7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Dealer Mobil

Jangan masuk dealer tanpa rencana yang matang.

REPUBLIKA/FIRKAH FANSURI
Dealer Chery MAN Fatmawati Jakarta Selatan yang diresmikan, Rabu (21/8/2024), menjadi dealer ke-34 Chery Sales Indonesia. Foto illustrais.
Red: Firkah fansuri

REPUBLIKA.CO.ID,Banyak orang akan memberikan petunjuk tentang apa yang harus dilakukan di dealer saat tiba waktunya untuk membeli mobil. Dan tips tentang uji coba berkendara, negosiasi, dan pembiayaan sangatlah berharga.

Namun, jalan menuju pembelian mobil dipenuhi dengan batu-batu besar sehingga jika Anda tidak berhati-hati, Anda dapat tersandung atau bahkan patah kaki, secara metaforis. Membeli mobil dapat menjadi proses yang sangat rumit sehingga mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan di dealer mungkin lebih penting daripada mengetahui apa yang harus dilakukan.

Jika Anda melakukan satu atau lebih dari tujuh hal yang kami sarankan untuk tidak dilakukan, Anda akan kesulitan mendapatkan penawaran yang bagus. Jangan mempersulit diri Anda sendiri. Anda ingin mendapatkan kendaraan yang tepat dengan harga terbaik, jadi berikut ini hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan saat mengunjungi dealer:

1. Jangan Masuk Dealer Tanpa Rencana

Baca Juga


Anda dapat berjalan-jalan ke restoran tanpa tahu apa yang ingin Anda makan dan mendapatkan makanan yang enak. Anda dapat berjalan-jalan ke toko besar hanya untuk menghabiskan waktu dan keluar dengan oven microwave yang layak atau kemeja berkancing.

Tetapi jika Anda berjalan-jalan ke dealer mobil tanpa rencana, ada kemungkinan besar Anda akan keluar dengan lubang seukuran kawah di rekening bank Anda. Tidak hanya itu, Sabtu pagi Anda yang terbuang sia-sia dapat menghantui Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.

Pembelian mobil seharusnya tidak menjadi pembelian impulsif. Ketahui—jangan menebak, ketahui —berapa nilai mobil Anda saat ini, berapa harga jual mobil yang ingin Anda beli, berapa banyak uang yang dapat Anda bayarkan, dan berapa banyak uang yang dapat Anda belanjakan untuk pembayaran mobil bulanan. Jika Anda mengetahui semua ini, Anda akan jauh lebih unggul dari kebanyakan pembeli mobil.

2. Jangan Biarkan Penjual Mengarahkan Anda ke Kendaraan yang Tidak Anda Inginkan
Biasanya, dealer selalu berusaha menjual kendaraan yang ada di stoknya. Dan itu tidak selalu sesuai dengan kepentingan terbaik pelanggan.

Jika Anda tidak spesifik dan tegas tentang apa yang Anda inginkan, dealer akan mencoba memasukkan Anda ke dalam kendaraan yang ingin dijualnya, meskipun itu bukan yang terbaik untuk Anda. Jangan biarkan diri Anda dijual mobil.

3. Jangan Membahas Tukar Tambah Anda Terlalu Dini
Hampir selalu memungkinkan—dengan waktu dan usaha—untuk menjual mobil lama secara pribadi dengan harga lebih tinggi daripada yang ditawarkan dealer sebagai tukar tambah. Namun, banyak pembeli merasa nyaman membawa mobil lama mereka masuk dan membawa mobil baru mereka pergi.

Jika itu tujuan Anda, teliti nilai tukar tambah Anda terlebih dahulu tetapi tolak tawaran atau tekanan untuk membicarakannya sampai setelah Anda menyelesaikan harga mobil baru.

Jika ternyata Anda "terbalik" pada mobil lama—artinya, Anda berutang lebih banyak uang daripada yang Anda dapatkan sebagai tukar tambah—Anda mungkin belum cocok di dealer mobil baru. Paling tidak, mobil tersebut harus dijual secara pribadi untuk melunasi utang. Ya, dealer akan menawarkan untuk menggulirkan utang lama Anda menjadi pinjaman baru. Namun, itu bukan ide yang bagus.

Jangan Berikan Kunci Mobil atau SIM Anda ke Dealer .....

 

4. Jangan Berikan Kunci Mobil atau SIM Anda ke Dealer
Ini hampir sama kunonya dengan jam saku, tetapi beberapa dealer—untungnya lebih sedikit dari sebelumnya, menurut Christopher Sutton, wakil presiden ritel otomotif di JD Power—masih terlibat dalam taktik yang dirancang untuk membuat Anda tetap berada di ruang pamer sampai kesepakatan dibuat.

Beberapa taktik yang dicoba dan tidak begitu benar berputar di sekitar kendaraan uji-kendaraan. Sebelum uji-kendaraan, pramuniaga mungkin meminta kunci mobil dan/atau SIM Anda "sebagai jaminan." Kemudian, ketika Anda kembali dan ingin pergi tanpa membeli, kunci mobil atau SIM akan hilang. "Kami tidak melihatnya lagi," kata Sutton mengacu pada taktik dealer yang kasar. "Dan saya pikir munculnya peringkat dan ulasan daring . . . telah berkontribusi pada hal itu."

Ya, dealer yang bijaksana perlu memastikan bahwa Anda memiliki SIM yang masih berlaku sebelum mengizinkan Anda membawa mobil untuk uji coba, tetapi mereka tidak perlu mengambilnya dari Anda dan menyimpannya sebagai semacam uang jaminan.

Mereka seharusnya cukup mengetahui identitas dan alamat Anda. Karena Anda biasanya memarkir mobil Anda sendiri di dealer, ada kemungkinan besar Anda akan kembali. Lebih jauh, saat Anda melakukan uji coba, tentu saja baik bagi Anda untuk memiliki SIM.

5. Jangan Biarkan Dealer Melakukan Pemeriksaan Kredit
Jika Anda akan membiayai mobil baru Anda dengan pinjaman, dealer harus melakukan pemeriksaan kredit pada akhirnya , tetapi jangan setujui ini sebelum Anda benar-benar menyelesaikan transaksi. Pemeriksaan kredit menyeluruh, yang juga dikenal sebagai "hard pull," dapat berdampak negatif pada peringkat kredit Anda. Tidak ada gunanya menyetujui pemeriksaan kredit dan mengambil risiko kredit Anda akan rusak jika Anda masih jauh dari kata membeli.

6. Jangan terlibat dalam negosiasi pembayaran bulanan
Ingat, Anda berada di dealer untuk membeli kendaraan, bukan untuk memasukkan pembayaran kendaraan ke dalam anggaran bulanan Anda. Jika Anda memulai dengan rencana yang mencakup harga maksimum yang akan Anda bayar untuk kendaraan berdasarkan batas kemampuan Anda sendiri, pembayaran bulanan seharusnya merupakan hasil sampingan dari negosiasi.
Masalah muncul ketika pelanggan terpojok karena ia menginginkan kendaraan yang lebih besar daripada yang secara wajar dan wajar dapat ia beli.

Agar kesepakatan berhasil, solusi yang umum adalah memperpanjang durasi jadwal pembayaran secara drastis. Mungkin pelanggan mampu membayar Rp 7 juta per bulan, tetapi pada 60 bulan, pembayaran itu tidak akan berhasil. Jadi dealer menaikkannya menjadi 72 atau 84 bulan. Ini adalah ide yang sangat buruk bagi pelanggan.

7. Jangan Merasa Harus Membeli Sekarang Juga
Bagi banyak orang, membeli mobil baru adalah pengalaman yang menegangkan, jadi mereka mencoba untuk menyelesaikannya secepat mungkin, dan itu dapat menyebabkan hasil yang negatif. Karena keinginan mereka untuk menyelesaikannya, mereka tidak mempertimbangkan pilihan mereka dengan hati-hati atau bernegosiasi dengan terampil.

Misalnya, pergi adalah taktik negosiasi yang sangat baik yang mungkin Anda ragu untuk gunakan jika prioritas Anda hanya menyelesaikan transaksi. Sementara sales dealer sering kali menekan Anda untuk membeli sekarang, dengan menggunakan taktik seperti, "Saya hanya bisa memberi Anda harga ini hari ini,"

Anda sangat disarankan untuk tidak terburu-buru. Pasar mobil baru saat ini sangat kompetitif. Sama sekali tidak ada alasan untuk merasa terburu-buru dengan penawaran waktu terbatas; kemungkinan besar penawaran yang sama bagusnya, atau lebih baik, akan tersedia besok.

Perhatikan peringatan ini, dan jalan Anda menuju pembelian mobil akan jauh lebih mudah. Dan Anda akan berada dalam kondisi yang lebih baik—secara finansial, dan mungkin bahkan secara emosional—setelah transaksi selesai.

sumber : caranddriver.com
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler