Selasa 24 May 2022 19:13 WIB

Cacar Monyet Kemungkinan Menyebar Lewat Hubungan Seksual di Dua Pesta Gay Eropa

Dua pesta gay disinyalir menjadi titik awal penyebaran cacar monyet di Eropa.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
 Foto dari mikroskop elektron yang dipasok Pengendalian dan Pencegahan Penyakit pada 2003 memperlihatkan virus monkeypox penyebab cacar monyet. Dua pesta besar disinyalir menjadi lokasi awal penyebaran cacar monyet di Eropa.
Foto:

Vaksin cacar (smallpox) diketahui efektif dalam mencegah terjadinya cacar monyet. Saat ini, beberapa obat antivirus untuk cacar monyet juga sedang dikembangkan.

Heymann menjelaskan, tak ada bukti bahwa virus monkeypox telah bermutasi dan menjadi lebih menular. Heymann yang juga merupakan profesor di bidang penyakit menular menilai, wabah cacar monyet yang terjadi saat ini kemungkinan hanya kejadian acak yang bermula dari satu kasus infeksi.

Infeksi ini mungkin saja dialami oleh seseorang dan orang tersebut memiliki lesi di area genital, tangan, atau area tubuh lain. Setelah itu, orang tersebut mungkin menyebarkan cacar monyet lewat hubungan seksual atau kontak fisik yang erat.

Penyebaran lalu menjadi semakin luas. Adanya beberapa pesta internasional membuat penularan cacar monyet bisa mengenai orang-orang dari berbagai negara di acara tersebut.

"Ini bukan Covid-19. Kita perlu menekannya, tapi penyakit ini tidak menyebar lewat udara dan kita memiliki vaksin untuk melindungi diri dari penyakit ini," jelas Heymann.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement