu kilogram dan berukuran 33 sentimeter.

1992: 'Selamat Natal'

Pada 3 Desember 1992, karyawan Vodafone Richard Jarvis menerima pesan teks pertama. Komputernya mengucapkan "Selamat Natal". Pesan tersebut suatu hari dilelang dalam bentuk NFT pada 2021 seharga 150 ribu dolar AS.

Baca juga: Elon Musk Salip Obama Sebagai Orang dengan Pengikut Terbanyak di Twitter


1997: Inovasi Finlandia

Merek Nokia dari Finlandia memulai serangkaian inovasi yang mendorong batas-batas ponsel. Pada 1997, model 6110 Nokia memperkenalkan gim seluler Snake kepada massa.

Dua tahun kemudian, 7110 adalah ponsel pertama yang menggunakan jaringan nirkabel untuk menjelajah. Pada tahun yang sama 3210 membuat inovasi tulisan prediktif ke dunia.

Pada 2003, Nokia meluncurkan model 1100 yang terjangkau dan tangguh, menargetkan negara-negara berkembang. Ponsel ini terjual 250 juta unit, menjadikannya ponsel terlaris sepanjang sejarah.

Nokia jadul tipe 6310. Sumber: Mashable

2001: 3G di Jepang

Pada 2001, Jepang adalah negara pertama yang memanfaatkan jaringan seluler 3G. Jaringan ini memungkinkan akses internet berkecepatan tinggi.

Jaringan 3G muncul setelah inovasi Jepang lainnya, termasuk telepon dengan kemampuan panggilan video, Kyocera VP-210 pada 1999. Setahun kemudian, Sharp SH04 muncul sebagai yang pertama dengan kamera belakang bawaan.

2007: iPhone Pertama

“Hari ini, Apple akan menemukan kembali teleponnya,” kata Steve Jobs saat dia mempersembahkan iPhone kepada orang banyak yang memujanya pada 2007.

Dia menjanjikan sebuah iPod, telepon, dan komunikator internet dalam satu perangkat, yang pada akhirnya dijual seharga antara 499 dolar AS dan 599 dolar AS.

App store diperkenalkan pada 2008. Pada tahun yang sama, HTC Dream adalah telepon pintar pertama yang dirilis dengan sistem operasi Google Android.

Baca juga: Doa Hari ke-9 Puasa Ramadhan, Arab dan Latin


2009: Bangkitnya sang pembawa pesan

WhatsApp diluncurkan pada 2009 dan segera diikuti oleh banyak aplikasi perpesanan lainnya: Viber, WeChat, Telegram, dan Signal. Aplikasi ini, yang menggunakan internet daripada jaringan tradisional, menjadi lebih populer daripada SMS pada 2012. Stockholm adalah kota pertama yang menawarkan jangkauan 4G berkecepatan sangat tinggi kepada pengguna pada 2009.

2011: Demam Emoji

Siri tiba pada 2011, memungkinkan pengguna Apple iPhone 4S untuk mengirim pesan, mengatur janji temu, melakukan panggilan, atau bahkan mencari informasi di internet hanya dengan menanyakan ponsel Anda. Google dan Amazon mengembangkan asisten suara yang bersaing di tahun-tahun berikutnya.

Pada tahun yang sama, demam emoji melanda planet ini ketika wajah mungil, yang dibuat sketsa pada 1999 oleh Shigetaka Kurita, diintegrasikan ke dalam perpustakaan karakter iPhone.

Emoji. Sumber: Emojipedia

2019: 5G, dapat dilipat

Pada 5 April 2019, Korea Selatan menjadi negara pertama yang tercakup oleh 5G dengan janji navigasi yang lebih cepat. Pada tahun yang sama, perusahaan Korea Selatan Samsung dan Huawei China adalah produsen besar pertama yang merilis ponsel layar lipat, Galaxy Fold dan Mate X.

Baca juga:

Asal-usul THR: Dulu Hanya untuk PNS, Kini Semua Pekerja Terima

Kesederhanaan Bung Hatta: Ironi Sepatu Bally tak Terbeli dan Tas Branded Istri Pejabat

WhatsApp Kembangkan Fitur Pesan Video untuk Pengguna iPhone

Bacaan Doa Qunut Arab, Latin, dan Terjemahan

On This Day: 26 Maret 1968, Soeharto Terima Mandat Jadi Presiden Gantikan Sukarno

sumber : https://magenta.republika.co.id/posts/208462/50-tahun-evolusi-ponsel-dari-seukuran-batu-bata-hingga-layar-lipat
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler