Kanada Terapkan Tarif Bea Masuk 100 Persen Terhadap Mobil Listrik China

Impor mobil listrik dari China ke Kanada naik 460 persen.

REUTERS
Pengunjung berjalan melewati Cybertruck Tesla yang dipamerkan di Konferensi Robot Dunia di Beijing, Tiongkok, 21 Agustus 2024.
Red: Firkah fansuri

REPUBLIKA.CO.ID,OTTAWA -- Kanada, mengikuti jejak Amerika Serikat dan Uni Eropa akan mengenakan tarif 100 persen atas impor kendaraan listrik China dan juga mengumumkan tarif 25 persen atas impor baja dan aluminium dari China.

Baca Juga


“Bea masuk tersebut berlaku untuk semua kendaraan listrik yang dikirim dari China, termasuk yang dibuat oleh Tesla,” kata seorang pejabat pemerintah Kanada, Senin (26/8/2024) waktu setempat. Saham Tesla itu ditutup turun 3,2 persen.

Impor mobil Kanada dari China ke pelabuhan terbesarnya, Vancouver, melonjak 460 persen dari tahun ke tahun menjadi 44.356 pada tahun 2023, ketika Tesla mulai mengirimkan kendaraan listrik buatan Shanghai ke Kanada.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan Ottawa bertindak untuk melawan apa yang disebutnya sebagai kebijakan kelebihan kapasitas yang disengaja dan diarahkan oleh negara China. "Saya pikir kita semua tahu bahwa China tidak bermain dengan aturan yang sama," katanya kepada wartawan. Tarif akan diberlakukan mulai 1 Oktober.

"Yang penting tentang ini adalah kita melakukannya secara selaras dan paralel dengan ekonomi lain di seluruh dunia," kata Trudeau di sela-sela pertemuan kabinet tertutup selama tiga hari di Halifax, Nova Scotia.

Kedutaan Besar Tiongkok di Kanada menyebut langkah itu "proteksionis" dan "tindakan yang dominan secara politik," seraya menambahkan bahwa Kanada telah mengabaikan aturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

“Tindakan Kanada akan merusak kerja sama ekonomi dan perdagangan normal antara kedua negara dan merugikan konsumen dan perusahaan Kanada,” kata juru bicara kedutaan dalam sebuah pernyataan yang dirilis Senin malam.

"Pemerintah Kanada bersikeras mengumumkan tarif pada kendaraan listrik Tiongkok tanpa menghiraukan keberatan dan pernyataan serius Tiongkok," kata juru bicara itu.

"Tiongkok mendesak Kanada untuk menghormati fakta objektif, mematuhi aturan WTO, segera memperbaiki praktiknya yang keliru, dan menahan diri dari mempolitisasi masalah ekonomi dan perdagangan."

Tiongkok adalah mitra dagang terbesar kedua Kanada, meskipun tertinggal jauh di belakang Amerika Serikat.

Tesla tidak mengungkapkan ekspornya dari Tiongkok ke Kanada. Namun, kode identifikasi kendaraan menunjukkan bahwa sedan kompak Model 3 dan model crossover Model Y diekspor dari Shanghai ke Kanada.

"Ini adalah pajak tambahan 100 persen untuk semua kendaraan listrik buatan Tiongkok. Jika perusahaan yang saat ini membuat kendaraan di Tiongkok memilih untuk memindahkan produksi mereka ke negara lain, mereka tidak akan lagi dikenakan tarif ini," kata pejabat pemerintah tersebut.

Tesla tidak segera menanggapi permintaan komentar.

"Menanggapi tarif tersebut, saya berharap Tesla akan mengalihkan logistiknya dan berpotensi mengekspor mobil ke Kanada dari AS," kata Seth Goldstein, ahli strategi ekuitas di Morningstar.

"Pasar kemungkinan bereaksi terhadap tarif dan mempertimbangkan potensi dampak laba jika Tesla harus mengekspor kendaraan ke Kanada dari basis produksinya yang berbiaya lebih tinggi di AS," kata Goldstein mengacu pada penurunan saham.

Uni Eropa melunakkan pendiriannya terhadap Tesla bulan ini ketika mengenakan tarif pada kendaraan listrik impor Tiongkok dan mengenakan tarif sebesar 9 persen untuk Tesla, lebih rendah dari tarif hingga 36,3 persen yang dikenakan pada impor kendaraan listrik Tiongkok lainnya.

“Ottawa akan terus bekerja sama dengan Amerika Serikat dan sekutu lainnya untuk memastikan bahwa pelanggan di seluruh dunia tidak dikenai sanksi yang tidak adil oleh praktik nonpasar negara-negara seperti Tiongkok,” kata Trudeau.

Ottawa sedang mempertimbangkan tindakan hukuman lebih lanjut seperti tarif pada chip dan sel surya, kata Trudeau, tanpa memberikan rincian.

Presiden AS Joe Biden pada bulan Mei mengumumkan penggandaan tarif pada kendaraan listrik Tiongkok menjadi 100 persen, penggandaan bea pada semikonduktor dan sel surya menjadi 50 persen, serta tarif baru sebesar 25 persen pada baterai lithium-ion dan barang-barang strategis lainnya termasuk baja, untuk melindungi perusahaan dari kelebihan produksi Tiongkok.

Ottawa mencoba memposisikan Kanada sebagai bagian penting dari rantai pasokan kendaraan listrik global dan mendapat tekanan dari industri dalam negeri untuk bertindak melawan Tiongkok.

Kanada telah menandatangani kesepakatan senilai miliaran dolar untuk menarik produsen mobil Eropa terkemuka di semua bagian rantai pasokan kendaraan listrik.

"Kami merasa dibenarkan dan termotivasi. Sekarang mari kita mulai mempertahankan pasar kita dengan inovasi dan tekad terbaik Kanada," kata Flavio Volpe, presiden Asosiasi Produsen Suku Cadang Otomotif, melalui email.

Penerapan tarif AS telah ditunda hingga September dan ada kemungkinan bea masuk yang direncanakan akan dilunakkan minggu ini.

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler