Ada Kucing Berbulu Harimau, Infonya di Kalimantan

Kucing berbulu harimau ini menarik perhatian pengguna internet.

Twitter
Kucing berbulu harimau.
Red: Erdy Nasrul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengguna media sosial dikejutkan dengan kemunculan anak kucing berbulu harimau. Warnanya loreng jingga berpadu dengan hitam, seperti warna seragam ormas tertentu. Anak kucing itu tergolong jinak, berjalan di suatu kawasan bertanah yang kemudian digendong seorang warga.

Baca Juga


Kucing tersebut masih anak-anak. Tidak melawan saat diambil. Kemudian ketika diangkat, tampak bagian tubuhnya yang mungil menampakan warna loreng jingga dan hitam. Tidak seperti warna kucing pada umumnya.

Kucing adalah sejenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae. Kata kucing umumnya merujuk kepada kucing yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga bisa merujuk kepada kucing besar seperti singa dan harimau yang juga termasuk jenis kucing.

Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 5.000 tahun sebelum masehi, dengan ditemukannya kerangka kucing di Pulau Siprus. Sejak zaman 3.500 sebelum masehi orang Mesir Kuno telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen.

Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia.[9] Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, dan sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi.

Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran, seperti kucing liar atau kucing kampung. Kucing juga merupakan jenis hewan peliharaan yang banyak diminati karena tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan.

Penciptaan kucing

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Para pecinta binatang tengah merayakan Hari Kucing se-Dunia yang jatuh setiap 8 Agustus setiap tahun. Perayaan hari kucing diinisiasi sejak 2002 oleh International Fund for Animal Welfare. Tujuannya, untuk meningkatkan kesadaran terhadap kucing dan mempelajari cara-cara untuk membantu dan melindungi mereka.

Kucing juga merupakan binatang populer di Indonesia yang notabene berpenduduk mayoritas Muslim. Dalam ajaran Islam, kucing menjadi salah satu bukti penciptaan Allah SWT di dunia, salah satunya bisa dilihat dari bagian matanya.

Allah telah menciptakan mata kucing dengan pengaturan dan letak yang sesuai dengan makhluk-Nya. Dalam salah satu ayat, Allah berfirman tentang kesempurnaan ciptaannya.

Dia–lah Allah yang menciptakan, yang mengadakan, yang membentuk rupa, Dia memiliki nama – nama yang indah, apa yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepada – Nya. Dan Dialah yang Maha perkasa lagi Maha bijaksana. ( QS. Al – Hasyr 24 )

Kucing dapat dengan mudah membedakan warna hijau, biru dan merah. Walaupun begitu, kelebihan sebenarnya dari mata kucing adalah agar dapat melihat di malam hari. Kelopak mata kucing terbuka pada malam hari, ketika terkena sedikit cahaya, lapisan mata yang disebut iris membuat pupil mata membesar ( hampir 90% mata ). Mereka pun lebih mudah melihat cahaya. Pada saat mendapat cahaya yang lebih terang, sistem bekerja berlawanan untuk melindungi retina, pupil mengecil dan berubah menjadi garis tipis.

Ada sebuah lapisan yang tidak terdapat pada mata manusia. Lapisan ini berada di belakang retina, berfungsi sebagai penerima cahaya. Ketika cahaya jatuh di lapisan ini langsung di pantulkan kembali, cahaya lewat dua kali melalui retina. Oleh karena itu, kucing dapat melihat dengan mudah di saat cahaya hanya sedikit. Bahkan di saat gelap, di saat mata manusia tidak dapat melihat. Lapisan ini juga lah yang menyebabkan kenapa mata kucing bersinar di malam hari.

Lapisan ini disebut Kristal tapetum lucidum yang dapat memantulkan cahaya. Berkat kistal ini, cahaya yang jatuh di belakang mata di pantulkan kembali ke retina. Beberapa cahaya yang di pantulkan kembali ke lensa, sehingga mata bersinar. Berkat struktur ini, jumlah cahaya yang diterima mata meningkat sehingga bisa melihat dalam kegelapan. Oleh Karena itu, kucing bisa melihat lebih baik dalam gelap. Ini bukanlah bentuk dari bio-luminescence, sebab binatang tidak menghasilkan cahaya, melainkan hasil dari pemantulan.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler