Ubah Logo, BTN Ingin Tampil Lebih Modern dan Adaptif
Perubahan logo ini merupakan refleksi dari transformasi BTN.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN melakukan rebranding dengan meluncurkan logo baru. Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, logo baru merupakan simbol keberhasilan dan komitmen perseroan dalam melanjutkan transformasi menjadi bank yang lebih modern, dan adaptif dalam menghadapi digitalisasi.
"Langkah rebranding ini sejalan dengan transformasi perusahaan untuk menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada 2025," ujar Nixon saat konferensi pers acara HUT ke-74 BTN dan peluncuran logo baru di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Ahad (3/3/2024).
Nixon menyampaikan, perubahan logo ini merupakan refleksi dari transformasi yang telah dilakukan BTN, di antaranya di ranah digital untuk mendukung proses bisnis dan layanannya, serta operasional kantor-kantor cabang yang lebih modern. Dengan brand image yang lebih modern dan kekinian, BTN siap bersaing di level yang lebih tinggi dan menjadi bank pilihan utama bagi nasabah.
"BTN memperkenalkan logo terbaru yang lebih fresh, kekinian, dan mengikuti perkembangan jaman. Wajah baru ini diperlukan untuk mendukung pertumbuhan core business BTN sebagai bank terkemuka dalam pembiayaan perumahan secara berkelanjutan," ucap Nixon.
Nixon menjelaskan logo baru BTN memiliki font atau bentuk tulisan yang menyimbolkan optimisme, dengan rancangan konstruksi yang berani dan dinamis untuk menggambarkan BTN yang modern dan relevan dengan perkembangan zaman. Nixon mengatakan, perseroan menggunakan huruf kecil pada logo Bank BTN melambangkan bank yang mudah didekati dan memahami kebutuhan nasabah, berpartisipasi aktif dalam perjalanan nasabah, dan membantu mencapai tujuan hidup.
"Perseroan berharap dapat menjadi rumah, tempat dimulainya perjalanan hidup. BTN sebagai menjadi one stop financial solution bagi masyarakat untuk bertransaksi tidak hanya dalam hal pembiayaan perumahan, tapi juga beyond mortgage," sambung Nixon.
Nixon melanjutkan, baris merah di atas tulisan "btn" menyimbolkan visi bank yang progresif dan terus melangkah maju. BTN ingin memantapkan posisinya sebagai lembaga keuangan visioner yang konsisten berkembang secara progresif.
"Dengan terus menciptakan inovasi dan solusi melalui ekosistem perumahan, BTN memposisikan dirinya sebagai bank beyond mortgage atau bank yang melayani lebih dari KPR," ucap Nixon.
Sedangkan warna logo, yaitu Dynamic Blue dan Stabilitas Merah, sambung Nixon, mewakili bank yang inovatif dan dinamis dalam upayanya mengembangkan dan menciptakan produk keuangan. Hal ini bertujuan untuS membangun ekosistem keuangan yang inovatif, modern, dan andal.
Secara filosofis, lanjut Nixon, warna Dynamic Blue merupakan warna yang lebih hidup dan segar dibandingkan warna biru lainnya. Warna ini menggambarkan sifat percaya diri dalam menarik masyarakat yang lebih luas di luar batas negara.
"Sedangkan warna stabilitas merah melambangkan stabilitas, mencerminkan kekuatan dan ketahanan institusi yang dibangun melalui pengalaman berharga selama bertahun-tahun," ujar dia.
Selain peluncuran logo, BTN Anniversary Festival 2024 berlangsung sangat meriah dengan sejumlah rangkaian acara seperti BTN Run (5K, 10K, dan Aquathlon) dan Fun Run 3K, Basket 3 on 3, BTN Culinary, dan BTN Soundphoria yang menampilkan Ari Lasso, Gigi, Sammy Simorangkir, Armada, dan Ayu Ting Ting. Dalam rangka menarik lebih banyak masyarakat umum terhadap produk dan layanan BTN, perseroan turut meluncurkan sejumlah penawaran terbaru, yaitu BTN Kita, BTN ATYA.
"BTN berharap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabah dengan menjadi bank pilihan untuk menabung, bertransaksi, dan memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat," kata Nixon.