Saat Hizbullah Dihajar Habis-habisan, ke Mana Iran dan Balas Dendamnya yang Dinantikan?

Hizbullah terancam melemah sebagai poros perlawanan Israel

AP Photo/Mohammed Zaatari
Petugas memeriksa sisa-sisa mobil yang terbakar akibat serangan Israel di kota pelabuhan selatan Sidon, Senin (26/8/2024). Israel dan Hizbullah kembali saling melancarkan serangan,Kali ini, Israel menyerang desa Tair Harfa di perbatasan Lebanon dan wilayah kota pesisir Sidon. Serangan Israel itu mengenai sebuah mobil. Namun, belum jelas tentang adanya korban jiwa dalam serangan tersebut.
Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Ketika serangan Israel terhadap Hizbullah di Lebanon meningkat, ada peningkatan ambiguitas tentang posisi Iran dalam mengimplementasikan “janji” dan ancamannya untuk membalas Israel sebagai pembalasan atas pembunuhan almarhum kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh di negaranya, atau untuk mendukung Hizbullah yang berada di bawah tekanan militer yang parah itu.

Baca Juga


Setelah pembunuhan Haniyeh di Teheran pada 31 Juli 2024, yang oleh Iran sendiri dianggap sebagai “penghinaan terang-terangan” yang membutuhkan tanggapan yang tepat, Hizbullah, “poros perlawanan andalan,” menghadapi perang Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dapat menyebabkan pelemahan yang signifikan, jika bukan “pencabutan dan pemusnahan.”

Menurut surat kabar Yediot Aharonot, Hizbullah menghadapi perang Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dapat menyebabkan pelemahan yang signifikan, jika tidak “mencabut dan melenyapkannya”.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menyatakan setelah serangan “Badai Al-Aqsa” pada 7 Oktober 2023 bahwa ia “akan bekerja untuk mengubah Timur Tengah”, dan dalam pandangannya, ini bukan hanya tentang melenyapkan Hamas, tetapi juga tentang membongkar partai-partai “poros” yang mendukungnya, dan memberlakukan realitas baru di wilayah tersebut, menurut perhitungan Netanyahu.

Bahaya ambiguitas

Menurut surat kabar Israel Yedioth Ahronoth (19 September 2024), Israel telah “bergerak ke tahap baru dalam perangnya di utara, yang bertujuan untuk mencabut dan melenyapkan organisasi Hizbullah,” sehingga Hizbullah pada gilirannya berperang dalam pertempuran eksistensial melawan Israel, demikian menurut penilaian surat kabar itu.

Jelas bahwa Israel di bawah Netanyahu, melalui operasi intensif baru-baru ini, tidak lagi peduli dengan garis merah dan aturan keterlibatan dan pencegahan yang dibuat secara implisit, yang membuka pintu ke tingkat konfrontasi baru, yang menimbulkan pertanyaan tentang posisi Iran.

Selama berbulan-bulan, Teheran bertaruh pada kebijakan ambiguitas dan menunda tanggapan sebagai kartu tekanan pada Netanyahu untuk menyetujui gencatan senjata di Gaza, yang dalam beberapa hal merupakan jalan keluar yang sesuai dari beban untuk merespons, tetapi Perdana Menteri Israel menolak semua inisiatif, melanjutkan kejahatannya di Gaza dan Lebanon, dan mengintensifkan operasinya terhadap Hizbullah, yang semakin mempermalukan Iran dan menambah bebannya.

Para analis juga menunjukkan bahwa strategi diamnya Iran dan ketidakjelasan tanggapannya sebagai faktor dampak psikologis dan militer tidak menghalangi Israel dan tidak mengurangi dorongannya untuk mencoba melemahkan Hizbullah.

Israel melakukan pengeboman “pager” yang menyebabkan duta besar Iran di Beirut terluka, serta membunuh Fouad Shukr, kemudian Ibrahim Aqil dan komandan senior lainnya di Pasukan Radwan, unit militer Hizbullah yang paling menonjol.

BACA JUGA: Muncul Perdana Seusai Serangan Selatan Beirut, Netanyahu: Kami Baru Saja Mulai!

Strategi mengancam dan menunda “pembalasan” dan menunggu Israel mundur dipandang oleh beberapa analisis sebagai dalih dan mengulur-ulur waktu belaka, yang membuat Netanyahu bebas mengambil inisiatif, dan dia meningkatkan laju eskalasi, meremehkan dan meragukan respons Iran yang diharapkan.

'Poros Perlawanan' di bawah tekanan

Para analis percaya bahwa keberadaan “Poros Perlawanan” yang terus berlanjut berkorelasi dengan hasil perang di Gaza, tetapi lebih terkait dengan Hizbullah yang tetap kuat secara militer dan aktif secara politik, yang tentu saja berarti hasil dari perang Israel yang meningkat di masa mendatang terhadap partai tersebut, setelah mereka mengalihkan sebagian besar upaya dan fokus militernya ke front utara.

 

Juga dapat dipastikan bahwa pengaruh Iran di wilayah tersebut - dan mungkin secara internasional - didasarkan pada kehadiran dan keefektifan pihak-pihak yang membentuk “poros perlawanan” terhadap Israel, baik di Irak, Yaman, maupun Suriah, namun Hizbullah menjadi kutub dari poros tersebut, karena kehadirannya yang langsung berhadapan dengan Israel, kekuatan militernya yang berkembang selama beberapa dekade, sejarah konfliknya dengan Israel, pengaruhnya di Lebanon dan Suriah, serta persamaan penangkalan yang dibangunnya yang dalam beberapa hal membantu Iran.

Hizbullah adalah sekutu regional Iran yang paling penting di seluruh kawasan dan faksi terkuat yang menjadi taruhannya. Oleh karena itu, mengancam tenaga kerjanya - seperti yang saat ini terjadi - dan posisi serta persenjataannya harus menjadi garis merah Iran yang membutuhkan pengurangan beban di atasnya.

Pentingnya Hizbullah juga terletak pada status khusus dan kharisma yang dinikmati oleh Sekretaris Jenderal Hassan Nasrallah dalam poros perlawanan, yang telah memberinya “lingkup pengaruh khusus” di semua lini, seperti Suriah, Yaman, dan Irak.

Keahlian tempur dan militer Hizbullah serta manajemen konfliknya dengan Israel telah menjadi titik acuan bagi para anggota poros perlawanan, dan titik tumpu bagi Iran.

Sementara Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa setelah operasi baru-baru ini, Israel mendorong Hizbullah untuk “mundur dan melepaskan diri dari Jalur Gaza, atau perang habis-habisan”, Hizbullah memilih konfrontasi “untuk mempertahankan kesatuan arena dan poros perlawanan”, menurut pernyataan Sekretaris Jenderal Hassan Nasrallah.

Namun, fakta-fakta saat ini sejauh ini menunjukkan bahwa Iran telah menempatkan beban konfrontasi dengan Israel pada Hizbullah, dengan gangguan yang terbatas dan tidak efektif secara militer namun mengganggu oleh Houthi di Yaman dan faksi-faksi lain di Irak untuk mendukung Gaza, tanpa melakukan intervensi sejauh ini untuk secara aktif mendukung Hizbullah.

Para analis percaya bahwa Iran masih mengandalkan kemampuan Hizbullah, kekuatannya, dan keahlian militer yang telah terakumulasi dalam menghadapi Israel untuk menahan dan menggagalkan rencana Israel, karena Iran belum dihadapkan pada ancaman eksistensial yang membutuhkan intervensi besar atau langsung.

Dilema dalam merespons dan bahaya risiko

Beberapa bulan yang lalu, Iran telah menanggapi penargetan Israel terhadap konsulatnya di Damaskus pada tanggal 1 April dan pembunuhan sejumlah perwira Garda Revolusi dengan menembakkan lebih dari 300 rudal dan pesawat tak berawak ke Israel, tetapi tanggapan tersebut - meskipun penting - dianggap terbatas dan diperhitungkan secara militer dan politis, dan “gengsi” Iran tidak lagi mengizinkannya untuk merespons dengan cara yang sama setelah pembunuhan Haniyeh Setelah pembunuhan Haniyeh di wilayahnya, gengsi Iran tidak lagi mengizinkan respons lain untuk dihitung dengan cara yang sama.

BACA JUGA: Serangan Pager Pertama dalam Sejarah Perang, Lebanon: Israel Langgar Hukum Internasional

Setelah pembunuhan Ismail Haniyeh di Teheran, tanggapan - yang terlambat dan tertunda terlalu lama, menurut para analis - menjadi dilema utama Iran, dan menjadi mencari “persamaan yang sulit dan berduri” yang menggabungkan serangan balasan yang tidak simbolis, tidak cukup kuat untuk menyebabkan perang yang komprehensif, dan pada saat yang sama meyakinkan opini publik internal Iran dan “poros perlawanan” serta pencegah Israel.

Analisis dan perkiraan menunjukkan bahwa tidak ada konsensus di Iran tentang perlunya menanggapi. Ada pihak-pihak yang khawatir bahwa serangan apa pun akan menyeretnya ke dalam perang skala penuh dengan Israel, dan bahkan mungkin dengan Amerika Serikat, dan ada suara-suara - sebagian besar reformis - yang menyerukan untuk mencari dasar-dasar untuk hubungan yang lebih baik dengan Barat, Amerika Serikat, dan negara-negara tetangganya di kawasan itu.

 

Dengan fase transisi yang sedang dilalui Iran setelah kematian Presiden Ebrahim Raisi dalam sebuah kecelakaan pesawat misterius, dan terpilihnya Presiden baru Masoud Bazeshkian serta pembentukan pemerintahan baru, Iran masih meraba-raba berkas-berkasnya, dan sulit untuk mengambil keputusan besar dalam skala perang yang konsekuensinya belum diketahui, sehingga Teheran berusaha untuk melewatkan peluang bagi Netanyahu.

Dalam konteks ini, pernyataan Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei tentang “mundur secara taktis di depan musuh tidaklah berbahaya.” Iran percaya bahwa Benjamin Netanyahu berusaha menyeretnya ke dalam perang yang akan memiliki “dampak serius” dengan menargetkan fasilitas militer, ekonomi, dan nuklirnya, terutama jika berada di “ambang batas kepemilikan bom nuklir,” yang dapat berfungsi sebagai penangkal terakhir bagi Israel.

“Kami telah menyelidiki konsekuensi yang mungkin terjadi, dan kami tidak akan membiarkan Netanyahu, yang tenggelam dalam rawa, menyelamatkan dirinya sendiri,” ujar Mohsen Rezaei, mantan kepala Garda Revolusi Iran, kepada CNN. “Tindakan Iran akan sangat diperhitungkan. Berlawanan dengan strategi Iran, hal ini tidak menghalangi Benjamin Netanyahu, yang membaca ketidakhadiran atau penundaan respons sebagai faktor kelemahan.

Kondisi ekonomi dan politik Iran tidak dalam kondisi terbaiknya sehubungan dengan sanksi ekonomi Amerika Serikat dan Barat, dengan peningkatan inflasi dan penurunan nilai mata uang Iran, dan konfrontasi dengan Israel akan memberikan lebih banyak tekanan pada inti sosial, yang dapat menyebabkan ledakan.

Surat kabar Iran yang condong ke arah reformis, Etemad (11 Agustus 2024), berpendapat bahwa Iran tidak boleh terlibat dalam perang langsung dengan Israel, dan bahwa skenario yang mungkin terjadi dapat mencakup “kembali ke kebijakan kesabaran strategis”, atau mendapatkan konsesi penting dari Barat dengan mengubah metode pembalasan.

Dalam sebuah artikel di surat kabar Israel Yediot Aharonot (edisi 22 September 2024), penulis dan analis politik Raz Zimet percaya bahwa “kepemimpinan Iran telah mundur - setidaknya untuk saat ini - dari niatnya untuk mengulangi serangan yang dilakukannya terhadap Israel pada bulan April lalu, terlepas dari kenyataan bahwa para pejabat senior Iran terus menegaskan komitmen mereka untuk menanggapi pembunuhan Haniyeh.” Menurut Zimet, keputusan ini terutama disebabkan oleh fakta bahwa kepemimpinan Iran telah memutuskan untuk tidak mengulangi serangan tersebut.

Menurut surat kabar tersebut, keputusan ini terutama disebabkan oleh “masuknya pemerintahan baru di Teheran yang berusaha untuk melanjutkan perundingan nuklir dan menyelesaikan krisis ekonomi serta penguatan pasukan Amerika Serikat di wilayah tersebut.”

Kehadiran militer Amerika Serikat  yang besar ini merupakan faktor tekanan terhadap Iran yang membuatnya lebih memilih untuk melakukan manuver dalam masalah respon.

Mengingat banyaknya dan rumitnya perhitungan, menurut para analis, kemungkinan besar Iran akan menempatkan beban untuk merespons atau mendukung Hizbullah pada pihak-pihak lain dalam “poros perlawanan” - terlepas dari terbatasnya pengaruh militer - namun Iran menyadari bahwa tingkat kerusakan yang mungkin ditimbulkan pada pihak tersebut dalam perang ini secara otomatis akan merefleksikan poros tersebut serta pengaruh dan perannya.

Sumber: aljazeera


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler