Pemain Berdarah Indonesia Ini Batal Kembali Perkuat Timnas Australia karena Cedera

Massimo Luongo menderita cedera engkel yang menghalanginya membela Australia.

EPA/ABEDIN TAHERKENAREH
Massimo Luongo, pemain Australia berdarah Indonesia.
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang Ipswich Town Massimo Luongo batal memperkuat timnas Australia. Ia mengundurkan diri dari pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan dijalani Australia melawan China dan Jepang pekan depan karena cedera pergelangan kaki. Kabar buruk ini diumumkan Football Australia, Ahad (6/10/2024) dikutip Reuters.

Baca Juga


Luongo tidak bermain dalam kekalahan 4-1 klub Liga Primer Inggris itu dari West Ham United pada Sabtu (5/10/2024). Ia bergabung dengan sesama gelandang Connor Metcalfe, yang absen dalam kekalahan 3-0 di Bundesliga dari Mainz karena cedera kaki.

Pelatih Tony Popovic sebelumnya memanggil Luongo yang telah memutuskan pensiun dari timnas Australia. Pemain berdarah Italia-Indonesia ini dianggap bisa mendongkrak performa Socceroos yang tengah dalam tekanan menyusul hasil buruk pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sayangnya, comeback Luongo terhalang cedera.

Alhasil Popovic telah memanggil Luke Brattan dari Macarthur FC dan Patrick Yazbek dari Nashville SC sebagai pengganti untuk pertandingan kualifikasi, yang akan dimainkan di Adelaide pada Kamis (10/10/2024) dan Saitama lima hari kemudian.

Pertemuan dengan China merupakan pertandingan yang wajib dimenangkan oleh Australia. Sebab, Socceroos hanya memiliki satu poin dari dua pertandingan pembuka mereka di fase ketiga kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 2026, setelah kalah dari Bahrain sebelum bermain imbang 0-0 dengan Indonesia.

Socceroos berada di urutan kelima di Grup C kualifikasi, terpaut lima poin dari pemuncak klasemen Jepang dan tiga poin di belakang Arab Saudi yang berada di urutan kedua.

Hanya dua tim yang berada di posisi pertama dalam grup ini yang dijamin lolos ke Piala Dunia. Tim yang berada di posisi ketiga dan keempat dalam klasemen enam negara yang akan melaju ke putaran keempat babak kualifikasi.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler