Senin 26 Oct 2020 20:39 WIB

Mau Belajar Coding, Mulai dari Mana Ya?

Coding adalah memberi instruksi kepada komputer untuk berbuat sesuatu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Kemampuan membuat coding
Foto: Littlestepasia
Kemampuan membuat coding

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belajar coding kini makin di kenal luas oleh masyarakat. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim, hingga pendiri Apple Steve Jobs pernah menyebut coding sebagai hal yang penting.

Nadiem Makarim mengungkapkan, 5 hingga 10 tahun ke depan kita wajib menguasai dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan bahasa coding. Senada, Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan, pramuka harus dididik tidak hanya bahasa morse, tetapi juga bahasa dan pengetahuan digital, misalnya coding, artificial intelligence, advanced robotic, dan internet of things (IoT).

Baca Juga

Steve Jobs juga mengungkapkan, semua orang sebaiknya belajar coding karena coding mengajarkan cara berpikir. Namun, sebenarnya apa itu coding?

Co-founder dan CEO Markoding Amanda Simandjuntak mengatakan, coding adalah memberi instruksi kepada komputer untuk berbuat sesuatu. Perintah dilakukan dengan menggunakan bahasa yang dimengerti komputer. Misalnya, seseorang memberikan instruksi supaya komputer yang digunakan bisa memesan makanan. Jika bisa, berarti kodenya berhasil.