Belajar dari Kegagalan Lima Merek VR/AR, dari Google hingga Microsoft
Industri ini tidak dapat memecahkan apa yang sekarang disebut ruang Extended Reality.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat Apple baru saja memperkenalkan jajaran laptop PowerBook di awal tahun 90-an dan Sony memulai debutnya dengan Data Discman, Sega diam-diam mengerjakan perangkat yang akan menjadi headset VR pertama.
Meskipun Sega headset VR tidak pernah berhasil masuk ke pasar, idenya adalah menghadirkan pengalaman bermain game yang imersif dan realistis melalui headset.
Bertahun-tahun kemudian, dan terlepas dari lompatan besar dalam teknologi, industri ini tidak dapat memecahkan apa yang sekarang disebut ruang Extended Reality (XR): bermacam-macam teknologi imersif yang mencakup virtual reality (VR), augmented reality (AR), dan mixed reality (MR).
Melansir dari Indian Express, Kamis (1/6/2023), ada lima merek besar yang gagal di pasar VR/AR, dan apa yang dapat dipelajari dari mereka.
1. Google Glass
Ketika debutnya, ini terlihat sebagai kacamata dengan layar optik terkomputerisasi yang dipasang di kepala dari film sci-fi Hollywood, yang cukup membuat dunia bersemangat. Bahkan, Majalah Time menobatkan Google Glass sebagai Best Invention of The Year.
Tapi kemudian Google Glass menjadi kegagalan terbesar Google. Pertama kali diumumkan pada 2012 dan tersedia (seharga 1.500 dolar AS) untuk pengguna awal, mendapat penobatan itu pada 2013. Glass mulai dijual ke masyarakat umum pada 2014. Bahkan setelah banyak iterasi dan peningkatan, Google Glass tidak pernah terasa seperti produk yang meyakinkan.
Google Glass tidak memiliki tujuan yang jelas. Kaca tampak seperti miniatur komputer berupa kacamata yang bisa dipakai sepanjang hari. Pemiliknya dapat mengambil foto, merekam video dari apa yang dilihat, dan bahkan melakukan pencarian Google dengan hasil yang ditampilkan dalam bentuk yang dapat dibaca di layar kecil.
Dengan dihapusnya Google Glass baru-baru ini, langkah tersebut memperjelas bahwa taruhan besar raksasa teknologi itu pada AR masih belum terbayar. Namun, itu tidak berarti Google menyerah sepenuhnya pada AR.
2. HoloLens
Microsoft memiliki sejarah yang beragam dalam mengubah kategori produk konsumen menjadi tren. Microsoft memperkenalkan HoloLens, perangkat realitas campuran. Pada saat itu, Alex Kipman, penemu dan pengembang utama HoloLens, menggambarkannya sebagai komputer holografik pertama yang sepenuhnya tidak terikat berdasarkan teknologi baru yang muncul yang disebut mixed reality (MR).
Versi pertama dijual pada 2016 sebagai perangkat konsep eksperimental untuk pengembang seharga 3.000 dolar AS dan perusahaan seharga 5.000 dolar AS. HoloLens 2 pada 2019, memperbaiki banyak masalah yang melumpuhkan produk generasi pertama.
Setelah menghabiskan miliaran dolar untuk divisi MR Microsoft, batasan teknologi benar-benar menghalangi perusahaan tentang ke mana harus pergi selanjutnya. Pada 2021, desas-desus mulai beredar bahwa Microsoft telah membatalkan tanggal rilis Maret 2024 untuk HoloLens 3. Setahun kemudian, dengan keluarnya Kipman, yang memimpin grup realitas campuran HoloLens, Microsoft kehilangan visi yang pernah dimilikinya dengan kacamata futuristik itu.
3. Magicleap
Pada satu titik, MagicLeap adalah rintisan yang terlalu bersemangat dan terlalu banyak dana, tetapi banyak hal mulai berubah ketika headset-nya gagal. Leap 1 adalah headset yang buruk yang tidak hanya terlihat aneh di wajah seseorang tetapi juga tidak memiliki tujuan mengapa itu dibuat.
MagicLeap ingin mengembangkan konsep AR, sebuah teknologi yang melapisi dunia digital di atas dunia nyata. Headset generasi berikutnya, MagicLeap 2, diluncurkan pada 2020, dibuat dengan formula yang sama tetapi sekarang ditujukan untuk bisnis.
4. Google Daydream VR
Ide headset VR berbasis smartphone terdengar menarik pada awalnya, namun pengalamannya biasa-biasa saja dan buruk. Itulah yang terjadi dengan Google Daydream VR, platform VR seluler yang bertujuan membawa pengguna pertama kali ke dunia realitas virtual.
Bagi banyak orang, konsep memasukkan ponsel cerdas ke dalam headset untuk merasakan sensasi VR adalah konsep yang cacat sejak awal. Google memiliki harapan tinggi untuk platform Daydream VR tetapi tidak pernah berhasil. Perusahaan bahkan membuat headset Daydream untuk menampilkan platform Daydream.
5. Snap Spectacles
Ketika Snap, perusahaan yang terkenal dengan aplikasi kamera sosial Snapchat yang populer, pertama kali mengumumkan Spectacles beberapa tahun yang lalu, banyak yang mengira itu akan merevolusi pasar smart wear. Ternyata, seluruh eksperimen Snap dengan kacamata pintar telah menjadi urusan yang membingungkan.
Dengan model-model baru, terutama dengan Spectacles 3, Snap berhasil menambahkan rasa AR tetapi secara keseluruhan, ide untuk menambahkan efek khusus pada kiriman Snapchat mereka tidak cukup meyakinkan untuk membayar 380 dolar AS untuk sepasang kacamata.
Salah satu alasan besar mengapa visi Snap untuk augmented reality pada akhirnya bisa gagal adalah karena fokusnya pada pendekatan yang ‘menyenangkan’, daripada cara yang lebih ‘serius’ dalam memanfaatkan teknologi.