REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekilas brand ROUNN terlihat seperti dari produk luar negeri, padahal ROUNN merupakan karya anak bangsa yang yang diluncurkan sejak tahun 2014. Sebagai brand lokal, ROUNN memiliki visi untuk menjadi brand lokal yang bisa memasuki pasar Internasional.
Ivan Tiono dan Jessica Ariella adalah dua nama dibalik lahirnya ROUNN Bag di Surabaya. Ivan dengan latar belakangnya sebagai Arsitek, kini mengambil peran untuk branding dan marketing ROUNN. ROUNN juga menggandeng selebriti dan para influencer fashion seperti Caren Delano, Olivia Lazuardy, Sandra Dewi, Richard Kyle, Malvava, Karla Jasmina, Michele Quann dan yang merupakan salah satu pencapaian teranyar adalah kolaborasi bersama Nagita Slavina.
“Perjalanan ROUNN dimulai enam tahun lalu saat munculnya kebutuhan memiliki tas custom yang tidak sama dengan orang lain. ROUNN menyediakan layanan custom seperti pemilihan warna dan inisial nama pada produk pesanan pelanggan, yang akhirnya menjadi personal signature dari ROUNN hingga kini, yang tentunya memiliki design dengan nafas klasik dan unik,” Ujar Jessica yang kini mengambil peran sebagai Creative Director ROUNN.
Strategi tersebut ternyata mampu menjaring banyak pelanggan baik dari dalam negeri sampai membuka pintu ROUNN masuk ke ranah internasional seperti Singapore, Malaysia, Thailand, Taiwan, Australia, Uni Emirat Arab, Libanon, Italia, Inggris dan Amerika. “Kami bersyukur ROUNN mampu membawa produk lokal berkualitas masuk ke dalam pasar Internasional tanpa dipandang sebelah mata, dengan demikian ternyata bisa mendongkrak penjualan di dalam negeri juga, apalagi saat semangat local proud merebak belakangan ini,” Ujar Ivan.
Tak bisa dipungkiri pandemi membawa imbas terhadap industri fashion dan retail secara global termasuk ROUNN. Namun ROUNN berupaya melakukan inovasi untuk menyelamatkan eksistensi, berpegang pada misi untuk memberikan kualitas yang setara dengan produk internasional.
Ivan dan Jessica menerapkan berbagai inovasi tidak hanya pada pengembangan produk, juga pada strategi pemasaran, mulai dari pengembangan sarana penjualan digital hingga strategi berkomunikasi dengan para pelanggan sehingga kepuasan pelanggan bisa terus dijaga, yang membuahkan hasil manis, para pelanggan menjadi pelanggan setia dan fanatik, yang selalu menanti produk terbaru ROUNN , termasuk inovasi pengembangan produk sepatu baik untuk perempuan dan laki-laki.
"Tim desain dan produksi kami bekerja dengan memperhatikan trend fashion global yang selalu berubah. Proses produksi pun juga sangat kami perhatikan agar hasilnya bisa memuaskan konsumen" tambah Ivan.
Selain memproduksi tas, ROUNN juga menyediakan berbagai aksesoris penunjang penampilan wanita lainnya seperti dompet, keychain, lanyard. Ada pula koleksi sepatu baik untuk pria dan wanita.
“Dalam perjalanan kami selama 7 tahun, ternyata perbedaan skill dan karakter kami berdua menjadi kekuatan bagi ROUNN, kami saling melengkapi, saling belajar dan saling menutup kelemahan masing-masing, di tengah masa yang tak mudah, ROUNN tetap kuat berdiri, di bulan April ini kami melansir produk kolaborasi kami ROUNN x Nagita Slavina GIGI TOTE BAG bertajuk Aurora. Setiap kepercayaan dan dukungan untuk ROUNN membuat kami tak berhenti bersyukur,” ujar Ivan.
Koleksi ROUNN bisa didapatkan dengan mengaksesnya lewat situs resmi ROUNN.com, instagram : ROUNNoffical dan juga platform e-commerce seperti Shopee dan Zalora.