Penjualan Produk Brand Lokal & UMKM Naik 9 Kali Lipat di Shopee 10.10 Brands Festival

Kolaborasi dimanfaatkan brand lokal dan UMKM guna memperluas jangkauan.

Dok istimewa
Brand lokal & UMKM dalam berkolaborasi bersama Shopee lewat kampanye 10.10 Brands Festival.
Red: Gita Amanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Shopee 10.10 Brands Festival berlangsung hingga 10 Oktober kemarin. Brand lokal & UMKM mengalami peningkatan lebih dari 9 kali lipat di puncak kampanye dibandingkan hari biasa. Hal ini menunjukkan, kampanye bukan hanya menjadi destinasi belanja yang dapat dimanfaatkan oleh pembeli, tetapi juga momentum Brand lokal & UMKM untuk memanfaatkan kolaborasi yang telah dihadirkan guna semakin memperluas jangkauan.

Baca Juga


Head of Brands Management & Digital Product Shopee Indonesia Daniel Minardi mengatakan, segala kampanye yang dimiliki Shopee selalu didasari oleh komitmen untuk senantiasa menjawab permintaan dan kebutuhan seluruh ekosistem Shopee. Sejalan dengan misi #ShopeeAdaUntukUMKM, Shopee sangat senang melihat bagaimana Brand lokal & UMKM bisa bertumbuh dan terbantu oleh hadirnya kampanye 10.10 Brands Festival tahun ini.

"Pengaruh yang dihasilkan melalui kolaborasi Shopee bersama para pelaku usaha turut memberikan dampak positif bagi performa bisnis para Brand lokal & UMKM.Kedepannya, Shopee akan terus menghadirkan berbagai inovasi dan inisiatif yang memberikan manfaat bagi seluruh ekosistem kami,” ujar Daniel.

 

Shopee 10.10 hadirkan kolaborasi perkuat potensi pertumbuhan bisnis Brand lokal & UMKM

Berbagai strategi dan inisiatif terus dihadirkan oleh para Brand lokal & UMKM dalam berkolaborasi bersama Shopee lewat kampanye 10.10 kali ini. Promo spesial, penawaran tanpa henti, serta inovasi Shopee Super Brand Day dari mitra brand yang mempermudah akses pengguna dalam mendapatkan produk, juga turut memberikan eksposur serta jangkauan yang lebih luas bagi brand.

Faktanya, strategi ini membuat Brand lokal & UMKM khususnya pada kategori beauty, home living dan fashion mendapatkan antusiasme yang tinggi serta peningkatan transaksi yang signifikan. Hal ini dikarenakan daya tarik pengguna dalam mencari produk-produk yang ditawarkan dari kategori terfavorit tersebut selama puncak kampanye 10.10 berlangsung.

Keunggulan dan keuntungan berbelanja selama kampanye 10.10 yang dirasakan oleh para pengguna turut memberikan dampak positif bagi mitra brand lokal Paragon Corp dan Somethinc. Mereka merasakan antusiasme yang luar biasa dari pengguna saat memanfaatkan promo spesial selama masa kampanye, khususnya dengan kehadiran penawaran 24 jam saat Super Brand Day di tanggal 27 September.

Tidak hanya itu, bahkan pada puncak kampanye 10.10 Brands Festival, Paragon Corp berhasil mencatatkan peningkatan transaksi hingga 16 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa melalui penjualan produk Wardah, MAKE OVER, Emina dan Kahf.

Selain itu, bertepatan dengan Shopee Super Brand Day Somethinc di 5 Oktober kemarin menjadi momen kolaborasi dalam peluncuran produk terbaru spesial bagi pengguna Shopee melalui dua produk serum glowing eksfoliasi terbaru yaitu Somethinc 5% Mandelic Acid Mild Exfoliating Serum dan 10% Lactic + Glycolic Peeling Serum yang menjadi favorit pengguna. Pada puncak kampanye 10.10 lalu, transaksi Somethinc juga meningkat lebih dari 14 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

Program Ekspor Shopee bantu UMKM jangkau pasar internasional

Kesuksesan Brand lokal & UMKM didukung berbagai inisiatif dan program yang Shopee miliki untuk mengembangkan bisnis, termasuk melalui Program Ekspor Shopee. Selain mencatatkan penjualan di kampanye 10.10 yang sedang berlangsung, Program Ekspor Shopee juga memberikan kesempatan bagi Brand lokal & UMKM untuk memperluas jangkauan produk mereka ke pasar luar negeri dan memberikan peningkatan transaksi ekspor hingga tiga kali lipat di puncak 10.10 dibandingkan hari biasa.

Salah satu brand lokal yang merasakan peningkatan pesanan ekspor selama kampanye 10.10  Brands  Festival  adalah  Kevin  Naftali,  pemilik  usaha  fesyen  bernama Kevas.coOfficial di Tangerang. Usahanya dimulai sejak 2011 dengan produk knitwear yang cukup berbeda dengan produk-produk fesyen pria yang laku di pasaran saat itu. Namun pada tahun 2017, Kevin mulai membaca pasar hingga akhirnya ia menambahkan produk life wear menjadi salah satu produk jualannya dan bergabung bersama Shopee untuk memperluas pasarnya.

Salah satu langkah penting dalam perjalanan Kevas juga adalah bergabung dengan Program Ekspor Shopee di tahun 2019. Dalam satu tahun terakhir, mereka telah berhasil mengekspor produk Kevas ke Asia Tenggara dan Amerika Latin. Kini 25 persen dari omzet Kevas.co berasal dari ekspor bersama Shopee. Bahkan, di puncak kampanye 10.10 Brands Festival, jumlah transaksi ekspor Kevas.co meningkat lima kali lipat dibandingkan hari biasa.

“Keberhasilan Brand lokal & UMKM di 10.10 Brands Festival menjadi penyemangat bagi Shopee untuk terus berinovasi dan menghadirkan berbagai terobosan baru agar pertumbuhan bisnis mereka bisa semakin pesat bersama ekosistem digital,” ujar Daniel.

Unduh aplikasi Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store, dan aktifkan ShopeePay untuk pengalaman belanja lebih nyaman dan praktis.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler