Ronaldo Cetak Gol Saat Portugal Sikat Polandia 3-1 di UEFA Nations League

Portugal memimpin Grup A1 dengan nilai sembilan.

AP Photo/Matthias Schrader
Pemain Portugal Cristiano Ronaldo
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - - Bernardo Silva dan Cristiano Ronaldo dari Portugal mencetak gol pada babak pertama dalam kemenangan mudah 3-1 atas Polandia di Grup A1 UEFA Nations League di Stadion Narodowy, Warsawa, Ahad (13/10/2024) dini hari WIB. Polandia melanjutkan start sempurna mereka di kompetisi ini dengan tiga kemenangan.

Silva membawa Portugal unggul setelah 26 menit, memanfaatkan umpan sundulan Bruno Fernandes. Kapten Portugal Ronaldo kemudianmencetak gol internasionalnya yang ke-133 saat ia menggandakan keunggulan 11 menit kemudian dengan tendangan first-time setelah upaya Rafael Leao membentur tiang gawang.

Piotr Zielinski memperkecil ketertinggalan Polandia pada menit ke-78 dengan tendangan keras ke bagian atas gawang sebelum bek tuan rumah Jan Bednarek mencetak gol bunuh diri di menit-menit akhir.

Portugal terus memimpin Grup Satu Liga A dengan sembilan poin, unggul tiga poin dari Kroasia yang bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan tim tamu Skotlandia 2-1. Polandia, yang mengalahkan Skotlandia 3-2 pada laga pembuka mereka sebelum kalah 1-0 di Kroasia, berada di posisi ketiga dengan tiga poin sementara Skotlandia belum memperoleh satu poin pun sejauh ini.

Polandia mengawali pertandingan dengan baik dan penyerang utama Robert Lewandowski hampir mencetak gol pembuka di awal pertandingan. Ia hampir menyundul umpan silang saat kiper Portugal Diogo Costa berhasil melewatinya untuk merebut bola.

Namun, Portugal dengan cepat bangkit dalam pertandingan dan kiper Polandia Lukasz Skorupski harus bekerja keras sejak awal ketika ia memblok tendangan Diogo Dalot dari jarak dekat.

Ronaldo kemudian membentur bagian bawah mistar gawang saat Portugal terus menguasai bola dan peluang mereka terus berdatangan.

Fernandes kembali menguji Skorupski dengan tendangan melengkung dari luar kotak penalti pada menit ke-14 dan sang kiper harus berusaha keras untuk menepis bola.

 

SERANGAN PORTUGAL

Baca Juga


Lini belakang Polandia yang rentan akhirnya menyerah ketika Silva mencetak gol sebelum Ronaldo mengubah kedudukan menjadi 2-0 dengan penyelesaian yang tenang. Leao merebut bola di dekat garis tengah lapangan dan berlari melewati empat bek sebelum upayanya membentur tiang gawang dari dalam kotak penalti. RRonaldo dapat memanfaatkan bola pantul dengan sempurna.

Pemain depan Al-Nassr berusia 39 tahun, yang membantu Portugal menang 2-1 atas Skotlandia dan Kroasia dengan masing-masing mencetak satu gol di setiap pertandingan, mencetak gol ke-11nya musim ini untuk klub dan negaranya.

Ia seharusnya bisa menambah gol ketiga setelah babak kedua dimulai, tetapi ia ragu untuk menyelesaikannya dari dalam kotak penalti dan malah mengoper bola kepada Fernandes, yang melepaskan tembakan melambung di atas mistar gawang.

Polandia mendapat secercah harapan ketika Lewandowski memiliki peluang semenit kemudian saat ia melompat paling tinggi di kotak penalti untuk menyambung umpan silang, tetapi sundulannya melebar tipis dari tiang kiri.

Pelatih Portugal Roberto Martinez terus mengatur waktu bermain Ronaldo, dengan Diogo Jota menggantikannya pada menit ke-63.

Setelah bermain hampir setiap menit di setiap pertandingan di Euro tahun ini, Ronaldo digantikan oleh Jota di akhir pertandingan melawan Kroasia dan baru menjadi starter di babak kedua melawan Skotlandia. Tendangan Zielinski memberi semangat bagi tuan rumah tetapi Polandia kekurangan peluang bersih untuk menyamakan kedudukan sebelum gol bunuh diri Bednarek memastikan berakhirnya rekor tak terkalahkan mereka selama dua tahun di kandang sendiri.

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler