Jumat 08 Jul 2022 00:40 WIB

Ahli Ungkap Cara Efektif untuk Terhindar dari Penularan Subvarian BA.4 dan BA.5

Subvarian BA.4 dan BA.5 sedang mendominasi di banyak negara.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Penyebaran omicron BA.4 dan BA.5. Penularan Covid-19 masih bisa dicegah di tengah penyebaran omicron subvarian BA.4 dan BA.5.
Foto:

Para ahli merekomendasikan masker bersertifikat, seperti masker FFP2 atau N95, karena mampu menyaring antara 94 hingga 98 persen aerosol, termasuk virus di udara seperti virus corona. N95 merupakan masker khusus yang dikenal sebagai respirator.

photo
Masker N95 bisa dipakai ulang dengan sejumlah syarat - (Republika)

Kennedy juga menjelaskan bahwa bukan hanya efektivitas masker yang sangat penting. Cara memakainya juga tak kalah penting.

"Setiap kali saya memakainya, saya menyisihkan waktu satu menit untuk memastikan posisi masker sudah pas dan menutup semua celah," jelas Kennedy yang bercukur setiap hari agar maskernya dapat melindunginya dengan lebih baik.

Mengingat masker tidak lagi diwajibkan oleh hukum di Inggris, Kennedy harus memutuskan sendiri kapan membutuhkannya. Dia bersikap hati-hati soal itu.

"Cara termudahnya dengan mengibaratkan Covid-19 seperti asap rokok. Di tempat ramai pasti akan ada orang yang merokok dan untuk menghindari mencium asap rokok, Anda bisa pakai masker," jelas Kennedy.

Kennedy menjelaskan bahwa aturan kedua soal kapan amannya untuk melepas masker lebih menggoda untuk dilanggar. Namun, jika Anda melanggarnya, virus bisa dengan mudah menyerang.

Menurut Kennedy, melepas masker di ruang terbuka yang tidak banyak orang cenderung aman. Demikian juga di ruang dengan ventilasi yang bagus.

Sementara itu, tidur di hotel, misalnya, Kennedy merasa tak nyaman memakai masker. Sebagai gantinya, ia membawa air purifier portable untuk diletakkan di sisi tempat tidurnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement