Israel Berani Serang Fasilitas Nuklir Iran? Ini 10 Jawabannya Menurut Pakar Militer

Israel tak akan serang total fasilitas nuklir Iran

Mehdi Marizad/Fars News Agency via AP
Foto menunjukkan bagian atas dari fasilitas nuklir reaktor air berat Arak, 250 kilometer barat daya ibu kota Teheran, Iran.
Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA- Selama dua pekan terakhir, ada perkiraan di Israel bahwa Tel Aviv akan meluncurkan serangan ke situs-situs strategis Iran dalam beberapa hari, sebagai tanggapan atas puluhan roket yang ditembakkan oleh Teheran ke target-target Israel pada 1 Oktober lalu, yang menyebabkan korban luka-luka, kerusakan material, dan penutupan wilayah udara Israel.

Baca Juga


Pada saat itu, para pejabat di Iran mengumumkan bahwa serangan ini merupakan tanggapan atas pembunuhan Israel terhadap Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh dan Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah serta pembantaian yang dilakukan Israel di Gaza dan Lebanon.

Banyak analisis dan laporan media menunjukkan bahwa respons Israel terhadap Iran akan “tegas dan kuat”, berdasarkan pertemuan dan diskusi yang diadakan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan Kabinet, tetapi laporan-laporan mengindikasikan adanya upaya Amerika Serikat untuk mengurangi kekuatan respons Israel dan mencegah eskalasi di wilayah tersebut.

Alasan

Dalam sebuah wawancara dengan Aljazeera Net, pakar militer dan strategis Kolonel Hatem al-Falahi menjelaskan 10 fakta penting yang dapat menjadi dasar untuk menentukan sifat respons Israel:

Pertama, program nuklir Iran tersebar di wilayah geografis yang luas di dalam wilayah Iran, di antara sekitar 17 situs nuklir.

Situs-situs ini terdiri dari 4 reaktor nuklir, 4 pabrik pembuatan air berat, 4 pusat penelitian nuklir, 3 situs pengayaan uranium, di samping 2 situs pembuatan struktur bom dan detonatornya.

Ini berarti bahwa program nuklir ini tersebar di wilayah yang luas di wilayah Iran, dan ini akan menciptakan tantangan yang sangat besar bagi angkatan udara Israel, karena ketika program nuklir Irak dihancurkan, program nuklir tersebut berada di satu area, begitu juga di Suriah, tetapi dalam kasus Iran, sebagian programnya dapat dihancurkan di area tertentu, sementara area lainnya akan terus beroperasi dengan sangat efektif.

Kedua, jika Israel ingin menyerang program nuklir Iran, Israel harus secara bersamaan menyerang sistem pertahanan udara, platform rudal, pusat komunikasi, dan sistem komando dan kontrol untuk melumpuhkan Iran sepenuhnya sehingga tidak dapat merespons pesawat penyerang.

Ini berarti Angkatan Udara Israel harus dibagi menjadi dua arah yaitu satu untuk menyerang target militer. Sementara bagian lainnya untuk menyerang target nuklir yang mencapai kedalaman lebih dari 70 hingga 100 meter ke dalam tanah

Ketiga, tantangan besar dalam hal jumlah bom yang diperlukan untuk menghancurkan reaktor-reaktor ini.

Dapatkah Israel mengamankan jumlah bom yang diperlukan untuk menembus reaktor-reaktor dan situs-situs ini, sehingga mencapai kedalaman ini dan menyebabkan kehancuran dalam satu kali serangan? Atau apakah Israel perlu menyerang kembali situs-situs ini dua atau tiga kali?

Keempat, jika Israel ingin melakukan serangan ini, Israel harus mengamankan tahapan transit pesawat dari Israel ke target-target di dalam Iran, dan ini berarti harus ada persetujuan dari negara-negara yang dilalui pesawat-pesawat ini untuk melakukan serangan ini.


Poin khusus ini akan menciptakan tantangan yang sangat besar bagi negara-negara ini, karena Iran akan mendeteksi negara-negara tersebut, dan sebelumnya telah mengancam bahwa wilayah yang akan digunakan untuk memfasilitasi perjalanan pesawat Israel atau pangkalan tempat mereka berada akan dianggap sebagai target bagi Iran, yang berarti akan memperluas konflik di wilayah tersebut secara signifikan.

Kelima, pesawat-pesawat yang akan melakukan serangan ini perlu mengisi bahan bakar, yang berarti harus ada negara sahabat yang wilayah udaranya digunakan oleh pesawat-pesawat ini untuk berhenti dan menyediakan bahan bakar yang mereka butuhkan.

Hal ini membawa kita kembali ke masalah negara-negara ini setuju untuk menggunakan wilayah udara mereka untuk menyediakan payung di udara bagi pesawat-pesawat Israel, dan hal ini akan membebani Israel dengan upaya udara yang sangat besar dalam mengarahkan serangan ini.

 

Keenam, menghancurkan target ekonomi yang terkait dengan fasilitas minyak dapat menyebabkan kenaikan harga yang signifikan di pasar global, yang akan mempengaruhi pemilihan umum Amerika Serikat, dan opsi ini dapat mempengaruhi penggunaan fasilitas minyak di negara-negara tetangga dalam kaitannya dengan Iran

Ketujuh, mungkin ada penutupan Selat Hormuz atau kegagalan kapal untuk melewatinya, yang akan menciptakan tantangan baru dengan memperluas cakupan perang ini ke jendela eskalasi baru untuk memasukkan negara-negara di wilayah tersebut dengan satu atau lain cara.

Kedelapan, ada beberapa fasilitas yang dapat ditargetkan oleh Israel jika ingin melakukan proses konfrontasi, dan inilah yang mungkin terjadi dalam serangan Israel ke Iran.

Ada sejumlah pangkalan dan target militer Iran yang dapat menjadi pilihan ideal bagi Israel dalam proses penargetan, karena Israel tidak dapat memberikan pukulan telak pada program nuklir Iran sementara program tersebut tersebar di wilayah geografis yang luas.

Kesembilan, Israel tidak memiliki kemampuan dan kapasitas udara yang memadai untuk melakukan serangan dengan target militer, yang berarti bahwa jika Amerika Serikat tidak berpartisipasi dalam mengarahkan serangan ini, Israel tidak akan dapat menghancurkan file nuklir Iran.

Kesepuluh, Pemilu Amerika Serikat akan segera berlangsung, dan eskalasi Israel di wilayah tersebut akan sangat mempengaruhi pemilu ini.

Pakar militer menyarankan bahwa Israel mungkin akan menggunakan serangan terhadap target-target militer, seperti halnya Iran yang telah menargetkan wilayah dalam negeri Israel dengan menyerang beberapa pangkalan militer.

Al-Falahi menyimpulkan analisisnya untuk Al Jazeera Net bahwa tantangan yang dihadapi Israel sangat besar, termasuk jarak geografis dan distribusi program nuklir Iran, dan kepadatan udara yang dibutuhkan untuk melakukan serangan ini, terutama karena pesawat yang dapat membawa bom-bom ini tidak cukup banyak di Israel, dan oleh karena itu ia menyarankan bahwa Israel tidak akan pergi untuk menghancurkan program nuklir Iran tanpa partisipasi Amerika Serikat.

Sumber: Aljazeera

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler