Rabu 02 Mar 2022 13:36 WIB

Vitamin D Ada Gunanya untuk Pasien Covid-19, Tapi ...

Alih-alih fokus pada asupan vitamin, peneliti sarankan hal lain untuk cegah Covid-19.

Red: Reiny Dwinanda
Suplemen vitamin D (ilustrasi). Suplementasi vitamin D dikaitkan dengan tingkat intubasi yang lebih rendah dan masa rawat inap yang lebih singkat di antara pasien Covid-19.
Foto:

Satu studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE menemukan, orang dengan kekurangan vitamin D lebih mungkin mengalami penyakit parah atau kematian akibat Covid-19. Tetapi, para peneliti menyimpulkan studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah dan kapan suplementasi vitamin D pada mereka yang kekurangan dapat berdampak pada hasil klinis.

"Kami tahu orang-orang dengan kadar vitamin D yang rendah mengalami kondisi yang lebih buruk dengan Covid-19, tetapi kita tidak tahu apakah mengonsumsi D pada saat Anda terpapar akan membuat perbedaan atau tidak," ujar ahli gastroenterologi di Johns Hopkins Medicine dan profesor kedokteran di Johns Hopkins School of Medicine, Gerard Mullin MD.

Jadi, mengonsumsi vitamin atau suplemen bukanlah cara yang dapat diandalkan untuk melindungi diri Anda dari Covid-19 atau menekan risiko meninggal karenanya. Jika akhirnya mengonsumsi suplemen yang tidak diperlukan atau tidak direkomendasikan oleh dokter, Anda malah akan meningkatkan risiko efek samping atau bahkan keracunan vitamin, menurut dr Willett.

Tetapi, jika Anda kekurangan vitamin apa pun berdasarkan diagnosis dokter dari tes darah sederhana, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin merekomendasikan suplementasi. Melengkapi vitamin D secara khusus, jika Anda kekurangan, dapat membantu kesehatan tulang, otot, jantung, dan kekebalan Anda.

Sebaliknya, jika Anda tidak memiliki indikasi medis untuk vitamin, maka vitamin tersebut tidak akan memengaruhi hasil klinis Anda jika Anda terkena Covid-19, menurut dr Beran. Jika curiga Anda kekurangan vitamin apa pun, sembari menunggu diagnosis dokter, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambah asupan buah, sayuran, dan makanan sehat lainnya, karena suplemen tidak bisa menggantikan diet sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement