Ribuan Pagernya Ditanami Bom untuk Serang Lebanon, Ini Pernyataan Resmi Gold Apollo Taiwan

Hsu menyatakan, pager dalam ledakan tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan Eropa.

X
Penampakan salah satu pager yang meledak di Lebanon akibat sabotase Israel pada Selasa (17/9/2024).
Red: A.Syalaby Ichsan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW TAIPEI — Gold Apollo Taiwan mengeklaim tidak membuat pager yang digunakan dalam ledakan di Lebanon pada Selasa (17/9/2024), pendiri Gold Apollo Taiwan, Hsu Ching-Kuang mengatakan kepada para wartawan pada Rabu (18/9/2024).

Baca Juga


Sedikitnya sembilan orang tewas dan hampir 3.000 orang terluka ketika pager yang digunakan oleh anggota Hizbullah dan warga sipil Lebanon diledakkan secara serentak di seluruh Lebanon pada Selasa.

Gambar-gambar pager yang hancur yang dianalisis oleh Reuters menunjukkan format dan stiker di bagian belakang yang konsisten dengan pager yang dibuat oleh Gold Apollo. Seorang sumber keamanan senior Lebanon mengatakan kepada Reuters bahwa Hizbullah telah memesan 5.000 pager dari Gold Apollo yang berbasis di Taiwan.

Hsu menyatakan, pager yang digunakan dalam ledakan tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan di Eropa yang memiliki hak untuk menggunakan merek perusahaan Taiwan tersebut.“Produk itu bukan milik kami. Hanya saja ada merek kami di atasnya,” katanya.

Hsu tidak menyebutkan nama perusahaan yang menurutnya memproduksi pager tersebut. Dia menambahkan bahwa Gold Apollo juga menjadi korban dalam insiden tersebut.“Kami adalah perusahaan yang bertanggung jawab. Ini sangat memalukan,” katanya.

Para pejuang Hizbullah mulai menggunakan pager dengan keyakinan bahwa mereka akan dapat menghindari pelacakan lokasi mereka oleh Israel, kata dua sumber yang mengetahui operasi kelompok itu kepada Reuters tahun ini.

Alphanumeric Pager (AP-900) yang diproduksi oleh Gold Apollo Co..

Dalam serangkaian ledakan pager yang mematikan di Lebanon baru-baru ini, sebuah perangkat dari Apollo Pagers, sebuah perusahaan Taiwan yang didirikan pada tahun 1980-an, menjadi media yang ditanam bahan peledak.

Alphanumeric Pager (AP-900) yang diproduksi oleh Gold Apollo Co, Ltd telah diidentifikasi sebagai salah satu perangkat yang meledak dan menewaskan serta melukai banyak orang di Lebanon.

Sedikitnya sembilan orang tewas dan lebih dari 2.750 orang lainnya, termasuk militan Hizbullah dan petugas medis, terluka ketika alat pager tersebut meledak di Lebanon.

 

Berbagai spekulasi muncul seputar bagaimana perangkat tersebut dapat meledak dan menyebabkan korban jiwa yang begitu banyak, terutama pager seperti AP-900 yang beroperasi dengan baterai alkaline AAA.Investigasi awal menunjukkan bahwa konfigurasi baterai standar pager tidak mungkin menjadi penyebab ledakan.

Sebaliknya, pihak berwenang condong ke arah kemungkinan bahwa perangkat tersebut sengaja dipasangi bahan peledak.

Jika bahan peledak dipasang di dalam perangkat sebelum sampai ke tangan anggota Hizbullah, maka dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan ketika diledakkan oleh sinyal.

 

sumber : REUTERS
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler