Setelah 30 Tahun Beroperasi, McDonald’s Malioboro Yogyakarta Resmi Tutup

Penutupan McDonald's kemungkinan karena masa kontrak yang sudah habis.

REUTERS
Restoran McDonald’s yang ada di Malioboro Mall ditutup pada September 2024 ini. (ilustrasi)
Rep: Silvy Dian Setiawan  Red: Gita Amanda

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Restoran McDonald’s yang ada di Malioboro Mall ditutup pada September 2024 ini. Restoran cepat saji yang berada di Jalan Malioboro tersebut ditutup setelah 30 tahun beroperasi. 

Baca Juga


Berdasarkan data yang dihimpun Republika, restoran tersebut sudah ditutup sejak 12 September 2024. Meski begitu, belum dapat dipastikan secara jelas penyebab restoran itu akhirnya ditutup setelah puluhan tahun beroperasi. 

Dari pantauan di lapangan, pintu restoran McDonald’s sudah tertutup rapat. Bahkan, di sekeliling kaca restoran, sudah dipasang penutup berwarna putih. 

Penutup tersebut bertuliskan ‘Coming Soon’ dan diikuti tulisan ‘New Concept Food and Beverage Store’. Penutup tersebut juga diisi dengan gambar berbagai macam pastry. 

Sudah tidak terlihat tanda-tanda ataupun simbol yang berkaitan dengan McDonald’s terpasang di Malioboro Mall. Ditutupnya restoran cepat saji itu pun menjadi perbincangan warganet di media sosial. 

Seperti akun Instagram @jogjaviral yang mengunggah terkait penutupan McDonald’s. “Ada yang punya kenangan di sini?” tulis akun @jogjaviral seperti yang dilansir Republika, Selasa (17/9/2024). 

“Setelah 30 tahun beroperasi, McDonald’s Malioboro Yogyakarta resmi tutup. Outlet itu terakhir beroperasi pada Kamis (12/9/2024),” lanjut @jogjaviral yang diunggah pada 12 September 2024 kemarin. 

Penutupan restoran McDonald’s di Malioboro Mall disayangkan sejumlah pihak, termasuk Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY. Sebab, restoran cepat saji itu ditutup setelah beroperasi 30 tahun di Malioboro.  

“Ini (penutupan) patut kita sayangkan,” kata Ketua DPD PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono kepada Republika, Selasa (17/9/2024). 

Deddy menuturkan, penutupan tersebut kemungkinan karena masa kontrak yang sudah habis. Dengan begitu, kontrak dengan pihak Malioboro Mall tidak dilanjutkan kembali oleh restoran cepat saji itu. “Ya, mungkin McD Malioboro sudah habis masa kontraknya di tempat (Malioboro Mall) tersebut, atau ada hal-hal yang lain yang tidak kita ketahui,” ucap Deddy. 

Meski begitu, dengan sejarahnya yang sudah puluhan tahun beroperasi di kawasan Malioboro, penutupan ini menjadi perhatian dan perbincangan banyak masyarakat, termasuk warganet di media sosial.  “Memang McD Malioboro yang berdiri pertama kali di Yogya mempunyai kenangan yang indah yang sudah pernah ke sana sebagai pelanggannya,” jelas Deddy. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler