Media Arab Soroti Keberhasilan Timnas RI Tahan Imbang Saudi, 'Hasil yang Mengejutkan'

Timnas Arab Saudi dinilai harus memperbaiki diri untuk hadapi 9 laga tersisa.

dok Timnas Indonesia
Ragnar Oratmangoen (kanan) merayakan golnya ke gawang Arab Saudi bersama Witan Sulaeman.
Rep: Thr/Fitriyanto Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi dalam laga Kualifikasi Piala Dunia yang berlangsung di markas Saudi di Jeddah pada Jumat (6/9/2024) dinihari. Tim asuhan Shin Tae-yong berbagi skor 1-1 dengan Arab Saudi yang dilatih oleh Mancini.

Baca Juga


Media Arab Saudi pun memberikan respons atas kemenangan Indonesia. Arab News dalam judul artikelnya menulis bahwa hasil ini mengejutkan.

"Saudi Arabi held to suprise draw by Indonesia in World Cup qualifier (Arab Saudi ditahan imbang secara mengejutkan oleh Indonesia di kualifikasi Piala Dunia)," tulis Arab News.

Indonesia, tulis Arab News, mungkin merupakan tim paling berkembang di Asia dan diperkuat oleh beberapa pemain naturalisasi asal Eropa. Namun mereka datang ke pertandingan dengan berada di peringkat 133 dunia, 77 peringkat di bawah tuan rumah.

Tidak heran bila para pendukung tuan rumah di King Abdullah Sports City mengharapkan sebuah kemenangan yang nyaman.

Namun alih-alih menang, tim tamu justru memimpin terlebih dahulu pada ment ke 19. Ragnar Oratmangoen melakukan tusukan di sisi kanan kotak penalti dan tendangan kerasnya membentur Sandy Walsh dan melewati Mohammed Al-Owais yang tidak berdaya. Arab Saudi baru berhasil menyamakan kedudukan pada tambahan babak pertama. 

Arab News menulis, Arab Saudi harus memperbaiki diri. Masih terdapat sembilan pertandingan tersisa dan dua tempat teratas yang membawa kelolosan otomatis masih dapat diraih, namun awal yang lebih baik seharusnya dapat dilakukan. Di sisi lain, di hari yang gila di Asia, hal ini dapat menjadi lebih buruk.

Rekor buruk

Dari 13 pertemuan dengan Arab Saudi, 10 di antarannya berakhir kekalahan buat Indonesia. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat Arab Saudi merupakan langganan lolos ke Piala Dunia yang berada di peringkat ke 55. Tak jarang skor kekalahan begitu dalam. Oleh karena itu, hasil imbang di Jeddah merupakan torehan cukup baik.

Dalam unggahan di media sosial miliknya, Erick Thohir menulis, Perjuangan tak kenal lelah dari Timnas Indonesia. Poin berharga dari markas Arab Saudi yang berada di peringkat FIFA ke-56 dan langganan tampil di Piala Dunia. #KitaGaruda #GarudaMendunia."

Dengan hasil ini Indonesia dan Arab Saudi sama-sama memiliki nilai satu diposisi 3-4. Pemuncak klasemen grup C Ditempati Jepang yang menang 7-0 atas China.

Posisi kedua diluar dugaan ditempati Bahrain yang menang 1-0 atas Australia. Dengan hasil ini Australia diposisi lima dan China ada di posisi enam.

Pertandingan selanjutnya Indonesia akan menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta pada Selasa (10/9/2024). Hanya dua tim teratas yang lolos ke langsung ke Piala Dunia 2026. Peringkat tiga dan empat grup akan melanjutkan ke babak keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler