Bea Cukai Kunjungi dan Fasilitasi UMKM dengan Buyer Asal Amerika

Hal ini penting karena sebelumnya Kopi Luwak Malino telah mengekspor produknya.

Bea Cukai
Wujudkan produk lokal tembus pasar internasional, Bea Cukai tunjukkan dukungannya dengan hadir langsung ke UMKM di Makassar dan Malang.
Red: Ahmad Fikri Noor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wujudkan produk lokal tembus pasar internasional, Bea Cukai tunjukkan dukungannya dengan hadir langsung ke UMKM di Makassar dan Malang. Di Makassar Bea Cukai mengunjungi UMKM sukses ekspor, Kopi Luwak Malino, sedangkan di Malang Bea Cukai fasilitasi pertemuan UMKM body mobil, PT MBA Workshop Indonesia dengan buyer dari Amerika.

Baca Juga


Di Makassar, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) gelar kunjungan kerja ke pelaku UMKM go international, Kopi Luwak Malino (11/09). Kunjungan kerja dilakukan untuk memberikan dukungan dan pembinaan sebagai upaya menjaga kontinuitas ekspor UMKM. Hal ini penting karena sebelumnya Kopi Luwak Malino telah mengekspor produknya ke beberapa negara, seperti Singapura, Taiwan, dan Tiongkok.

Pemilik Kopi Luwak Malino, Musdalifa pun mengapresiasi pelayanan yang telah diberikan Bea Cukai. “Kami sangat terbantu dengan pelayanan yang diberikan oleh Bea Cukai, sehingga dapat terus mengembangkan usaha sampai bisa melakukan ekspor,” ungkapnya.

Kemudian di Malang, Bea Cukai fasilitasi pertemuan UMKM body mobil, PT MBA Workshop Indonesia dengan buyer dari Amerika (11/10). PT MBA Workshop Indonesia merupakan UMKM yang memiliki spesialisasi membuat replika body mobil berbahan fiberglass. Sedangkan buyer Amerika adalah Michael Passage pemilik Passage Automotive yang berbasis di Los Angeles, California. Dalam pertemuan keduanya, Mahandika pun berkesempatan untuk memaparkan company profile secara singkat kepada Michael.

“Tak sia-sia, saat mengunjungi salah satu workshop milik Mahandika yang berlokasi di Jalan Pattimura, Kota Batu, Michael cukup tertarik dengan beberapa prototipe yang sedang dalam pengerjaan, sehingga meyakinkannya untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut,” ungkap Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Budi Prasetiyo.

“Kami berkomitmen untuk selalu mendukung dan mendampingi UMKM yang berorientasi ekspor. Melalui Klinik Ekspor, Bea Cukai tak hanya sekadar mengantar hingga ekspor, tetapi juga mendukung untuk ekspor berkelanjutan,” tutupnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler