Dianeksasi Israel, Peta Palestina Terus Menyusut Tahun ke Tahun

Separuh dari 13 juta penduduk Palestina kini tinggal di wilayah bersejarah Palestina.

EPA-EFE/JASON SZENES
Presiden Negara Palestina Mahmoud Abbas (tengah) mengacungkan peta Palestina pada tahun 1917, 1937, 1947, 1967 dan 2020 saat menyampaikan pidato kepada Dewan Keamanan PBB tentang situasi di Timur Tengah, termasuk pertanyaan Palestina di markas besar PBB di New York, New York, AS, 11 Februari 2020. EPA-EFE/JASON SZENES
Rep: Amri Amrullah Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, Konflik Israel dan Palestina telah berlangsung sejak awal 1900-an. Selama periode konflik, bagian tanah Israel meluas secara bertahap. Palestina, sebaliknya, menyusut dari tahun ke tahun.

Baca Juga


Berikut ini perubahan wilayah kekuasaan Palestina dari tahun ke tahun seperti dilansir Aljazirah.

1. 1917 - Palestina sebelum Mandat Inggris

Selama Perang Dunia I, Inggris membuat beberapa perjanjian yang saling bertentangan untuk mendapatkan dukungan dari berbagai kelompok di Timur Tengah. Yang paling terkenal adalah Deklarasi Balfour, sebuah janji publik yang menjanjikan "pendirian rumah nasional bagi bangsa Yahudi di Palestina".

Pada tanggal 31 Oktober 1917, pasukan Inggris menaklukkan Palestina dari Ottoman-Turki, mengakhiri 1.400 tahun kekuasaan Islam di wilayah tersebut. Pada tahun 1920, Inggris memulai kekuasaannya selama 28 tahun atas Palestina Mandat Inggris. Sebelum Mandat Inggris di Palestina, jumlah orang Yahudi hanya sekitar enam persen dari total populasi.

2. 1918-1947 - Imigrasi Yahudi dari Eropa

Mandat Inggris memfasilitasi imigrasi Yahudi dari Eropa ke Palestina pada tahun 1920-an dan 1930-an. Populasi Yahudi di Palestina meningkat dari 6 persen (1918) menjadi 33 persen (1947).

3. 1920-1946 - Imigrasi Yahudi ke Palestina

Sebanyak 376.415 imigran Yahudi, sebagian besar dari Eropa, tiba di Palestina antara tahun 1920 dan 1946 menurut catatan Inggris. Pada puncaknya di tahun 1935, 61.854 orang Yahudi berimigrasi ke Palestina. Perincian presisi dari catatan ini tersedia di sini - Stanford BJPA (Halaman 185) dan di sini - Atlas Palestina (Halaman 21).

4. 1947 - Usulan Rencana Pembagian PBB

Setelah berakhirnya Perang Dunia II, Perserikatan Bangsa-Bangsa yang baru saja dibentuk mengusulkan sebuah rencana yang akan memberikan 55 persen wilayah Palestina yang bersejarah kepada sebuah negara Yahudi dan 45 persen kepada negara Arab yang tidak bersebelahan. Yerusalem akan tetap berada di bawah kendali internasional.

Palestina menolak proposal tersebut karena hal itu akan menghilangkan sebagian besar tanah yang berada di bawah kendali mereka. Pada saat itu, mereka memiliki 94 persen wilayah Palestina yang bersejarah dan terdiri dari 67 persen populasi. Rencana ini tidak pernah diimplementasikan di lapangan.

5. 1948 - Warga Palestina diusir

Pada 14 Mei 1948, Mandat Inggris berakhir dan memicu perang Arab-Israel yang pertama. Pasukan militer Zionis mengusir setidaknya 750.000 warga Palestina dan merebut 78 persen wilayah Palestina yang bersejarah. Sisanya, 22 persen dibagi menjadi Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Pertempuran berlanjut hingga Januari 1949 ketika perjanjian gencatan senjata antara Israel dan Mesir, Lebanon, Yordania, dan Suriah disepakati. Garis Gencatan Senjata 1949 juga dikenal sebagai Garis Hijau dan merupakan batas yang diakui secara umum antara Israel dan Tepi Barat.

Garis Hijau juga disebut sebagai perbatasan (pra) 1967, sebelum Israel menduduki wilayah Palestina yang tersisa selama perang Juni 1967. Munculnya Garis 1967 sebagai 'Solusi Dua Negara'. 

6. 1967 - Israel menduduki Gaza dan Tepi Barat

Selama Perang Juni 1967, Israel menduduki seluruh wilayah bersejarah Palestina dan mengusir 300.000 warga Palestina dari rumah mereka. Israel juga merebut Dataran Tinggi Golan Suriah di utara dan Semenanjung Sinai Mesir di selatan. Pada tahun 1978, Mesir dan Israel menandatangani perjanjian damai yang menyebabkan Israel menarik diri dari wilayah Mesir.

7. Kesepakatan Oslo 1993 & 1995

Perjanjian Oslo merupakan perjanjian perdamaian Palestina-Israel yang pertama. Hal ini mengarah pada pembentukan Otoritas Palestina (PA) - sebuah badan administratif yang akan mengatur keamanan internal Palestina, administrasi, dan urusan sipil di daerah-daerah yang memiliki pemerintahan sendiri, untuk periode sementara selama lima tahun.

Di lapangan, Tepi Barat yang diduduki Israel dibagi menjadi tiga wilayah: A, B, dan C.

Area A awalnya terdiri dari tiga persen wilayah Tepi Barat dan berkembang menjadi 18 persen pada tahun 1999. Di Area A, Pemerintah Otoritas Palestina mengendalikan sebagian besar urusan.

Area B mewakili sekitar 22 persen wilayah Tepi Barat. Di kedua wilayah tersebut, meski PA bertanggung jawab atas pendidikan, kesehatan dan ekonomi, pihak Israel memiliki kontrol penuh atas keamanan eksternal, yang berarti mereka memiliki hak untuk masuk kapan saja.

Area C mewakili 60 persen wilayah Tepi Barat. Di bawah Kesepakatan Oslo, kendali atas wilayah ini seharusnya diserahkan kepada PA. Namun, Israel tetap memegang kendali penuh atas semua hal, termasuk keamanan, perencanaan, dan pembangunan. Pengalihan kendali kepada PA tidak pernah terjadi.

Peta masa kini...

8. Peta masa kini dan kondisi demografi

Seberapa luas wilayah Palestina dan Israel?

Jika digabungkan, luas wilayah Palestina dan Israel adalah 26.790 km2. Luasnya hampir sama dengan luas negara bagian Hawaii di Amerika Serikat (28.313 km2), Negara bagian Hawaii di Amerika Serikat (28.313 km2), negara Karibia Haiti (27.750 km2) atau Albania di Eropa (28.748 km2). 

Di sisi Palestina, wilayah yang diduduki yang meliputi Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem Timur memiliki luas permukaan 6020 km2

Israel memiliki luas wilayah 20.770 km2 berdasarkan batas-batas Garis Hijau yang diakui secara internasional.

Wilayah Palestina yang diduduki

Wilayah Palestina yang diduduki telah berada di bawah kendali militer Israel sejak tahun 1967. Hal ini menjadikannya sebagai pendudukan terpanjang dalam sejarah modern. Wilayah yang diduduki meliputi Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur.

Jalur Gaza adalah wilayah pesisir kecil yang berbatasan dengan Mesir di sebelah selatan. Wilayah ini merupakan rumah bagi dua juta orang Palestina.

Tepi Barat adalah daerah berbentuk kacang merah di sebelah timur. Wilayah ini terletak di sebelah barat tepi Sungai Yordan yang menjadi asal muasal namanya. Yerusalem Timur terletak di sisi Palestina dari Garis Hijau 1949. Tiga juta orang Palestina tinggal di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Pemukiman Israel

Permukiman Israel adalah komunitas Yahudi yang dibangun di atas tanah Palestina. Ada antara 600.000 - 750.000 pemukim Israel yang tinggal di setidaknya 250 pemukiman (130 resmi, 120 tidak resmi) di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki.

Permukiman Israel adalah ilegal menurut hukum internasional karena melanggar Konvensi Jenewa Keempat, yang melarang negara pendudukan untuk memindahkan penduduknya ke wilayah yang didudukinya.

Pada tahun 2019, di bawah kepresidenan Donald Trump, AS menyatakan bahwa permukiman Israel di tanah Palestina yang diduduki "belum tentu ilegal", sebuah perubahan dramatis dari kebijakan AS selama beberapa dekade.

Pertumbuhan pemukim Israel

Populasi pemukim Israel di Tepi Barat dan Yerusalem Timur tumbuh dengan laju yang lebih cepat daripada populasi Israel. Sekitar 10 persen dari 6,8 juta penduduk Yahudi Israel tinggal di wilayah Palestina yang diduduki.

Meskipun berada di luar wilayah Israel, para pemukim ini diberikan kewarganegaraan Israel dan menerima subsidi pemerintah yang secara signifikan menurunkan biaya hidup mereka.

Pada tahun 2020, tercatat 463.535 pemukim yang tinggal di Tepi Barat dan 220.200 di Yerusalem Timur.

Tembok pemisah

Sejak tahun 2002, Israel telah membangun tembok pemisah yang membentang sepanjang lebih dari 700 kilometer.

Israel mengatakan bahwa tembok itu untuk tujuan keamanan. Namun, alih-alih mengikuti batas tahun 1967 yang diakui secara internasional, yang dikenal sebagai Garis Hijau, 85 persen dari tembok tersebut berada di Tepi Barat. Hal ini sangat membatasi kebebasan bergerak warga Palestina.

Pos-pos pemeriksaan Israel

Ada lebih dari 700 rintangan jalan di Tepi Barat, termasuk 140 pos pemeriksaan. Pos-pos pemeriksaan ini semakin membatasi pergerakan warga Palestina. Sekitar 70.000 warga Palestina dengan izin kerja Israel melintasi pos-pos pemeriksaan ini dalam perjalanan mereka sehari-hari.

Kamp-kamp pengungsi Palestina

Terdapat 1,5 juta pengungsi Palestina yang tinggal di 58 kamp resmi PBB yang terletak di seluruh Palestina dan negara-negara tetangga. Secara keseluruhan, ada lebih dari lima juta pengungsi Palestina yang terdaftar yang sebagian besar tinggal di luar kamp-kamp ini. Penderitaan pengungsi Palestina merupakan masalah pengungsi terpanjang yang belum terselesaikan di dunia.

Sejarah pencaplokan Israel ...

 

Sejarah pencaplokan Israel

Israel telah mencaplok dua wilayah secara sepihak di masa lalu.

Yerusalem Timur (1980)

Israel menduduki Yerusalem Timur pada akhir Perang 1967. Pada tahun 1980, Israel mengesahkan undang-undang yang menegaskan aneksasi Yerusalem Timur.

Dataran Tinggi Golan (1981)

Israel secara sepihak mencaplok Dataran Tinggi Golan Suriah pada tahun 1981.

Israel menggunakan istilah "menerapkan kedaulatan Israel" atas wilayah-wilayah yang telah dicaploknya. Pencaplokan dan penaklukan wilayah adalah tindakan ilegal menurut hukum internasional. Pada tahun 2019, Amerika Serikat mengakui pencaplokan Dataran Tinggi Golan oleh Israel. AS merupakan satu-satunya negara di dunia yang melakukannya.

Yerusalem - kota yang terbagi

Menurut standar internasional, Yerusalem adalah kota yang terbagi. Yerusalem Barat telah menjadi wilayah Israel sejak 1948, dan orang Yahudi adalah mayoritas. Yerusalem Timur memiliki mayoritas penduduk Palestina dan diduduki oleh Israel pada tahun 1967. Sejak pencaplokannya pada tahun 1980, Israel menganggap seluruh kota Yerusalem sebagai bagian dari wilayahnya. Hal ini tidak diakui secara internasional. Karena alasan ini, peta Israel tidak menunjukkan Yerusalem Timur sebagai bagian dari Tepi Barat yang diduduki.

Kota Tua Yerusalem

Kota Tua, yang terletak di Yerusalem Timur, merupakan rumah bagi beberapa situs tersuci dalam agama Islam, Yahudi, dan Kristen. Pada tahun 1981, tempat ini ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Area yang luasnya kurang dari satu kilometer persegi (0,6 mil) ini merupakan rumah bagi Kompleks Masjid Al-Aqsa, Tembok Barat, Katedral St James, dan Gereja Makam Kudus.

Masjid Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa adalah seluruh kompleks yang terdiri dari Masjid al-Qibli (kubah abu-abu) dan Kubah Batu (kubah emas).

Kompleks ini dikenal oleh umat Muslim sebagai al-Haram al-Sharif dan oleh umat Yahudi sebagai Temple Mount. Luas kompleks ini setara dengan 20 lapangan sepak bola.

Dataran Tinggi Golan yang diduduki

Pada tahun 1967, Israel merebut 70 persen Dataran Tinggi Golan Suriah dan mendudukinya sejak saat itu. Pada tahun 1974, pasukan pengamat PBB dibentuk untuk menjaga gencatan senjata antara Israel dan Suriah. Pada tahun 1981, Israel secara sepihak mencaplok wilayah tersebut.

Pada tahun 2019, AS menjadi satu-satunya negara yang mengakui pencaplokan Israel atas tanah tersebut.

Lembah Yordan

Lembah Yordan mencakup 30 persen wilayah Tepi Barat dan merupakan setengah dari lahan pertaniannya.

Jalur tanah subur sepanjang 105 km ini menghubungkan Tepi Barat dengan Yordania. Lembah Yordan adalah titik terendah di Bumi. Di dalamnya terdapat Laut Mati, yang berada 790 meter di bawah permukaan laut.

Lembah ini merupakan rumah bagi 65.000 warga Palestina dan 11.000 pemukim ilegal Israel.

Peta aneksasi baru...

Peta Aneksasi Baru

Peta Konsep Trump dan Versi Netanyahu

Peta konseptual Trump diusulkan pada tanggal 28 Januari 2020, Presiden AS Donald Trump secara resmi mengumumkan Rencana Timur Tengah untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung selama tujuh dekade. Dia memuji rencana tersebut sebagai "kesepakatan abad ini".

Sementara menurut peta yang dipresentasikan oleh Netanyahu pada tahun 2019, wilayah yang akan dicaplok terdiri dari 95 persen Lembah Yordan yang mencakup setidaknya 22 persen dari Tepi Barat.

Sebagai bagian dari rencana tersebut, ia mempresentasikan sebuah peta konseptual yang memungkinkan Israel untuk mencaplok sebagian besar wilayah Tepi Barat yang diduduki dan memberikan kendali kepada Palestina atas hanya 15 persen dari wilayah historis Palestina.

Aneksasi Lembah Yordan: Trump vs Netanyahu

Menurut pengawas permukiman Israel, Peace Now, wilayah yang direncanakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk dicaplok dari Lembah Yordan lebih luas daripada wilayah yang dipaparkan dalam rencana Trump tahun 2020.

Berdasarkan perhitungan mereka, Israel akan merebut sekitar 1236 km2 lahan dari Lembah Yordan. Menurut peta konseptual Trump yang dipresentasikan pada bulan Januari 2020, Israel akan mencaplok bagian yang lebih kecil dari Lembah Yordan, sekitar 964 km2.

Di manakah warga Palestina saat ini?

Ada sekitar 13 juta penduduk Palestina saat ini, menurut Biro Pusat Statistik Palestina. Sekitar setengah dari populasi Palestina tinggal di wilayah bersejarah Palestina yang meliputi tiga juta di Tepi Barat dan Yerusalem Timur, dua juta di Gaza, dan 1,9 juta warga negara Palestina di Israel. Sebanyak 5,6 juta warga Palestina lainnya tinggal di negara-negara Arab dan 700.000 lainnya tinggal di negara-negara lain di seluruh dunia.

Di manakah orang-orang Yahudi saat ini?

Menurut Biro Pusat Statistik Israel, ada sekitar 14,7 juta orang Yahudi di seluruh dunia saat ini. Dari jumlah tersebut, 6,7 juta tinggal di Israel, 5,7 juta di Amerika Serikat, 450.000 di Prancis, 329.000 di Kanada, 292.000 di Inggris, 180.000 di Argentina, dan 165.000 di Rusia.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler