Jumat 25 Mar 2022 05:53 WIB

Waspadai Gejala 'Son of Omicron', Varian Baru yang Daya Tularnya Mirip Campak

Son of omicron adalah julukan untuk varian omicron BA.2.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Peningkatan kasus di beberapa negara terjadi akibat penyebaran son of omicron. Kenali gejala infeksinya.
Foto:

Untuk memastikan tanda-tanda peringatan yang paling umum, Prof Spector mengolah data terbaru yang dipublikasikan ke ZOE Covid Study. Aplikasi ZOE Symptom Tracker ini mengumpulkan informasi yang dicatat oleh pengguna dan hasil dari program tes swab.

Gejala paling umum yang dilaporkan saat ini adalah pilek. Hal itu dialami 80 persen dari semua kasus yang bergejala, menurut Prof Spector dalam video Youtube terbarunya.

photo
Son of Omicron atau BA.2. - (Republika)

Prof Spector mengatakan, gejala "langka" seperti telinga berdenging dan merasakan nyeri otot yang tidak biasa juga dilaporkan. Ada satu dari lima kasus bergejala yang mengalaminya.

Gejala Covid-19 lainnya termasuk bersin, batuk terus menerus, suara serak, menggigil, dan nyeri sendi yang tidak biasa. Penderita Covid-19 juga melaporkan mereka mengalami demam, pusing, kabut otak, dan sakit mata.

Gejala lainnya antara lain penciuman yang berubah, nyeri otot yang tidak biasa, dan sakit punggung bawah. Kelenjar bengkak, tak nafsu makan, dan sakit dada juga berada dalam daftar gejala.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement