ASDP Ungkap Biang Kerok Kemacetan 15 Jam di Pelabuhan Merak Kemarin

Ada 19.700 kendaraan yang datang tidak sesuai jadwal keberangkatannya.

Republika/Putra M. Akbar
Pemudik duduk diatas mobil saat mengantre untuk memasuki kapal ferry di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Ahad (7/4/2024). H-3 Lebaran 2024 Pelabuhan Merak masih ramai dari pemudik mobil yang menanti sejak dini hari untuk menaiki kapal Ferry yang akan mengantarkannya ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Meskipun tiket keberangkatan di Pelabuhan Merak sudah habis terjual para pemudik mobil tetap dapat melakukan keberangkatan yang dialihkan melalui Pelabuhan Ciwandan.
Red: Lida Puspaningtyas

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengevaluasi layanan pada puncak arus mudik lebaran di Merak, Banten. Menurutnya, sesuatu perlu dilakukan terhadap 32 persen pengguna jasa agar layanan feri dapat menjadi lebih baik saat trafik tinggi.

Baca Juga


Kata Ira, antrean pengguna jasa feri di Pelabuhan Merak pada puncak arus mudik, Sabtu (6/4/2024) malam, terdiri atas 19.700 kendaraan yang datang tidak sesuai jadwal dan sekitar 22.300 kendaraan yang datang sesuai jadwal pada tiket.

"Mungkin teman-teman bisa bayangkan, ini mirip ketika di jalan tol ada yang tidak punya kartu uang elektronik. Kalau tidak dilayani maka di belakangnya akan berefek yang berantai, panjang, menjadi ketidaknyamanan yang lebih panjang. Maka kami harus melakukan sesuatu," kata Ira kepada awak media dalam konferensi pers di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (9/4/2024).

Ira mengatakan mau tidak mau ke depan level pelayanan yang diberikan ASDP di Cabang Merak, Banten, kepada 68 persen pengguna jasanya yang sudah datang sesuai jadwal pada tiketnya, harus berubah.

"Kalau 19.700 kendaraan dalam satu hari, maka tentu saja Service Level Agreement (SLA) atau level pelayanan kami menjadi berubah, waktu tunggunya menjadi sangat panjang. Dengan demikian kami akan evaluasi," kata Ira.

Di Merak, kuota penjualan tiket yang ditetapkan ASDP sehari-hari hanya 24 ribu sampai 25 ribu kendaraan. Tapi total pemudik yang menyeberang pada H-4 lebaran, Sabtu, hampir dua kali lipatnya, yaitu sekitar 42 ribu. Karena 19.700 kendaraan, terjadi stretching capacity.

"Dengan demikian tantangannya adalah stretching capacity yang banyak sekali. Dibandingkan 2023 yang sekitar 38 ribu saja, maka satu hari yang menyeberangkan tertinggi adalah di musim angkutan lebaran tahun ini," kata Ira.

Untuk kebaikan bersama, saat itu seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) Pelabuhan Merak dan Ciwandan, termasuk regulator yaitu Pemda dan Polda, memutuskan 19.700 kendaraan itu diseberangkan.

Kemudian mengoperasikan 47 kapal hilir-mudik Merak-Bakauheni di Banten, menerapkan skema-skema pengaturan keberangkatan untuk mengurai kepadatan yang terjadi di dermaga pelabuhan, dan lain-lain.

"Tetapi dengan catatan, ada level pelayanan yang menjadi berkurang ya. Seharusnya menunggunya tidak selama ini," kata Ira.

Kepadatan pun akhirnya terurai, sehingga Senin (8/4/2024) kemarin, pelabuhan dalam keadaan lengang. Operasinya sangat sepi dibandingkan dua hingga tiga hari sebelumnya.

Ke depan, Ira meminta pemudik yang sekarang sudah berada di kampung halaman segera membeli tiket balik mulai sekarang dan mengatur ulang jadwal keberangkatannya.

Dengan demikian pada saat arus balik nanti, stretching capacity di pelabuhan tidak sebesar saat arus mudik dan perjalanan pulang ke Pulau Jawa menjadi lebih nyaman dibandingkan saat keberangkatan.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler