Jokowi Langsung Pulang ke Solo Usai Prabowo Dilantik Jadi Presiden

Pulang ke Solo dahulu, tidur.

EPA-EFE/WILLY KURNIAWAN / POOL
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Rep: Antara Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadwalkan langsung pulang ke Kota Solo, Jawa Tengah, usai acara pelantikan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi presiden dan wakil presiden RI periode 2024-2029 pada 20 Oktober 2024. Pelantikan itu dilakukan oleh MPR.

Baca Juga


"Pada tanggal 20 Oktober 2024 sore, saya pulang ke Solo," ujar Presiden usai menghadiri pembukaan BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2024).

Jokowi mengaku tidak ada kegiatan usai acara pelantikan tersebut. Jokowi akan beristirahat setelah sampai Solo, yang menjadi kampung halamannya. "Pulang ke Solo dahulu, tidur," katanya.

Sebelumnya, Jokowi meyakini transisi pemerintahan akan berjalan mulus dan langsung bergerak tanpa jeda. Hal itu karena Prabowo selalu menghadiri rapat dan sidang kabinet untuk konsolidasi sejak KPU RI menetapkan Prabowo menjadi calon presiden terpilih pada Pemilu 2024.

"Yang saya senang, sejak beliau (Prabowo) terpilih, sebagai [calon] presiden terpilih, persiapan menuju ke pelantikan itu betul-betul secara rencana kerja, program, dan lain-lain, transisinya berjalan dengan baik," kata Jokowi.

Jika sebelumnya Prabowo selaku menteri pertahanan hanya hadir untuk urusan pertahanan di sidang kabinet. Setelah itu, kata Jokowi, Prabowo yang ditetapkan menjadi presiden terpilih, selalu hadir di semua rapat terbatas dan rapat paripurna.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler