Libur Panjang, Wisatawan Padati Pantai Ciletuh Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi

Lokasi pantai menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun luar Sukabumi.

network /Arie Lukihardianti bandung 24jam
.
Rep: Arie Lukihardianti bandung 24jam Red: Partner
Suasana Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi di momen libur panjang, Ahad (11/2/2024).

SUKABUMI--Kawasan Pantai Ciletuh - Palabuhanratu Unesco Global Geopark di Kabupaten Sukabumi dipadati wisatawan pada momen libur panjang 8-11 Februari 2024. Hal itu menunjukkan lokasi itu menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun luar Sukabumi.


Objek wisata yang diserbu wisatawan tersebar di beberapa titik seperti di Pantai Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Data Satpol Airud Polres Sukabumi mencatat bahwa belasan ribu wisatawan membanjiri kawasan pantai CPUGGp.

'' Dari laporan anggota mulai dari Tegalbuleud sampai dengan Cibangban Cisolok disebutkan lokasi itu banyak dikunjungi wisatawan," ujar Kasatpol Airud Polres Sukabumi AKP Tenda Sukendar, Ahad (11/2/2024). Sehingga polisi bersama tim gabungan dari berbagai unsur lainnta sejak Kamis (8/2/2024) hingga Ahad terus melakukan pengawasan dan pengamanan di sejumlah titik wisata.

Tenda menerangkan, jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan CPUGGp pada Kamis sebanyak 2.600 orang, Jumat, (9/2/2024) sebanyak 785 orang, Sabtu, (10/2/2024) sebanyak 5.005 orang, dan Ahad hiingga menjelang sore mencapai 3.975 orang wisatawan. Semuanya tersebar di semua titik destinasi wisata mulai dari Ujung Genteng hingga Cibangban Cisolok.

'' Kalau ditotalkan semuanya mulai dari hari Kamis sampai dengan hari Ahad ini sore hari, jumlah kunjungannya mencapai 12.365 orang," ungkap Tenda. Destinasi wisata yang palimg ramai dikunjungi wisatawan yang berada di wilayah Palabuhanratu yakni pantai RTH Citepus, pantai Citepus Istana Presiden, dan wilayah Cisolok pantai Karanghawu dan pantai Kebun Kalapa Cisolok, Cibangban dan sekitarnya.

Destinasi wisata itu kata Tenda, merupakan ikon di titik wilayah Palabuhanratu dan Cisolok. Sebab, hampir tiap hari atau liburan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sementara wilayah selatan ada Pantai Palangpang dan Pantai Ujunggenteng, dan Cibuaya.

Menurut Tenda, dalam libur panjang kali ini tidak terjadi kecelakaan laut baik terselamatkan ataupun hilang tenggelam. Hal ini karena pihaknya telah melakukan upaya upaya antisipasi sesuai dengan arahan Kapolres Sukabumi, mulai pelaksanaan PAM jalur wisata sejak hari Kamis.

Polres lanjut Tenda, menerjunkan kurang lebih 30 personil yang diterjunkan mulai dari jalur selatan tempat wisata terus Geopark terus wilayah Palabuhanratu, Cikakak dan Cisolok. PAM jalur juga dilakukan dengan melewati ke tempat-tempat wisata, yang didukung oleh satuan lalulintas.n riga nurul iman

sumber : https://bandung24jam.id/posts/286946/libur-panjang-wisatawan-padati-pantai-ciletuh-palabuhanratu-kabupaten-sukabumi
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler