Sabtu 05 Feb 2022 10:09 WIB

Omicron Lebih Mudah Menular, Cegah dengan Ikuti 7 Tip dari Prof Iris Rengganis

Varian omicron dikenal lebih mudah menular dibandingkan varian delta.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19 varian omicron. Kendati sebagian besar kasus omicron ringan, infeksinya akan berbahaya bila mengenai populasi tertentu yang rentan.
Foto:

Dua di antara tips tersebut adalah mengonsumsi makanan yang bergizi dan berolahraga secara teratur. Tips ketiga adalah beristirahat dengan cukup. Menurut Prof Iris, durasi tidur malam yang paling ideal adalah delapan jam. Namun bila hanya bisa enam hingga tujuh jam, pastikan kualitas tidur malam harus baik.

Tips keempat adalah mengelola stres. Seperti diketahui, setiap orang mungkin merasakan stres di masa pandemi ini. Stres ini perlu dikelola agar tidak mempengaruhi dan menurunkan sistem imun.

photo
Infografis Gejala Omicron Muncul Setelah 48 Jam - (republika.co.id)

Tips kelima dan yang tak kalah penting adalah menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran. Protokol kesehatan ini meliputi penggunaan masker, menghindari kerumunan, hingga menjaga jarak fisik.

Tips keenam yang dianjurkan Prof Iris adalah vaksinasi, termasuk vaksinasi booster. Dalam menghadapi varian omicron, Prof Iris mengatakan dua kali vaksinasi saja tidak cukup. Dosis booster atau dosis penguat perlu diberikan untuk mengoptimalkan antibodi dan daya tahan tubuh.

Tips yang ketujuh adalah mengonsumsi vitamin dan suplemen imunomodlator yang memiliki efek sebagai imunonutrisi. Hal ini dapat membantu untuk semakin memperkuat daya tahan tubuh di masa pandemi.

"Selain sudah divaksinasi dan jaga prokes, tidak ada salahnya juga kita menguatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi imunomodulator," kata Prof Iris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement