Survei Indikator: Erick Thohir Konsisten di Urutan Pertama Cawapres Favorit Gen Z-Milenial

Nama Erick Thohir selalu berada di posisi teratas survei Indikator Politik Indonesia.

Republika/Prayogi
Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir selalu menduduki urutan pertama di beragam simulasi survei Indikator Politik Indonesia≥
Rep: Wahyu Suryana Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei memetakan dukungan anak muda dibanding generasi yang lebih tua. Dari survei tersebut, nama Erick Thohir selalu muncul sebagai calon wakil presiden (cawapres) favorit generasi muda.

Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan, Erick Thohir keluar sebagai pemenang ketika simulasi dilakukan ke 22 nama. Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI itu meraih dukungan 18,5 persen.

"Meskipun hasilnya tidak signifikan dengan Ridwan Kamil di peringkat kedua, tapi signifikan dibandingkan elektabilitas Sandi di peringkat ketiga maupun AHY," kata Burhanuddin di Jakarta, Ahad (23/7).

Survei Indikator Politik Indonesia untuk periode ini dilakukan pada 20-24 Juni 2023. Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka kepada 1.120 responden dan dengan empat kelompok usia sesuai standar internasional.

Indikator kemudian mendalami pilihan cawapres itu berdasarkan kelompok generasi atau usia. Hasilnya, pemilih Erick Thohir sebagian besar berasal dari generasi muda, baik itu Generasi Z maupun Generasi Milenial.

Baca Juga


Sebanyak 26,5 persen pemilih Erick THohir berasal dari Generasi Z yang berusia kurang dari 26 tahun. Lalu, 20,7 persen pemilih Erick lainnya yang berasal dari Generasi Milenial, yakni mereka yang berusia antara 27-42 tahun.

"Ridwan Kamil unggul di Generasi X usia 43-58 tahun, AHY unggul di Generasi Baby Boomers usia 59-79 tahun," ujar Burhanuddin.

Ketika simulasi dilakukan terhadap 17 nama potensial, Erick Thohir kembali keluar sebagai pemenang. Erick Thohir meraih dukungan 19 persen, disusul Ridwan Kamil 16,7 persen, Sandiaga Uno 14 persen, dan AHY 11,6 persen.

Demikian pula saat simulasi dikerucutkan sampai lima nama. Erick Thohir konsisten menempati peringkat pertama. Erick meraih 22,9 persen, Ridwan 20,4 persen, Sandi 17,6 persen, AHY 12,5 persen, dan Khofifah 19,8 persen.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler