Jumat 29 May 2020 00:40 WIB

Ini Sebab Bau Mulut Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Napas bau saat bangun setelah tidur panjang disebut dengan halitosis.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Napas bau saat bangun setelah tidur panjang disebut dengan halitosis (Foto: ilustrasi tidur)
Foto: www.freepik.com
Napas bau saat bangun setelah tidur panjang disebut dengan halitosis (Foto: ilustrasi tidur)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah tertidur semalaman lalu terbangun, suasana hati kita menjadi baik lantaran mendapatkan istirahat yang cukup. Namun, tak lama kita terbangun, biasanya kita menyadari nafas kita sangat bau setelah tertidur semalaman, yang tak jarang membuat suasana hati kita malah kembali tak menyenangkan.

Napas bau saat bangun tidur setelah tidur panjang disebut dengan halitosis atau bau mulut. Hal itu sebenarnya merupakan kejadian umum. Namun, pernahkah terpikir apa yang menyebabkan bau mulut sehabis bangun tidur?

Baca Juga

Dilansir di laman Mental Floss, Jumat (29/5), menurut seorang periodontis wilayah Washington DC, Sally J Cram, napas bau di pagi hari disebabkan oleh mulut kita mengering saat kita tidur. Tak adanya uap air dalam mulut, maka bakteri penyebab bau bisa bertambah banyak.

Bahkan, mendengkur atau bernapas melalui mulut bisa memperburuk masalah ini. Selain itu, obat-obatan yang menyebabkan kekeringan mulut dapat membuat situasinya semakin tidak menyenangkan, terutama jika diminum tepat sebelum tidur.