Workshop Cinematic Video Product: Kolaborasi Universitas BSI dan P4 Jakarta Barat

Dalam workshop diungkap pencahayaan membuat perbedaan besar dalam kualitas video

dok UBSI
Pelatihan bidang teknologi informasi-multimedia bertajuk Workshop Digital Kreatif dengan tema Explore Your Creativity, berlangsung Kamis, 2 Mei 2024 sukses dilaksanakan di Lab Komputer Universitas BSI kampus Dewi Sartika B.
Red: Ichsan Emrald Alamsyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatihan bidang teknologi informasi-multimedia bertajuk Workshop Digital Kreatif dengan tema “Explore Your Creativity”, berlangsung Kamis, 2 Mei 2024 sukses dilaksanakan di Lab Komputer Universitas BSI kampus Dewi Sartika B. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dengan Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan (P4) Jakarta Barat. 


Hadir sebagai narasumber Robi yang menyampaikan materi tentang cinematic video product. Robi mengatakan mencapai tampilan profesional lebih banyak tentang teknik daripada alat, jadi tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk peralatan mahal, bisa membuat video yang bagus dengan apa pun yang ada, hanya dengan memperhatikan beberapa detail Utama.

“Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas video dengan cara gunakan banyak cahaya. Pencahayaan membuat perbedaan besar dalam kualitas video profesional yang sudah jadi,” tutur Robi.

Robi menyampaikan Matahari merupakan salah satu sumber cahaya terbaik untuk video. Jika merekam dalam cahaya alami, lakukan yang terbaik untuk mendapatkan rekaman di pagi atau sore hari, ketika cahaya lebih lembut.

“Jika membuat film di dalam ruangan, harus lebih teliti tentang jenis lampu yang digunakan dan menempatkannya. Satu hal yang harus dihindari adalah pencahayaan di atas kepala, ini dapat menimbulkan bayangan yang tidak menarik pada wajah subjek. Jendela merupakan sumber cahaya alami yang baik, selain itu dapat menggunakan satu atau dua lampu besar untuk menerpakan jenis cahaya yang diinginkan,” papar Robi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler