Rabu 19 May 2021 10:47 WIB

Batuan Tertua di Bumi Ungkap Usia Lempeng Tektonik

Lempeng tektonik diperkirakan mulai bergerak sekitar 3,6 miliar tahun yang lalu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Peta lempeng tektonik dunia
Foto: NASA
Peta lempeng tektonik dunia

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Lempeng tektonik Bumi yang terus bergerak telah menciptakan planet unik yang dapat dihuni yang kita kenal sekarang. Sebuah studi baru meramalkan bahwa lempeng tektonik planet kita (lempengan besar kerak Bumi yang terletak di atas mantel cair) mulai bergerak sekitar 3,6 miliar tahun yang lalu. Saat itu, Bumi baru saja di bawah satu miliar tahun.

Untuk melihat masa lalu planet Bumi bukanlah hal yang mudah. Untuk ini, para ilmuwan mengamati zirkon-mineral tertua dan salah satu mineral terkuat di Bumi. Studi ini dipimpin oleh ahli geologi Michael Ackerson dari Museum Nasional Sejarah Alam Smithsonian di Washington.

Baca Juga

Kapsul waktu kristal kecil ini sebenarnya tidak bisa dihancurkan dan bisa berusia lebih dari empat miliar tahun. Benda itu adalah satu-satunya jendela kita menuju tahap primitif pembentukan planet kita.

“Kami merekonstruksi bagaimana Bumi berubah dari bola cair batuan dan logam menjadi seperti yang kita miliki saat ini,” kata Ackerson dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Space, Selasa (18/5).