Grainsly, Fast Food Berbahan Sehat yang tak Ingin Disebut Makanan Sehat
Grainsly menawarkan kombinasi rasa crunchy toast, bahan segar, dan rasa enak.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brand fast food dengan konsep sehat yang inovatif, Grainsly mendapatkan perhatian positif dari konsumen dengan sajian produk berbasis whole wheat dan bahan-bahan segar. Pemilik Grainsly, Reffy Nugraha Halim menjelaskan bahwa Grainsly merupakan konsep fast food dengan perbedaan utama dalam penggunaan bahan-bahan segar.
Dengan menggunakan bahan utama dari whole wheat dan roti yang crunchy yang dibuat khusus, Grainsly menawarkan kombinasi antara rasa crunchy toast, bahan-bahan segar, dan cita rasa lezat. Fokus Grainsly adalah pada komunitas, terutama mereka yang menjalani gaya hidup aktif atau sibuk tetapi tetap menginginkan makanan cepat, enak, terjangkau, dan menggunakan bahan-bahan lebih segar.
"Bedanya itu, kalau fast food kan terkesan proses fast food ya, itu kita tuh pake real ingredients pakai fresh food. Jadi ingredients-nya fresh, tapi kita dibalut sama whole wheat. Bread-nya yang crunchy dan itu khusus dibuat, kayaknya satu-satunya di Indonesia deh," kata Reffy kepada wartawan di Bintaro Jaya Xchange Mall 2, Tangerang Selatan, Senin (29/1/2024).
Reffy juga menjelaskan bahwa konsep slim toast terinspirasi dari brand di Denmark yang terkenal dengan rotinya. Melalui proses riset dan pengembangan selama enam bulan, Grainsly menciptakan menu slim toast yang sesuai dengan selera orang Indonesia, yaitu tasty, gurih, crunchy, dan fresh.
Terkait dengan minuman, Grainsly menawarkan smoothies yang mendukung gaya hidup sehat. Meskipun menyadari produknya dapat dikategorikan sebagai makanan sehat, Grainsly tidak ingin dikenal sebagai restoran kesehatan. Mereka ingin dikenal karena kelezatan, inovasi, dan pelayanan yang luar biasa.
"Kita nggak mau dikenal sebagai makanan sehat. Kita mau orang makan kita tuh dengan alasan, eh, enak, Grainsly enak, Grainsly itu inovatif, Grainsly itu tuh kayak peduli sama customer-nya gitu, service-nya yang excellent," ujar Reffy.
Reffy, yang juga memiliki latar belakang dokter umum dan 10 tahun dalam bidang nutrisi, memastikan bahwa meskipun Grainsly tidak menekankan citra makanan sehat, bahan-bahannya tetap berkualitas dengan nutrisi yang baik. Produk Grainsly memperhitungkan kalori dan mempertimbangkan saran dari nutrisionis selama proses riset dan pengembangan.
Grainsly mengejar misi untuk memperkenalkan makanan sehat secara normal dan terjangkau, sehingga menjauh dari stigma bahwa makanan sehat identik dengan mahal. Meskipun memiliki kualitas sehat, Grainsly lebih fokus pada citarasa lezat dan keinginan agar konsumen memilihnya karena kelezatannya, bukan hanya karena nilai gizinya.
Grainsly menemukan pangsa pasar....
Grainsly menemukan pangsa pasar utamanya pada kelompok usia 20-an hingga awal 30-an, terutama mereka yang baru lulus kuliah atau sedang menjalani gaya hidup dewasa muda. Produk unggulan Grainsly yang wajib dicoba antara lain tunacado, spicy tunacado, chick'n cheese, dan beberapa menu smoothies, dengan harga mulai dari Rp 59 ribu.
Meskipun mendapatkan beberapa umpan balik dari pelanggan mengenai tekstur roti, Grainsly tetap fokus pada filosofi slim toast. Grainsly ingin berusaha menjadi solusi bagi mereka yang ingin menikmati hidangan cepat dan lezat, tanpa perlu merasa bersalah.
Roti gandum yang diolah dengan menggunakan mesin press khusus memberikan hasil akhir yang tak hanya garing tetapi juga tetap lembut saat digigit. Slim toast tunacado memiliki kombinasi isian yang membuatnya begitu istimewa.
Dari sajian pesto saus yang memberikan sentuhan rasa segar hingga campuran tuna mayo yang gurih dan creamy ditambah dengan potongan alpukat madu dan tomat segar. Isian yang padat membuat setiap gigitan menghadirkan pengalaman rasa yang memuaskan, dengan kelezatan yang tetap terjaga dan tak langsung meleleh.
Menyadari besarnya permintaan, Grainsly juga meluncurkan varian baru, tunacado spicy, yang menghadirkan sensasi pedas untuk penggemar yang doyan rasa pedas. Dengan tambahan elemen pedas pada menu ini, Grainsly semakin memperluas pilihan bagi pelanggan yang menyukai variasi rasa pada sajian mereka.