Cara Meracik Kayu Manis Sebagai Obat Sakit Gigi, Jerawat, Maag, dan Perut Kembung

Kayu manis sudah dikenal pada zaman Mesir Kuno sekitar 5.000 tahun yang lalu.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner
Ilustrasi kayu manis. Cara Meracik Kayu Manis Sebagai Obat Sakit Gigi, Jerawat, Maag, dan Perut Kembung. Foto: Public Domain Pictures

MAGENTA -- Rempah-rempah yang satu ini memiliki aroma khas dengan rasa yang manis dan sedikit pedas. Namanya kayu manis.

Biasa digunakan dalam pembuatan kue. Kayu manis sudah dikenal pada zaman Mesir Kuno sekitar 5.000 tahun yang lalu.

BACA JUGA: Pesawat Jatuh Kolombia, Kisah 4 Anak Bertahan Hidup 40 Hari di Hutan Amazon



.

.

Kayu manis yang memiliki nama ilmiah Cinnamomum verum, sin. C zeylanicum memiliki batang yang kurang padat, berwarna kecokelatan, mulai dari cokelat susu hingga cokelat tua. Teksturnya mirip seperti tekstur kayu dengan tebal sekitar 2-3 mm.

Dikutip dari buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati, kayu manis banyak mengandung minyak atsiri yang terdiri atas senyawa-senyawa eugenol yang terdapat pada daun, safrol, sinamaldehide, tannin, kalsium oksalat, damar, serta zat penyamak.

Bagian yang digunakan pada kayu manis adalah kulit bagian dalam yang ukurannya lebih tipis serta memiliki kesegaran yang lebih. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kayu manis juga bermanfaat mengobati masalah pencernaan, seperti sakit maag dan diare.

Kayu manis juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah, bersifat analgesik (mampu mengobati sakit kepala, sakit gigi, dan sebagainya), serta mengatasi jerawat. Jika dimanfaatkan sebagai obat, kayu manis dapat dibuat dalam bentuk bubuk dengan cara mengeringkannya dahulu, setelah itu ditumbuk sampai halus.

BACA JUGA: Cara Meracik Belimbing Wuluh Sebagai Obat Jerawat dan Gondongan

Cara meracik kayu manis sebagai obat...


Cara Meracik Kayu Manis Sebagai Obat

Ilustrasi kayu manis. Cara Meracik Kayu Manis Sebagai Obat Sakit Gigi, Jerawat, Maag, dan Perut Kembung. Foto: Public Domain Pictures

1. Mengatasi sakit gigi

Ambil satu sendok teh kayu manis bubuk ditambah dengan lima sendok teh madu. Oleskan pada gigi yang sakit. Lakukan sampai sakit gigi hilang.

BACA JUGA: Khasiat Lengkuas Sebagai Obat Rematik, Gatal, dan Panu serta Cara Meraciknya

.

.

2. Mengatasi rambut rontok

Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan satu sendok makan madu serta minyak zaitun panas. Oleskan secara merata pada kulit kepala. Diamkan selama 15 menit lalu bilas

3. Menghilangkan jerawat

Siapkan satu sendok teh kayu manis bubuk yang ditambah dengan tiga sendok makan madu. Campur rata kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat sebelum tidur malam. Diamkan semalaman. Esok harinya, basuh dengan menggunakan air hangat. Lakukan rutin selama dua minggu.

4. Menurunkan tekanan darah

Ambil satu jari kayu manis, 10 gram asam trengguli, 60 gr rambut jagung, serta 30 gram daun seledri. Rebus dengan 600 cc air dan sisakan 300 cc. Saring dan minum selagi hangat.

BACA JUGA: Cara Membuat Status Whatsapp (WA) Pakai Voice Note di Android dan iPhone

Kayu manis untuk obat diare, maag, dan sakit kepala...


Cara Meracik Kayu Manis Sebagai Obat

Ilustrasi kayu manis. Cara Meracik Kayu Manis Sebagai Obat Sakit Gigi, Jerawat, Maag, dan Perut Kembung. Foto: Public Domain Pictures

5. Mengobati diare

Ambil lima gram batang kayu manis ditambah lima lembar daun jambu biji. Rebus dengan 600 cc air. Sisakan 300 cc. Tambahkan gula secukupnya. Minum sehari dua kali masing-masing sebanyak 150 cc.

BACA JUGA: Terapi Makanan Prof Hembing: Bubur Lidah Buaya Kencangkan Kulit Wajah dan Atasi Flek Hitam

.

.

6. Mengatasi sakit maag

Rebus 10 gr batang kayu manis bersama 200 cc air. Sisakan 100 cc. Minum rutin sehari dua kali sebelum makan.

7. Mengatasi sakit kepala

Siapkan 10 gr batang kayu manis, tiga butir cengkih, lima gram biji pala, lima gram merica, dan 10 gram jahe. Tumbuk semua bahan hingga halus menjadi bubuk. Bila mau diminum, seduh menggunakan air panas.

8. Mengatasi masuk angin dan perut kembung

Siapkan lima gram kayu manis, 10 gr jahe, lima butir cengkih, lima gram pulasari, lima gram adas, lima gram biji pala, serta gula aren secukupnya. Rebus semua bahan bersama 800 cc air, sisakan hanya 450 cc. Minum tiga kali sehari, setiap kali minum 150 cc.

BACA JUGA:

Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel

On This Day: 8 Juni 632 Nabi Muhammad SAW Wafat, Umar Bin Khattab Sempat tak Percaya

Khasiat Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Jerawat, Bau Badan, dan Mengobati Amandel

Pengertian Wukuf dalam Ibadah Haji dan Waktu Pelaksanaannya

Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya

sumber : https://magenta.republika.co.id/posts/222336/cara-meracik-kayu-manis-sebagai-obat-sakit-gigi-jerawat-maag-dan-perut-kembung
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler