Sabtu 16 Apr 2022 06:30 WIB

9 Gejala Omicron Tersering pada Orang yang Sudah Divaksinasi

Orang yang sudah divaksinasi Covid-19 cenderung mengalami gejala mirip pilek.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit kepala (ilustrasi). Gejala omicron dan selesma cukup mirip. Namun, jika keluhan itu didahului oleh rasa lelah dan pening atau seperti akan pingsan, penderita kemungkinan terkena Covid-19 akibat infeksi SARS-CoV-2 varian omicron.
Foto:

Gejala lelah ini bisa muncul sebagai rasa sakit yang dapat memicu terjadinya lemah atau nyeri otot. Tak jarang, gejala lelah ini muncul dalam bentuk penglihatan kabur, kehilangan nafsu makan, atau sakit kepala.

Di sisi lain, ini juga bukan kali pertama keluhan pening atau rasa seperti akan pingsan dikaitkan dengan varian omicron. Sebuah studi di Jerman juga mengindikasikan adanya hubungan di antara gejala tersebut dengan varian omicron.

photo
Infografis rekombinan omicron. - (Republika)

Saat ini, omicron telah menjadi varian yang dominan di banyak negara. Salah satu alasannya adalah karena omicron memiliki tingkat transmisi yang lebih tinggi.

Selain itu, varian omicron juga tampak memiliki kemampuan untuk menghindari perlindungan yang dibentuk oleh dua dosis vaksin Covid-19. Hal ini membuat pemberian booster atau dosis ketiga vaksin Covid-19 menjadi sesuatu yang sangat dianjurkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement