Sejumlah Perumahan di Kuningan Mengalami Krisis Air Bersih

Bahkan, sejumlah sumur artesis yang berada di sekitar lokasi perumahan warga, juga tidak dapat mengeluarkan air.

network /udang bago
.
Rep: udang bago Red: Partner
Salah satu sumur milik warga yang mengalami kering akibat terdampak musim kemarau. (Dok. Republika)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Bulan-April-Oktober identik dengan musim kemarau. Kondisi itu pula yang mulai dirasakan oleh sebagian warga di Kabupaten Kuningan, Jabar dalam beberapa pekan terakhir.


Sulitnya mendapatkan air bersih ini disarakan oleh warga yang berada di daerah permukiman padat penduduk. berbagai upaya pun tersus dilakukan warga untuk mendapatkan air bersih guna kepeluan mandi, cucui, dan kakus (MCK).

Bahkan, sejumlah sumur artesis yang berada di sekitar lokasi perumahan warga, juga tidak dapat mengeluarkan air. sekalipun telah dilakukan pengeboran lebih dalam. Akan tetapi, masih belum mengeluarkan sumber mata air.

Salah satu perumahan yang mengalami krisis air brsih itu berada di Perumahan Grand Amelia Desa Kadungarum, Kecamatan Kuningan. "Sumur artesis di sini masih belum bisa mengeluarkan air," ujar Evi Nurhayati (56 tahun).

Karena itu, kata dia, dirinya terpaksa membeli air bersih dari luar lokasi perumahan untuk kebutuhan mandi dan memenuhi kebutuhan sehari-hari lainnya. Untuk itu pula, dia dan juga warga lainnya berharap ada campur tangan dari pemerintah untuk membatu warga memperoleh air bersih.

Mengantisipasi hal itu, Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan pun bertindakcepat dengan mendistribusikan sebanyak 3.500 liter air bersih guna memenuhi keperluan warga perumahan itu.

"Ada laporan warga, jika sumur artesis di perumahan mengering. Karenanya, untuk menanggulangi hal tersebut, kita telah menerjunkan 3 anggota piket dari regu 3 dengan menggunakan mobil tengki air bersih," papar Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan Andri Arga Kusumah yang ditemui wartawan, Senin (20/5/2024). n Agus Yulianto

sumber : https://matapantura.republika.co.id/posts/307980/sejumlah-perumahan-di-kuningan-mengalami-krisis-air-bersih
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler