Kendaraan 'Canggih' Israel Diledakkan di Gaza, Delapan Tentara IDF  Tewas

Keluarga tentara IDF yang tewas mendesak serangan ke GAza dihentikan.

AP Photo/Ariel Schalit
Kendaraan pengangkut personel (APC) Namer Israel menuju perbatasan Jalur Gaza di Israel selatan pada Jumat, 13 Oktober 2023.
Red: Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Pejuang Palestina mengumumkan operasi penghancuran satu unit kendaraan pengangkut personel (APC) Namer, yang diklaim Israel sebagai kendaraan tercanggih dan terkuat di dunia. Pasukan Penjajahan Israel (IDF) mengakui delapan tentara mereka tewas akibat serangan pada Sabtu pagi itu.

Baca Juga


Jalannya serangan itu dilaporkan secara berbeda antara pejuang Palestina dan markas IDF. Kendati demikian, hasilnya sama.

Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap militer Hamas melansir, pada pagi hari di Hari Arafat, mereka melakukan penyergapan yang rumit terhadap kendaraan Israel yang menembus kawasan lingkungan Saudi di Tal al-Sultan, sebelah barat kota Rafah. Kabin buldoser militer D9, menurut kelompok Perlawanan, menjadi sasaran peluru al-Yassin 105, menyebabkannya terbakar dan mengakibatkan korban jiwa di antara awaknya. 

Segera setelah kedatangan pasukan penyelamat, sebuah APC Namer menjadi sasaran peluru al-Yassin 105, yang menyebabkan kehancurannya dan terbunuhnya seluruh awaknya. Namun, menurut laporan media Israel, delapan tentara Israel tewas terbakar dalam serangan yang menargetkan APC tipe Namer di Rafah. 

Perlu dicatat bahwa Namer APC adalah salah satu kendaraan lapis baja paling canggih dan jika dibandingkan dengan kendaraan kelas yang sama secara internasional. APC ini didasarkan pada sasis tank tempur utama Merkava 4, menggantikan kendaraan M113 Amerika yang jauh lebih ringkih. 

Seorang pakar militer dan politik, Ahmad Abdul-Rahman, mengatakan kepada Almayadeen bahwa serangan kemarin membayangi “operasi penjajah di Rafah dan seluruh Jalur Gaza.” Abdul-Rahman menjelaskan bahwa militer Israel sekarang akan mempertimbangkan secara ekstensif setiap upaya militer di lingkungan strategis al-Sultan. 

Koresponden Almayadeen di Jalur Gaza melaporkan bahwa konfrontasi intens telah berlangsung sejak Jumat malam di wilayah tersebut. Brigade al-Qassam sejauh ini mengumumkan dua operasi, termasuk serangan roket ke situs militer Kissufim. Brigade juga menembakkan granat berpeluncur roket (RPG) tandem al-Yassin yang diproduksi secara lokal ke buldoser D9 kelas militer Israel di al-Sultan.


The Times of Israel melansir, kejadian kemarin menandai insiden paling mematikan bagi IDF di Gaza sejak Januari. Dari delapan yang tewas, hanya satu yang disebutkan namanya pada Sabtu sore, yakni  Wassem Mahmoud (23) seorang wakil komandan kompi di Batalyon 601 Korps Teknik Tempur. 

Menurut penyelidikan awal IDF, semua pasukan tewas di dalam kendaraan rekayasa tempur lapis baja (CEV) Namer. Para prajurit tersebut sedang melakukan konvoi sekitar pukul 05.00 pagi pada Sabtu setelah semalam melakukan operasi di wilayah barat laut lingkungan Tel Sultan di Rafah. Konvoi tersebut menuju ke gedung-gedung yang direbut tentara untuk beristirahat setelah operasi semalam.

Namer yang diledakkan adalah kendaraan kelima atau keenam dalam konvoi tersebut, dan pada suatu saat, terkena ledakan besar. Menurut IDF, belum jelas apakah kendaraan tersebut terkena bom yang ditanam sebelumnya atau apakah pejuang telah mendekati kendaraan tersebut dengan membawa alat peledak dan langsung meletakkannya di CEV. IDF agaknya enggan mengakui bahwa kendaraan canggih mereka itu bisa dihancurkan oleh persenjatan perlawanan.

Penyelidikan... baca halaman selanjutnya

 

Militer Israel juga menyelidiki kemungkinan bahan peledak yang disimpan di luar CEV berkontribusi terhadap ledakan besar tersebut. Biasanya, ranjau dan bahan peledak lainnya yang disimpan di luar CEV tidak akan menyebabkan cedera pada pasukan di dalam jika diledakkan.

Tidak ada baku tembak di tengah insiden tersebut, dan kendaraan tidak berhenti ketika ledakan terjadi, demikian temuan penyelidikan. CEV yang hancur itu kemudian ditarik ke lokasi yang aman di Jalur Gaza. 

Kematian delapan tentara IDF kemarin mereka menambah jumlah korban tentara IDF yang terbunuh dalam serangan darat melawan Hamas dan di tengah operasi di sepanjang perbatasan Gaza menjadi 307 orang. Seorang petugas polisi tewas dalam operasi penyelamatan sandera pekan lalu, dan seorang kontraktor sipil Kementerian Pertahanan juga tewas dalam operasi penyelamatan sandera. 

Kendaraan pengangkut personel (APC) Namer Israel menuju perbatasan Jalur Gaza di Israel selatan pada Jumat, 13 Oktober 2023. - (AP Photo/Ariel Schalit)

Sebelum serangan kemarin, insiden paling mematikan bagi IDF di Gaza terjadi pada Januari, yang mana 21 tentara tewas dalam ledakan menyusul tembakan RPG Hamas yang meruntuhkan dua bangunan. Media Israel juga memberitakan bahwa pertempuran sengit telah terjadi di kawasan Rafah sejak siang hari, di tengah sensor media mengenai hasil pertempuran tersebut.

Setelah tewasnya delapan tentara Israel, keluarga para tahanan dan tentara yang tewas di Israel  menuntut diakhirinya perang sebagai bagian dari kesepakatan yang akan mengembalikan semua sandera, menurut Israel Broadcasting Corporation. Keluarga para tahanan dan tentara yang tewas menegaskan bahwa kelanjutan perang akan menambah hilangnya nyawa para tahanan dan tentara. “Anak-anak kami dibunuh dan pemerintah menelantarkan mereka, namun ada sandera yang bisa diselamatkan,” kata mereka.

Pada bulan Mei, orang tua dari lebih dari 900 tentara Israel yang ditempatkan di Gaza menandatangani surat yang mendesak militer untuk menghentikan serangan yang sedang berlangsung di Rafah, dan menyebutnya sebagai “perangkap mematikan” bagi anak-anak mereka. “Terbukti bagi siapa pun yang memiliki akal sehat bahwa setelah berbulan-bulan peringatan dan pengumuman mengenai serangan ke Rafah, ada kekuatan di sisi lain yang secara aktif bersiap untuk menyerang pasukan kami,” demikian isi surat yang dikirim pada 2 Mei.

Putra-putra kami kelelahan secara fisik dan mental,” tambah surat itu, yang ditujukan kepada menteri pertahanan, Yoav Gallant, dan kepala staf IDF, Letjen Herzi Halevi. “Dan sekarang, kamu berniat mengirim mereka ke situasi berbahaya ini? … Tampaknya ini hanyalah sebuah kecerobohan.” 

Polisi Israel membubarkan pengunjuk rasa menentang pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat aksi menyerukan pembebasan sandera yang ditahan di Jalur Gaza oleh kelompok militan Hamas, di Tel Aviv, Israel, Sabtu, 8 Juni 2024. (Foto AP/Ohad Zwigenberg) - (AP/Ohad Zwigenberg)

Meningkatnya jumlah korban pertempuran juga terjadi di tengah perdebatan sengit seputar isu siapa yang bertugas di militer. Bulan lalu, mahkamah agung Israel memerintahkan diakhirinya subsidi pemerintah bagi banyak pria ultra-Ortodoks yang tidak bertugas di militer. Namun, pemerintahan Benjamin Netanyahu – yang sangat bergantung pada partai ultra-Ortodoks – pekan lalu menyetujui undang-undang baru yang memberikan pengecualian bagi umat beragama. 

Meskipun pemungutan suara pertama hanya bersifat prosedural, namun hal ini menimbulkan keributan karena disetujuinya pemilu tersebut dalam perang yang menewaskan ratusan tentara dan banyak lainnya yang masih berada di Gaza atau di garis depan melawan militan Hizbullah di Lebanon. 

Hal ini mendorong munculnya surat terbuka kedua minggu lalu dari keluarga tentara tempur yang ditujukan kepada Gallant dan Halevi. Dalam surat tersebut keluarga tersebut mengatakan bahwa mereka meminta “anak-anak mereka yang berperang” untuk “menghentikan pertempuran sekarang juga, meletakkan senjata mereka dan segera kembali ke rumah,” sambil menambahkan: “Kami tidak akan mengorbankan anak-anak kami di atas altar korupsi publik.”

Dijebak di bangunan... baca halaman selanjutnya

Perlawanan pejuang Palestina di Jalur Gaza masih terus berlangsung di tengah bombardir tanpa henti pasukan penjajahan Israel (IDF). Dua grup pasukan penjajah disebut kembali jadi sasaran jebakan bom di Jalur Gaza, seperti diumumkan pada Jumat malam pekan lalu.

Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap militer Hamas, mengumumkan semalam bahwa para pejuangnya mampu meledakkan sebuah rumah dan terowongan dengan bahan peledak d, di al-Zaytun di Kota Gaza. Operasi itu diklaim menewaskan sejumlah pasukan dan membuat lainnya terluka.

Al-Qassam mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka meledakkan sebuah rumah yang telah dipasangi jebakan, setelah sebuah pasukan membarikade diri di dalamnya, di sebelah timur lingkungan Al-Zaytoun. Mereka menambahkan bahwa pejuangnya melihat helikopter Black Hawk mendarat di sekitar rumah untuk mengevakuasi korban luka dan tewas.


Al-Qassam juga mengumumkan bahwa para pejuangnya mampu meledakkan lubang terowongan yang telah dipasangi jebakan oleh pasukan Israel, membunuh dan melukai anggotanya, di sebelah timur al-Zaytun di Kota Gaza. Brigade Al-Qassam juga mengatakan bahwa mereka menargetkan kumpulan pasukan pendudukan yang menembus timur lingkungan Al-Zaytun dengan mortir 120 mm.

Kemarin, Kamis, Al-Qassam menyiarkan adegan yang dikatakannya menunjukkan pihaknya membom pasukan pendudukan yang memasuki wilayah timur lingkungan Al-Zaytun dengan mortir. Al-Qassam juga mengatakan bahwa pihaknya juga menargetkan pasukan musuh yang ditempatkan di selatan dan barat daya lingkungan Tal Al-Sultan di kota Rafah, selatan Jalur Gaza, dengan mortir.

Diumumkan juga bahwa tank Merkava Israel menjadi sasaran misil Al-Yassin 105 di Tal Al-Sultan, sebelah barat kota Rafah. Sebelumnya, Brigade Al-Qassam mengumumkan dalam video pendek terbunuhnya dua tahanan Israel dalam pemboman Israel di kota Rafah beberapa hari lalu.

Selama lebih dari delapan bulan, Israel melanjutkan perangnya di Gaza. Menurut Aljazirah Arabia, para ahli internasional menggambarkan perang pemusnahan, yang menyebabkan 37 ribu lebih orang menjadi syuhada dan puluhan ribu lainnya terluka. Serangan Israel juga menghancurkan sekitar 70 persen infrastruktur sipil, termasuk rumah, sekolah, dan rumah sakit. Israel terus melakukan serangan meskipun terdapat beberapa resolusi internasional dari Dewan Keamanan PBB dan Mahkamah Internasional untuk menghentikan operasi militer.

Ini bukan kali pertama pasukan Israel dijebak di rumah dan diledakkan. Baru sepekan lalu, Brigade al-Qassam mengumumkan bahwa para pejuangnya mampu meledakkan sebuah rumah jebakan tempat pasukan Israel bersembunyi di kamp Shabura di kota Rafah, selatan Jalur Gaza. Serangan itu disebut membunuh dan melukai anggota IDF.

Pasukan penjajahan Israel mengakui empat  tentara Israel tewas akibat ledakan di sebuah bangunan jebakan di Rafah, Gaza selatan pada Senin (10/6/2024) itu. Salah satu yang tewas disebut adalah komandan kompi dari Brigade Givati.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler