Satu Meninggal dalam Peristiwa Keracunan Massal Usai Makan Nasi Hajatan di Tulungagung

Korban meninggal diidentifikasi atas nama Binti Tri Wahyuni, warga Dusun Pasir.

Antara
Keracunan massal (ilustrasi)
Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG -- Satu orang meninggal dan belasan lainnya harus dilarikan ke fasilitas kesehatan akibat keracunan massal usai makan nasi hajatan di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Korban meninggal diidentifikasi atas nama Binti Tri Wahyuni (55), warga Dusun Pasir, Desa Junjung, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung. 

Baca Juga


"Korban meninggal pada Minggu (22/9/2024) pagi, setelah sempat dirawat intensif di rumah sakit," kata Kapolsek Sumbergempol AKP Tri Nuartiko di Tulungagung, Senin (23/9/2024).

Selain Tri Wahyuni, belasan warga lainnya yang ikut makan nasi berkat yang dibawa warga dari acara hajatan di Desa Dayu, Kabupaten Blitar juga harus dilarikan ke sejumlah fasilitas kesehatan di Tulungagung untuk mendapat pertolongan pertama. Kondisi mereka kini sudah membaik. Tujuh orang masih menjalani rawat inap, sementara belasan lainnya susah boleh pulang dan menjalani rawat jalan.

"Secara umum kondisi mereka yang dirawat sudah membaik," kata Kepala Puskesmas Sumbergempol, dr. Sigit Jaka.

Namun, untuk jumlah pasti warga yang terdampak keracunan massal sampai saat ini masih dilakukan pendataan. Kronologi keracunan massal bermula dari serombongan warga Dusun Pasir, Desa Junjung yang mengikuti kegiatan hajatan keluarga di rumah kerabat mereka di Desa Dayu, Kecamatan Nglegok, Blitar pada Jumat (20/9/2024) sore.

Rombongan ini kemudian pulang hajatan membawa nasi berkat hajatan sebanyak 20 paket, yang dibagikan kepada 20 keluarga di Desa Junjung. Beberapa jam setelah mengonsumsi nasi hajatan ini, warga mengalami gejala keracunan. Mereka mengalami mual, muntah hingga diare.

Belasan warga kemudian dilarikan ke rumah sakit dan puskemas untuk mendapatkan penanganan medis. Polisi dan tim medis yang mendapati situasi kedaruratan medis ini kemudian melakukan mitigasi kesehatan. Sampel makanan berkat hajatan yang diduga menjadi penyebab keracunan diambil dan dikirim ke laboratorium kesehatan di Surabaya.

Kapolsek Tri Nuartiko menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran Polsek Nglegok (Polres Blitar) untuk menyelidiki kasus keracunan tersebut. Namun informasi sementara, kasus keracunan hanya dialami rombongan warga Desa Junjung yang ikut makan nasi hajatan.

Sementara warga Desa Dayu Kecamatan Nglegok yang juga ikut acara hajatan dan makan nasi berkat yang sama, tidak ada laporan kejadian keracunan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler