Jumat 09 Jul 2021 18:15 WIB

Sehari Menjelajahi Semesta Anpanman di Jepang

Museum Anpanman merupakan salah satu objek wisata wajib bagi balita Negeri Sakura.

Red: Gita Amanda
Pengunjung mengantre masuk Museum Anpanman di Yokohama, Jepang.
Foto:

Anpanman lahir dari keprihatinan

Namun dari segala keasyikan yang dirasakan para balita itu, sebetulnya, Anpanman lahir dari kondisi hidup yang bermasalah. Ia tercipta dari sebuah keprihatinan dan cita mulia penciptanya yang hidup susah selama masa perang. Ya, ilustrator pencipta karakter dan semesta Anpanman adalah Takashi Yanase (1919-2013).

Idenya menciptakan tokoh Anpanman berasal dari pengalamannya selama Perang Dunia II. Kala itu, dia hidup dalam kemalangan dan kelaparan. Pada momen itu, yang terbayang olehnya adalah anpan atau roti isi selai kacang merah yang manis dan lezat. Dari pengalaman itu, ia menciptakan tokoh pahlawan berkepala anpan yang kemudian dinamainya Anpanman.

Boleh dibilang, pahlawan yang satu ini sungguh jauh dari karakter pahlawan super semacam tokoh Marvel atau DC yang memiliki kekuatan mahadahsyat. Malah Anpanman, bisa dikatakan sebagai karakter yang lemah dan rapuh.

photo
Roti berbentuk karakter Anpanman yang disugugkan di Museum Anpanman. - (Dok Pribadi)

 

Kemampuannya hanya sebatas bisa terbang serta memiliki gocohan dan tendangan yang kuat. Selebihnya, dia mudah kalah, terutama saat kepalanya terkena air, kotoran, atau serangan dari lawannya, Baikinman Si Kuman. Kalau kedua matanya sudah berbentuk huruf X, itu pertanda kepalanya mesti diganti.

Adalah Paman Jam dan Bi Batako yang kemudian mengolah adonan dan membuat roti berwujud kepala Anpanman untuk mengembalikan kekuatannya. Jika sudah berganti kepala, kekuatan Anpanman kembali pulih dan bisa langsung mengalahkan lawan.

Namun di tengah keterbatasan kemampuannya itu, Anpanman digambarkan memiliki karakter mulia. Dia selalu membantu orang yang kelaparan dengan cara membagikan potongan roti yang merupakan bagian dari kepalanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement