Selasa 02 Feb 2021 13:36 WIB

Arkeolog Temukan Mumi dengan Lidah Emas di Mesir

Peneliti tidak mengetahui alasan mumi memiliki lidah emas.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Mumi dengan lidah emas.
Foto:

Lebih Banyak Mumi

Tim arkeolog juga menemukan 15 makam lainnya juga berusia sekitar 2.000 tahun dan berisi harta karun yang luar biasa.  Salah satunya, seorang mumi perempuan mengenakan topeng kematian yang menutupi sebagian besar tubuhnya dan menggambarkannya dengan hiasan kepala sambil tersenyum.

Lalu, dua mumi ditemukan dengan sisa-sisa gulungan yang saat ini sedang dianalisis dan diuraikan oleh para ilmuwan.  

"Lapisan yang diplester atau karton yang membungkus salah satu mumi ini memiliki dekorasi emas Osiris," kata pernyataan itu.

Para peneliti juga menemukan beberapa patung yang menggambarkan orang-orang yang dimakamkan di situs tersebut seperti patung-patung itu terawat dengan sangat baik.

"Anda masih bisa melihat gaya rambut dan hiasan kepala individu. Patung-patung itu memberi orang tampilan formal tanpa senyum di wajah mereka," kata pernyataan tersebut.

Meskipun para arkeolog tidak yakin secara pasti kapan individu-individu tersebut meninggal, mereka memperkirakan bahwa mereka hidup pada masa ketika Mesir dikuasai oleh Ptolemeus (304 SM hingga 30 SM), yang merupakan keturunan salah satu jenderal Alexander Agung atau oleh Kekaisaran Romawi, yang mengambil alih negara itu setelah kematian Cleopatra VII pada 30 SM.

Sebuah tim yang terdiri dari para arkeolog dari Mesir dan Universitas Santo Domingo di Republik Dominika sedang melakukan penggalian di situs Taposiris Magna ini.

Penggalian situs dan analisus dipimpin oleh Kathleen Martinez, seorang arkeolog dari Republik Dominika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement