Panglima TNI Rotasi Sejumlah Perwira Tinggi Termasuk Danpaspampres, Ini Nama-Namanya

Ada sejumlah perwira tinggi TNI yang mendapatkan promosi jabatan.

Republika/Prayogi
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.
Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memberikan promosi, merotasi dan memutasi beberapa perwira tingginya termasuk untuk mereka yang saat ini bertugas di lingkungan kepresidenan termasuk Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Dalam Surat Keputusan (SKEP) Panglima TNI Nomor Kep/1264/X/2024 yang diteken oleh Panglima TNI pada Jumat (18/10/2024) dan yang dikonfirmasi di Jakarta, Ahad (20/10/2024), Panglima TNI memberikan promosi jabatan kepada Mayjen TNI Achiruddin yang sebelumnya menjabat Danpaspampres saat ini menjadi Pangdam VI/Mulawarman.

Baca Juga


Walaupun demikian, Panglima belum menunjuk pengganti Achiruddin yang bakal menjadi pimpinan “Perisai Hidup” Presiden Ke-8 RI Prabowo Subianto, Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka, beserta keluarga masing-masing. Kemudian, Panglima TNI juga memberikan promosi kepada Kolonel Inf. Wimoko, yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Grup A Paspampres saat ini menjadi Komandan Resor Militer (Danrem) 102/Panju Pajung di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Grup A Paspampres merupakan satuan di bawah Paspampres yang khusus mengawal Presiden RI beserta keluarga intinya. Dalam SKEP yang sama, Panglima juga mengganti Wakil Komandan Paspampres, yang sebelumnya diisi oleh Marsekal Pertama TNI Solihin, saat ini dijabat oleh Brigjen TNI (Mar) Samson Sitohang.

Brigjen Samson sebelumnya menjabat sebagai Komandan Komando Pendidikan Marinir Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Laut. Sementara itu, Marsma Solihin saat ini ditugaskan sebagai Wakil Komandan Komando Operasi Khusus TNI.

Untuk jabatan di lingkungan kepresidenan lainnya, Panglima TNI juga merotasi Brigjen TNI Heri Purwanto yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Personel TNI dan Polri Sekretariat Militer Presiden saat ini dia bertugas sebagai Danrem 042/Garuda Putih di Jambi.

Dalam SKEP yang sama, Panglima TNI juga mengganti jabatan beberapa perwira tingginya, antara lain Letjen TNI I Nyoman Cantiasa yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN) saat ini menjadi Staf Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Panglima, jika dilihat dari SKEP itu, belum menunjuk pengganti Cantiasa.

Kemudian, Letjen TNI Djaka Budhi Utama yang sebelumnya menjabat Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertahanan saat ini menjabat Sekretaris Utama (Sestama) BIN.

Super Hercules Terbang di Langit Gaza - (Republika.co.id)

 

Panglima TNI juga memberikan promosi kepada Mayjen TNI Rui F. G. P. Duarte, yang sebelumnya berdinas di lingkungan Universitas Pertahanan, saat ini menjabat Irjen Kemenhan. Sementara itu, Mayjen TNI Nugroho Sulistyo Budi, yang sebelumnya berdinas sebagai staf ahli menteri pertahanan, saat ini menjabat sebagai Inspektur Utama BIN, dan Mayjen TNI Tri Budi Utomo yang sebelumnya menjabat Pangdam VI/Mulawarman, saat ini menjabat Sekretaris Jenderal Kemenhan.

Kemudian, Letjen TNI Teguh Pujo Rumekso yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Menteri Koordinator (Sesmenko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, saat ini menjadi staf khusus KSAD. Jabatan Sesmenko itu pun diisi oleh Mayjen TNI Mochammad Hasan, yang sebelumnya menjabat Pangdam I/Bukit Barisan.

Kemudian di lingkungan TNI Angkatan Udara, Panglima TNI juga merotasi Marsekal Pertama TNI Indan Gilang Buldansyah yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Silas Papare Jayapura, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Operasi Udara (Kas Koopsud) II.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler