LMI Gelar Aksi Bersih Sungai, Edukasi Masyarakat Buang Sampah pada Tempatnya

Masyarakat memiliki peran menjaga kebersihan aliran sungai.

LMI
Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Jakarta menyelenggarakan aksi bersih sungai di Pintu Air Banjir Kanal Timur (BKT), Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur, Ahad (29/9/2024).
Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Jakarta menyelenggarakan aksi bersih sungai di Pintu Air Banjir Kanal Timur (BKT), Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur, Ahad (29/9/2024).

Aksi bersih sungai tersebut menggandeng tiap kelurahan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), serta seluruh lapisan masyarakat sekitar bantaran sungai tersebut.

Baca Juga


BACA JUGA: Mengapa Nabi Muhammad SAW Melarang Mengunjungi Situs Al Ula atau Madain Saleh?

Aksi bersih sungai ini bertujuan mengajarkan masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Masyarakat yang tinggal berdekatan dengan sungai memiliki peran menjaga kebersihan aliran sungai.

Sebelum aksi dimulai, penyelenggara melakukan acara bagi-bagi hadiah untuk masyarakat, termasuk anak-anak yang dikemas dalam berbagai pertanyaan dan lomba yang bertemakan lingkungan.

Salah satunya ialah gim berupa pertanyaan kepada anak-anak terkait pengolahan sampah yang berhadiah tumbler, buku, dan kotak bekal, ada juga lomba mengumpulkan sampah plastik terbanyak untuk para remaja dan orang dewasa.

Kepala Perwakilan LMI Jakarta Khoirul Nur Mustaqim mengatakan aksi bersih sungai menerima banyak komentar positif dari masyarakat, termasuk anak-anak dan pelajar yang sukarela membantu memungut sampah. Ini menandakan kesadaran generasi muda untuk peduli lingkungan semakin meningkat.

“Kegiatan ini mendapatkan respons positif dari masyarakat yang berada di sekitar lokasi, terutama anak-anak usia pelajar yang dengan sukarela ikut membantu memungut sampah,” kata Khairul.

Dari aksi bersih sungai ini, Khairul berharap kegiatan serupa akan terus berjalan dan diagendakan setiap bulan. Kegiatan akan melibatkan pemerintah dan masyarakat yang tinggal di sekitar sungai di Jakarta menjaga kebersihan aliran sungai.

“Harapannya kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan sekali ini saja, tapi bisa diagendakan secara rutin setiap bulannya,” ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler