Viral Mahasiswi Beragama Kristen di Universitas Muhammadiyah Dapat Nilai A Mata Kuliah Al-Islam

Mahasiswi Kampus Muhammadiyah Riau tersebut mendapatkan nilai A selama empat semester.

network /Kurusetra
.
Rep: Kurusetra Red: Partner
Viral video mahasiswi beragama Kristen yang kuliah di Kampus Muhammadiyah mendapatkan nilai A untuk mata kuliah Al-Islam. Foto: Tangkapan Layar TikTok @monika.eliada

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Video seorang mahasiswi non-Muslim yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Riau, kampus yang dikelola PP Muhammadiyah, mendapatkan nilai A untuk mata kuliah Al-Islam ramai di media sosial seperti Instagram dan TikTok. Dalam video tersebut, sang mahasiswi memperlihatkan nilai A untuk mata kuliah Al-Islam padahal dirinya beragama Kristen. Bahkan dia mendapatkan nilai A selama empat semester.

"When u kuliah di Muhammadiyah dan dapat mata kuliah umum Al-Islam sampe 4 smstr pdhl aslinya Kristen," tulis pengunggah.

BACA JUGA: Kisah Pak AR Ketua Muhammadiyah yang Dijebak Pimpin Yasinan Malam Jumat

.

Untuk diketahui, semua sekolah dan kampus yang dikelola Muhammadiyah memberikan mata pelajaran atau mata kulian Kemuhammadiyahan. Namun di kampus mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan berbeda setiap kampusnya.

Selain itu mata kuliah ini hanya ditujukkan untuk mahasiswa Muslim saja. Mata kuliah Kemuhammadiyahan berisi tentang pengetahuan organisasi Muhammadiyah, perannya bagi bangsa dan negara, serta penerapan nilai dan ajaran Islam berdasarkan pemahaman Muhammadiyah.

BACA JUGA: Apa Itu Kristen Muhammadiyah (KrisMuha)?

Video tersebut sudah ditonton lebih dari satu juta kali di TikTok. Tak hanya itu, video tersebut mendapatkan 10 ribu lebih disukai pengguna Instagram.

Netizen pun ramai mengomentari video yang diungga akun @monika.eliada tersebut. Salah satu netizen berkomentar soal Kristen Muhammadiyah. "Makanya ada buku Kristen Muhammadiyah. Figthing buat kakaknya...wwkkwkw...."

BACA JUGA: PN Jakpus Kabulkan Nikah Beda Agama, Ini Hukumnya Pria Kristen Nikahi Muslimah Menurut Muhammadiyah

Apa itu Kristen Muhammadiyah?


Lahir varian baru, Kristen Muhammadiyah alias KrisMuha.

Apa Itu Kristen Muhammadiyah?

Muhammadiyah menjadi buah bibir dalam beberapa hari terakhir menyusul lahirnya varian baru, Kristen Muhammadiyah alias KrisMuha. Kiprah Muhammadiyah yang semakin kosmopolis disebut-sebut membidani lahirnya Kristen Muhammadiyah yang merujuk pada orang Kristen yang menjadi simpatisan Muhammadiyah.

Fenomena unik ini berdasarkan penelitian yang dilakukan Abdul Mu’ti dan Fajar Riza Ulhaq yang kemudian disusun dalam buku utuh berjudul Kristen Muhammadiyah: Mengelola Pluralitas Agama dalam Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng Lembaga Kajian dan Kemitraan Strategis (LKKS) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah untuk menggelar bedah buku di Kantor Kemendikbudristek, Senin (29/5/2023).

Ketua LKKS PP Muhammadiyah, Fajar Riza Ulhaq menjelaskan, buku ini menggambarkan situasi toleransi di daerah-daerah terpencil di Indonesia, terutama di daerah 3 T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal). Daerah-daerah pinggiran Indonesia yang dimaksud adalah Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT); Serui, Papua; dan Putussibau, Kalimantan Barat (Kalbar).

.

BACA JUGA: Alasan Warga Muhammadiyah Sholat Subuhnya tak Pakai Doa Qunut

Fajar berkata, fenomena munculnya varian KrisMuha dapat dijelaskan oleh adanya interaksi yang intens antara siswa-siswa Muslim dan Kristen dalam lingkungan pendidikan di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Namun, perlu dicatat bahwa interaksi tersebut tidak menghilangkan identitas mereka sebagai penganut agama Kristen yang taat.

“Kami tidak menduga ketertarikan dan antusiasme masyarakat (pembaca) terhadap karya ini masih sedemikian besar hingga saat ini, meskipun buku ini pernah diterbitkan 2009 silam. Inilah kontribusi Muhammadiyah dalam membangun generasi Indonesia yang lebih toleran, inklusif, dan terbiasa hidup bersama dalam perbedaan,” ucap Fajar.

BACA JUGA: Halal Darah Warga Muhammadiyah, Gus Baha: Perbedaan Fiqih NU dan Muhammadiyah Lumrah dalam Islam

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof Abdul Mu’ti menyampaikan, buku berjudul Kristen Muhammadiyah: Mengelola Pluralitas Agama dalam Pendidikan sudah terbit pada 2009. Namun Abdul Muti mengakui tetapi kurang detail dalam hal data-data.

Kali ini, menurut Mu`ti, buku yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas (Kompas Gramedia) telah mengalami penyempurnaan yang komprehensif. Selain itu buku tersebut juga telah diperbaiki dengan baik. “Terutama pada bagian bab dua dalam buku ini dijelaskan tentang akar pluralisme dalam pendidikan Muhammadiyah di tingkat akar rumput,” kata Mu`ti.

.

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:



>
Kiai Tampar Anggota Banser: Kiai Gak Dijaga Malah Gereja yang Dijaga!

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> GP Ansor Bantah Anggota Banser Lecehkan Tsamara Amany: Fotonya Dicatut

> Humor Gus Dur: Pastor Lega Dikira Gak Jadi Diterkam Harimau, Ternyata Harimaunya Lagi Baca Doa Makan

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

sumber : https://kurusetra.republika.co.id/posts/233246/viral-mahasiswi-beragama-kristen-di-universitas-muhammadiyah-dapat-nilai-a-mata-kuliah-al-islam
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler