Rabu 30 Jan 2019 12:23 WIB

Panduan Lengkap Nikmati Sakura Mekar di Jepang

Jepang memiliki 1.000 lokasi menikmati sakura mekar.

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah
Turis menikmati cantiknya bunga sakura yang mekar di sekitar Tokyo, Jepang.
Foto: EPA
Turis menikmati cantiknya bunga sakura yang mekar di sekitar Tokyo, Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Setiap musim dingin, Japan Meteorological Corporation (JMC) merilis hasil prediksi yang memperkirakan kapan bunga sakura di Jepang mulai mekar dan mencapai puncak mekarnya. Perkiraan ini mencakup sekitar 1.000 lokasi di seluruh negeri dan diperbarui pada beberapa kesempatan saat musim semi mendekat.

Dilansir di The Independent, tahun ini JMC memberitakan Sakura akan mekar lebih awal. "Kochi di Shikoku (pulau terkecil dari empat pulau utama Jepang) akan menjadi tempat pertama yang berbunga pada 18 Maret 2019 dan Kyushu diharapkan menjadi pulau berikutnya," kata Isao Kanda dari Earth Science Center Japan Meteorological Corporation's Earth Science Center di Osaka.

Dia juga mengatakan di Tokyo, bunga mulai bermekaran pada 22 Maret, empat hari lebih awal dari tahun-tahun normal. Bunga mekar penuh diperkirakan sekitar 29 Maret.

Hiroshima akan mulai berbunga dari 23 Maret dan mekar penuh pada 1 April, sedangkan Kyoto pada 25 Maret dan 2 April, dan Osaka pada 27 Maret dan 3 April. Sapporo, bagian utara Hokkaido akan lebih lama berbunga daripada daerah lain di Jepang, yaitu pada 4 Mei.