Rabu 04 Nov 2020 17:22 WIB

Jenis Makanan Ini Terbukti Mampu Kurangi Kecemasan

Hubungan antara vitamin D dan suasana hati sangat menakjubkan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Cokelat hitam
Foto: pixabay
Cokelat hitam

REPUBLIKA.CO.ID, BOSTON -- Kecemasan yang meningkat karena stres berkepanjangan banyak terjadi. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Jika mengalami hal ini, Anda sebaiknya segera menghubungi psikiater atau profesional medis untuk mendapatkan bantuan. Namun demikian, beberapa perubahan gaya hidup seperti berolahraga secara teratur dan mengubah pola makan dapat mendukung kesehatan fisik dan mental.

Langkah pertama untuk melakukan itu adalah dengan mengubah pola makan dengan mengonsumsi banyak makanan penghilang stres. Dilansir di laman The Beet, Rabu (4/11), psikiater nutrisi Harvard, dr Uma Naidoo MD, mengetahui satu atau dua hal tentang makanan sebagai obat.

Dia mengatakan berbagai macam makanan nabati, terutama yang kaya magnesium, vitamin C, D, B1, dan B6 dapat membantu meredakan kecemasan. "Menambahkan ini ke dalam makanan utuh, pola makan vegan dapat membantu menurunkan stres dan kecemasan, jadi mengapa tidak mencobanya?," ujar Naidoo yang juga merupakan penulis buku This is Your Brain on Food: An Indispensable Guide to the Surprising Foods that Fight Depression, Anxiety, PTSD, OCD, ADHD, itu.